Sebanyak 69 item atau buku ditemukan

Ekonomi moral, rasional, dan politik dalam industri kecil di Jawa

esei-esei antropologi ekonomi

Sociocultural aspects of small scale industries in Java; collection of articles.

Scott membahas tata ekonomi masyarakat petani pra - kapitalis di Asia Tenggara dan kaitannya dengan pemberontakan yang mereka lakukan . Di awal tulisannya Scott mengatakan bahwa kehidupan ekonomi masyarakat petani berada sedikit di atas ...

Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Buku ini merupakan wujud dari kepedulian penulis untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kualitas pembelajaran di abad 21 atau dikenal dengan era smart society 5.0 saat ini. Pembelajaran yang berkualitas memerlukan perencanaan, penciptaan kondisi pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat dan matang, sehingga pembelajaranlebih bermakna dan mencapai tujuan. “kita dapat menceritakan sesuatu kepada peserta didik dengan cepat. Namun peserta didik akan melupakan apa yang kita ceritakan itu dengan lebih cepat”. Mengajarkan bukan persoalan menceritakan! Akan tetapi mengajarkan itu harus memberikan pengalaman baru kepada peserta didik untuk mudah dipahami. Sehingga materi yang sulit diajarkan oleh pendidik dan sulit dipahami oleh peserta didik akan menjadi mudah dengan menggunakan media pembelajaran sebagai jembatan untuk berpikir peserta didik. Penulisan buku ini dilakukan secara kolaborasi yang ditulis selama 16 hari sejak tanggal 10 sampai 25 Januari 2021. Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas pengajarannya, penggunaan media sesuai fungsi dan manfaatnya, serta memberikan wacana baru terkait perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi.

Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas ...

ANALISIS FRAMING Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media

Independen dan objektif, merupakan dua kata kunci yang menjadi kiblat dan klaim setiap jurnalis di seluruh dunia. Seorang jurnalis selalu menyatakan dirinya telah bertindak objektif, seimbang, dan tidak berpihak pada kepentingan apapun kecuali keprihatinan atas hak masyarakat untuk mengetahui kebenaran. Meskipun sikap independen dan objektif menjadi kiblat setiap jurnalis, pada kenyataannya kita seringkali mendapatkan suguhan berita yang beraneka warna dari sebuah peristiwa yang sama. Berangkat dari sebuah peristiwa yang sama, media tertentu mewartakannya dengan cara menonjolkan sisi atau aspek tertentu, sedangkan media lainnya meminimalisir, memelintir, bahkan menutup sisi/aspek tersebut, dan sebagainya. Ini semua menunjukkan bahwa di balik jubah kebesaran independensi dan objektivitas, seorang jurnalis menyimpan paradoks, tragedi, dan bahkan ironi. Dengan membandingkan beberapa pemberitaan di media, sangat mungkin kita akan menemukan kesimpulan yang setara, bahwa media apapun tidak bisa lepas dari bias-bias, baik yang berkaitan dengan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan agama. Tidak ada satu pun media yang memiliki sikap vi Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media independensi dan objektivitas yang absolut. Tanpa adanya kesadaran seperti ini, mungkin saja kita menjadi bingung, merasa terombang-ambing, dan dipermainkan oleh penyajian media. Analisis framing merupakan salah satu alternatif model analisis yang dapat mengungkap rahasia di balik semua perbedaan (bahkan pertentangan) media dalam mengungkapkan fakta. Analisis framing dalam buku ini dipakai untuk mengetahui bagaimana realitas dibingkai oleh media. Dengan demikian, realitas sosial dipahami, dimaknai, dan dikonstruksi dengan bentukan dan makna tertentu. Elemen-elemen tersebut bukan hanya bagian dari teknis jurnalistik, melainkan menandakan bagaimana peristiwa dimaknai dan ditampilkan. Inilah sesungguhnya sebuah realitas politik, bagaimana media membangun, menyuguhkan, memper- tahankan, dan mereproduksi suatu peristiwa kepada pembacanya. Melalui analisis framing akan dapat diketahui siapa me- ngendalikan siapa, siapa lawan siapa, mana kawan mana lawan, mana patron dan mana klien, siapa diuntungkan dan siapa dirugikan, siapa menindas dan siapa tertindas, dan seterusnya. Kesimpulan-kesimpulan seperti ini sangat mungkin diperoleh karena analisis framing merupakan suatu seni kreativitas yang memiliki kebebasan dalam menafsirkan realitas dengan meng- gunakan teori dan metodologi tertentu. Dalam konteks ini, kita bisa melihat bagaimana penulis buku ini mampu membangun peta teoretis-metodologis dan melakukan analisis atas berbagai kasus yang pernah dimuat berbagai surat kabar dan majalah di Tanah Air. Buku ini dapat kami katakan memiliki “kesejajaran” dengan karya Eriyanto yang telah kami terbitkan sebelumnya, yang berjudul Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media (LKiS, April 2001). Kedua buku ini dapat menjadi teman dialog dan jembatan bagi pembaca untuk mendalami ilmu komunikasi, vii khususnya jurnalistik. Untuk bacaan yang lebih aplikatif tentang teks media, karya Agus Sudibyo berjudul Politik Media dan Pertarungan Wacana (LKiS, Agustus 2001) dapat pula memudah- kan pembaca dalam mendalami analisis ini. Kami menghaturkan terima kasih kepada Saudara Eriyanto yang mempercayakan penerbitan karya ini kepada kami. Demikian pula kepada Bapak Deddy Mulyana yang berkenan menularkan wawasannya dalam pengantar buku ini. Kami berharap buku ini dapat memberikan pencerahan kepada khalayak di tengah serbuan aneka macam media yang tak mungkin dapat dibendung lagi.

Tidak ada satu pun media yang memiliki sikap vi Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media independensi dan objektivitas yang absolut.

ILMU KOMUNIKASI

Buku ini menjelaskan bagaimana memahami apa itu komunikasi. Selain itu di dalam buku ini juga terdapat berbagai macam konteks komunikasi mulai dari komunikasi intrapersonal yaitu komunikasi yang terjadi dengan diri sendiri, konteks komunikasi antarpersonal, konteks komunikasi kelompok, konteks komunikasi organisasi, konteks komunikasi publik dan juga konteks komunikasi massa. Buku ini juga menjelaskan bagaimana kehadiran new media mengubah pola kehidupan manusia. Kehadiran teknologi komunikasi yang seharusnya digunakan sebagai alat bantu manusia sekarang ini malah membuat ketergantungan manusia terhadap teknologi komunikasi yang dibuatnya.

Buku ini menjelaskan bagaimana memahami apa itu komunikasi.

Perilaku Konsumen Di Era Digital

Studi perilaku konsumen sangat penting menjadi dasar bagi manajemen pemasaran, di mana hasil kajiannya mampu membantu pemasar dalam: merencanakan bauran pemasaran; memutuskan proses segmentasi; menetapkan positioning; mampu melakukan pembedaan terhadap produk; melakukan teknik analisis lingkungan bisnis; serta pengembangan dalam riset pemasaran. Studi perilaku konsumen juga memiliki peran penting ketika pelaksanaan rancangan kebijakan publik, bagi pemangku kebijakan ekonomi dalam suatu negara. Pembuat kebijakan tersebut memerlukan kajian ini dalam merumuskan kebijakan serta perlindungan pada konsumen. Dengan mengetahui bagaimana konsumen berperilaku dapat dimanfaatkan bagi kepentingan pengembangan kemampuan seorang pemasar dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Bagi para akademisi, analisis perilaku konsumen ini menjadi salah satu sumber dalam memperdalam ilmu pengetahuan terutama terkait perilaku konsumen. Materi buku ini disusun berdasarkan kebutuhan atau rencana perkuliahan selama satu semester baik itu di Universitas, ataupun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi/Bisnis, bahkan program studi Pascasarjana studi Magister Manajemen. Oleh sebab itu, perilaku konsumen menjadi salah satu mata kuliah penting untuk diikuti mahasiswa jurusan manajemen/bisnis, terutama yang mengambil konsentrasi manajemen pemasaran. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan buku ini masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam pengalaman penulis, walaupun demikian penulis berharap mudah-mudahan buku ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, pelaku bisnis, manajemen perusahaan, dan pengambil kebijakan.

Studi perilaku konsumen sangat penting menjadi dasar bagi manajemen pemasaran, di mana hasil kajiannya mampu membantu pemasar dalam: merencanakan bauran pemasaran; memutuskan proses segmentasi; menetapkan positioning; mampu melakukan ...

TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN UNTUK MENURUNKAN ANSIETAS DAN MEMPERBAIKI KUALITAS TIDUR

Murottal Al-Qur’an atau rekaman lantunan Al- Qur’an yang disuarakan dengan lembut dan merdu oleh Qori atau Qori’ah diyakini oleh banyak orang, terutama kaum muslim, bahwa murottal Al-Qur’an dapat memberikan rasa rileks, tenang, dan santai bagi yang mendengarkannya. Buku ini berisi rangkuman penelitian tentang hubungan murottal Al-Qur’an dengan ansietas dan kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran. Diharapkan buku ini menjadi rujukan pengetahuan baru bagi mahasiswa, bahwa terapi murottal Al-Qur’an dapat menurunkan ansietas dan memperbaiki kualitas tidur.

Murottal Al-Qur’an atau rekaman lantunan Al- Qur’an yang disuarakan dengan lembut dan merdu oleh Qori atau Qori’ah diyakini oleh banyak orang, terutama kaum muslim, bahwa murottal Al-Qur’an dapat memberikan rasa rileks, tenang, dan ...

Analisis Laporan Keuangan Sektor Publik

Buku ini berisi mengenai pembahasan akuntansi yang ada pada sektor publik. Akuntansi sektor publik memiliki peran utama untuk menyiapkan laporan keuangan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan akuntabilitas publik. Akuntansi dan laporan keuangan mengandung pengertian sebagai suatu proses pengumpulan, pengolahan, dan pengomunikasian informasi yang bermanfaat untuk pembuatan keputusan dan untuk menilai kinerja organisasi. Karena kebutuhan informasi di sektor publik lebih bervariasi, maka informasi tidak terbatas pada informasi keuangan yang dihasilkan dari sistem akuntansi organisasi. Informasi non-moneter seperti ukuran output pelayanan harus juga dipertimbangkan dalam pembuatan keputusan.

Kewajiban jangka pendek dapat berupa utang jangka pendek kepada lembaga keuangan bank maupun bukan bank, utang kepada pegawai, ... Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yang dijual kepada masyarakat.

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Buku ini merupakan bahan ajar mata kuliah “Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”. Buku ini disajikan untuk mahasiswa semester 3 Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen yang mengontrak mata kuliah tersebut.

Buku ini merupakan bahan ajar mata kuliah “Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”. Buku ini disajikan untuk mahasiswa semester 3 Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen yang mengontrak mata kuliah tersebut.