Sebanyak 486 item atau buku ditemukan

MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MAJEMUK

Peran tokoh agama sangat penting dalam pembinaan moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat. Hal ini disebabkan karena tokoh agama memiliki pengaruh yang besar terhadap umat. Sebagai pemimpin spiritual, mereka memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan nilainilai agama yang moderat dan toleran. Di samping itu, tokoh agama juga diyakini memiliki kekayaan khazanah ilmu pengetahuan yang mendalam tentang ajaran agama dan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip toleransi, kerukunan, dan perdamaian antar umat beragama. Dengan demikian, tokoh agama dapat membantu mengatasi konflik antar umat beragama dan mendorong terciptanya masyarakat yang religius dan harmonis.

Peran tokoh agama sangat penting dalam pembinaan moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat.

Dasar Manajemen Bisnis

Tidaklah dimungkiri, ilmu manajemen diperlukan oleh hampir semua jenis profesi, baik yang bekerja di pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Dalam keperluan inilah, buku Dasar Manajemen Bisnis ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Dasar Manajemen Bisnis ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang Dasar Manajemen Bisnis.

Dalam keperluan inilah, buku Dasar Manajemen Bisnis ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Dasar Manajemen Bisnis ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang ...

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama

Allah Swt menciptakan mahlukNya selalu berbeda dalam segala hal, warna kulit, suku, kebangsaan, agama dan karakter psikologinya. Manusia sebagai salah satu mahluk Allah Swt diperintahkan agar mau dan mampu mengenal satu dengan lainnya agar mengetahui dan menemukan kemanfaatan di balik perbedaan yang ada. Di era distrupsi atau era digital yang ditandai dengan teknologi informasi, pendidikan dihadapkan dengan banyak problematika yang harus dijawab dengan cara yang rasional, objektif dan sistematis. Pendidikan dihadapkan dengan moralitas lulusan yang relatif rendah karena masih banyak terjadi tawuran antar pelajar, pelecehan seksual di lembaga pendidikan, perundungan guru, bullying siswa. Diluar pendidikan masih banyak terjadi kekerasan dengan membawa simbol simbol keagamaan, saling serang gara gara beda agama, suku, kelompok atau keyakinan. Bahkan sebagian kelompok masih ada yang memiliki keraguan terhadap Pancasila sebagai filosofi negara, sehingga ingin mengusung khilafah (pemberlakuan sistem negara Islam) yang diklaim sebagai perintah ajaran agama Islam. Fenomena tersebut secara pelan atau cepat pasti membahayakan kelangsungan negara dan bangsa Indonesia yang sudah terkenal sebagai bangsa yang cinta damai, rukun, gotong royong toleran dan demokratis. Upaya untuk mengatasi dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pendidikan dan pembelajaran.

Allah Swt menciptakan mahlukNya selalu berbeda dalam segala hal, warna kulit, suku, kebangsaan, agama dan karakter psikologinya.

EKSPLORASI DALAM PROFESI KEPENDIDIKAN

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang. Seiring dengan tuntutan akan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi, dinamika sosial, dan kebutuhan individual siswa, eksplorasi menjadi landasan penting dalam menjawab panggilan sebagai pendidik.

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang.

Sejarah Peradaban Islam

Buku ajar Sejarah Peradaban Islam yang disuguhkan kepada pembaca tidak hanya diperuntukan bagi Perguruan Tinggi yang menggambarkan bagaimana materi kuliah Sejarah Peradaban Islam dapat dipelajari dengan mudah dan dipahami secara komprehensif. Namun buku ajar ini layak menjadi konsumsi seluruh akademisi maupun masyarakat pada umumnya yang ingin memahami Islam secara historis. Buku ajar ini memuat ilustrasi ilustrasi yang membuat buku ini tidak monoton dipelajari karena menyuguhkan gambar-gambar yang memiliki konektivitas dengan kejadian-kejadian maupun peristiwa-peristiwa sejarah perdaban Islam masa lalu. Dengan buku ini pembaca kekinian akan dibawa ke masa lalu yang bisa memberikan motivasi mendalam, sehingga dapat meningkatkan sense belonging-nya pada kecintaan sejarah Islam. Belajar sejarah Islam akan mengkuatkan pembaca pada keilmuan terhadap kelahiran Islam dalam catatan-catatan sejarah yang dilampirkan dengan bukti-bukti autentik. Oleh karena itulah, buku ajar Sejarah Perdaban Islam hadir dan ditampilkan hari ini dengan sesederhana mungkin dari segi bahasa maupun alur cerita yang sistematis dan kronologis sehingga memberikan kemudahan bagi para pembaca yang ingin memahami dan mendalaminya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana

... Islamic Civilization”. The Dialogue. Depart- ment of International Relations, University of Peshawar, N.W.F.P. Pa ... History of Civilization Islam”. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislam- an. Vol. 5, No.1, Maret 2019 ...

Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya

Buku "Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya" membahas bagaimana pesan dakwah dapat disampaikan secara efektif di era digital yang terus berkembang. Buku ini mengulas peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital dalam menyebarkan nilai-nilai agama, serta tantangan yang dihadapi dalam menghadapi berbagai platform dan konten yang bersaing. Dengan memberikan solusi praktis dan strategis, pembaca diajak untuk memahami cara mengoptimalkan dakwah di dunia digital agar tetap relevan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Buku "Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya" membahas bagaimana pesan dakwah dapat disampaikan secara efektif di era digital yang terus berkembang.

PENGANTAR ILMU PERUNDANG-UNDANGAN

Buku Pengantar Ilmu Perundang-Undangan di hadapan pembaca adalah karya Mastorat, S.Ag. MH., Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, Nusa Tenggara Barat. Dalam ranah teori perundang-undangan ditemukan adanya kerangka hukum yang secara sadar politik dirumuskan dalam formulasi positivistik. Kerangka itu menyusun formulasi legal positivisme dalam rupa dogmatic dan non dogmatic. Pada satu sisi rupa dogmatic akan berhadapan secara frontal dengan natural law, dan berbanding searah dengan non dogmatic legal positivism pada sisi yang lain. Bagaimana construction of the legal positivism ketika perumusan materi muatan suatu instrumen hukum yang berasal dari segala sumber dari Pancasila harus diformulasikan padahal Pancasila adalah staats philosofisch norm yang menghendaki konten materi muatan instrumen hukum itu adalah juga implementasi konstitusional dari Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 (UUD NKRI 1945). Konten konstitusionalnya berupa ius constitutum yang antara lain menjadi konstruksi dasar pembentukan politik hukum yang menjadi materi muatan intrumen hukum undang-undang atau peraturan pemerintah pengganti undang-undang.

... Perundang-Undangan disebut science of legislation. Ilmu Perundang-undangan dapat dibagi 2, yaitu 1. Teori perundang-undangan: berorientasi pada usaha menjelaskan pemahaman (yang bersifat dasar) antara lain pemahaman tentang UU ...

MANAJEMEN OPERASI : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Buku "Manajemen Operasi: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah panduan yang komprehensif untuk memahami manajemen operasi dalam konteks ekonomi kreatif yang berkembang di Indonesia. Buku ini dimulai dengan menjelaskan konsep dasar manajemen operasional dan mengapa ini penting untuk kelancaran operasi perusahaan. Selanjutnya, buku membahas evolusi dan perkembangan manajemen operasi, memberikan wawasan tentang bagaimana praktik-praktik ini berkembang seiring waktu. Buku ini juga mengulas topik-topik seperti analisis SWOT, perencanaan kapasitas, manajemen rantai pasok, pengendalian kualitas, pengelolaan persediaan, pengukuran kinerja operasional, pemodelan proses, Lean Manufacturing, Six Sigma, inovasi, teknologi, dan manajemen operasional berkelanjutan. Melalui studi kasus dan praktek terbaik, pembaca mendapatkan wawasan praktis tentang penerapan konsep-konsep ini dalam ekonomi kreatif Indonesia. Buku ini sangat berguna bagi pemimpin bisnis, pengusaha, dan profesional yang ingin menghadapi tantangan dan peluang unik yang ada dalam ekonomi kreatif Indonesia.

Buku "Manajemen Operasi: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah panduan yang komprehensif untuk memahami manajemen operasi dalam konteks ekonomi kreatif yang berkembang di Indonesia.

Ayat-ayat Nida dalam Al-Qur’an

Dari sekian banyak ayat Al-Qur’an, terdapat ayat yang mengandung panggilan (nidā’), sekitar 527 buah. Ayat-ayat nidā’ mempunyai karakteristik dan nuansa tersendiri berbeda dengan ayat-ayat lain. Hal ini dikarenakan ayat-ayat kategori ini melibatkan setidaknya tiga komponen, dua di antaranya sebagai aktor (actant), yaitu pembicara dan audien dan yang ketiga materi pembicaraan. Melalui dialog yang tergambar dalam ayat-ayat tersebut, kita dapat mengetahui komunikasi antara pembicara (muta-kallim) dan audiens (munādā) dalam ayat-ayat itu dengan beragam maksud dan tujuannya Buku yang sedang di tangan pembaca ini merupakan hasil sebuah riset yang diharapkan dapat menambah nuansa ilmiah yang lebih beragam. Dengan fokus pada ayat-ayat nidā’ dalam Al-Qur’an, kajian melibatkan pendekatan semantik, sintaksis Arab, sejarah, dan filsafat. Buku ini mempunyai nuansa yang agak berbeda dengan materi dalam ilmu Al-Qur’an meskipun secara umum teori-teorinya berasal darinya. Hampir seluruh kajian diperoleh dari hasil eksplorasi terhadap eksistensi ayat-ayat nidā’ yang tersebar dalam seluruh ayat Al-Qur’an dengan beragam bentuk redaksi, indikasi dan orientasi, aktor pelaku, audiens, serta klasifikasinya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

... Hadis di antaranya : Studi Hadis , Hadis Ekonomi , Epistemologi Ilmu Pengetahuan , Ilmu Hadis , dan Ilmu Hukum Is- lam , Metodologi Kritik Hadis , Hadis dan Orientalis , Problematika Otentisitas Hadis Nabi dari Klasik hingga ...

Sport Public Relations

Managing Stakeholder Communication

Sport Public Relations: Managing Organizational Communication, Second Edition, takes a comprehensive, businesslike approach to the practice of public relations in sport. Rather than address public relations only as a means of supporting the marketing function or leveraging the media’s interest in an event or organization, this text recognizes public relations as a function that is integral to many aspects of a sport organization’s goals. The book covers all aspects of public relations, starting with the foundations of PR in sport and progressing all the way through legal and ethical issues that sport public relations professionals encounter. The second edition has been reorganized to better emphasize new opportunities for sport organizations to directly engage the masses and function as their own media. Following are some of the exciting updates to this edition: • Discussion of social media and other e-technologies now permeates the entire book rather than being limited to a single chapter. • Updated chapters on new media, corporate social responsibility, and legal and ethical issues reflect areas of growing emphasis and concern for sport organizations. • New “Insight From a Professional” and other sidebars offer readers a firsthand account of the roles of PR professionals in today’s sport environment. • A complete set of ancillaries helps instructors incorporate e-technology into their courses and prepare engaging class discussions. In a clear and engaging style, Sport Public Relations, Second Edition, expresses the roles of public relations and PR professionals as vital components to a sport organization’s overall management. Updated tools including sample media releases, credentials letters, and media guides provide students with tangible examples of the work that PR professionals produce. Special elements throughout the text teach students what sport communication work is like, the tasks and dilemmas practitioners face, and available opportunities and careers in the industry. Real-life examples and historical events demonstrate how sport communication has evolved and the vital role it plays in effective sport management. Chapter objectives, key terms, summaries, and learning activities keep students focused on key topics and allow them to better prepare for course projects and class discussion. Sport Public Relations, Second Edition, provides the theoretical basis for industry practice as well as guidance on applying those concepts. Readers will learn about the history of sport public relations and how it is evolving; the foundations for effective media relations in sport, including information services and organization media; and the critical need for a crisis communication plan and management considerations. Readers will also consider the diverse forms of public relations practice, encompassing media, community, employee, investor, customer, donor, and government relations. With this text, both students and professionals will understand the full range of functions in the realm of sport public relations and how to be progressive in their current and future public relations practices.

With this text, both students and professionals will understand the full range of functions in the realm of sport public relations and how to be progressive in their current and future public relations practices.