Sebanyak 46 item atau buku ditemukan

The Principles of Epistemology in Islamic Philosophy

Knowledge by Presence

This book aims to present to western philosophers the most important theme in Islamic epistemology: knowledge by presence, the knowledge that results from immediate and intuitive awarenes, advocated by the author as a viable modern philosophical position. Treating the subject in a thoroughly philosophical manner that is comprehensible to contemporary analytical philosophers, he remains faithful to the Islamic tradition.

This book aims to present to western philosophers the most important theme in Islamic epistemology: knowledge by presence, the knowledge that results from immediate and intuitive awarenes, advocated by the author as a viable modern ...

Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural

Kondisi masyarakat yang sangat plural baik dari aspek suku, ras, agama, serta status sosial yang memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap perkembangan dan dinamika dalam masyarakat. Di Indonesia, wacana tentang pendidikan multikultural menjadi penting untuk membekali peserta didik memiliki kepekaan dalam menghadapi gejala gejala dan masalah-masalah sosial yang berakar pada perbedaan karena suku, ras, agama, dan tata nilai yang terjadi pada lingkungan masyarakatnya. Pendidikan multikultural yang di terapkan di sekolah akan membantu siswa untuk memahami, menerima, dan menghargai orang lain yang berbeda-beda identitas sosialnya. Pendidik memiliki tanggung jawab mengembangkan murid untuk dapat hidup di masyarakat. Dalam implementasinya diperlukan pendidikan yang mengajarkan siswa menguasai keterampilan pokok yang digunakannya menjadi agen-agen yang efektif dalam menciptakan masyarakat yang adil dan demokratis. Oleh karenanya, pendidikan dalam keberagaman dan masyarakat demokratis harus menjadikan siswa menguasai materi, sikap, dan keterampilan guna memahami secara reflektif, peduli, dan bertindak bijaksana.

... multikultural, yakni sebagai berikut: “First, multicultural education is antiracist. Second, it is basic, meaning multicultural education should be considered as important as reading, writing, and math. Third, multicultural education is ...

Effective School District Leadership

Transforming Politics into Education

The authors describe how effective superintendents work with their immediate staffs, elected trustees, and school-based administrators. Each chapter examines the meaning of effective district leadership from different perspectives.

The authors describe how effective superintendents work with their immediate staffs, elected trustees, and school-based administrators. Each chapter examines the meaning of effective district leadership from different perspectives.

Wittgenstein

An Introduction

Joachim Schulte's introduction provides a distinctive and masterful account of the full range of Wittgenstein's thought. It is concise but not compressed, substantive but not overloaded with developmental or technical detail, informed by the latest scholarship but not pedantic. Beginners will find it accessible and seasoned students of Wittgenstein will appreciate it for the illuminating overview it provides.

Joachim Schulte's introduction provides a distinctive and masterful account of the full range of Wittgenstein's thought.

Interactive Physics Mobile Learning Media untuk Materi Karakteristik Gelombang Mekanik

Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) yang bersifat interaktif dirancang menggunakan aplikasi android studio. IPMLM dapat difungsikan pada smartphone yang memiliki android minimal jelly bean. IPMLM diimplementasikan dengan pendekatan pembelajaran Scaffolding pada siswa SMA kelas XI untuk materi karakteristik gelombang mekanik. IPMLM berisi konten-konten pembelajaran yang mengacu pada upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan toleransi siswa. Konten-konten pembelajaran dalam IPMLM meliputi: Kompetensi, RPP, LKPD, Materi Ajar, dan Penilaian. Buku petunjuk penggunaan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) untuk materi karakteristik gelombang mekanik berisi spesifikasi aplikasi IPMLM, petunjuk penggunaan aplikasi IPMLM, RPP untuk pembelajaran pada materi karakteristik gelombang mekanik, lembar kerja peserta didik, materi ajar karakteristik gelombang mekanik, dan instrumen penilaian.

Buku petunjuk penggunaan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) untuk materi karakteristik gelombang mekanik berisi spesifikasi aplikasi IPMLM, petunjuk penggunaan aplikasi IPMLM, RPP untuk pembelajaran pada materi karakteristik ...

Hubungan Dialektis Pendidikan dan Pembangunan

Pemahaman dialektis pendidikan dan pembangunan merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh akademisi maupun para praktisi pendidikan nonformal lainnya. Hal ini dilatarbelakangi karena salah satu sasaran pendidikan yang strategis adalah pengembangan masyarakat sebagai dimensi makro dari pendidikan. Akademisi sebagai salah satu jalur pendidikan, selain pendidikan formal dan pendidikan nonformal, memiliki kekhasan dalam menentukan sasaran didiknya, yaitu masyarakat dan individu yang ada di dalam masyarakat itu. Berhubung dengan itu maka inheren, semua pengetahuan keilmuan yang berhubungan dengan pengembangan masyarakat perlu dipelajari oleh para mahasiswa dan tentu harus tercantum di dalam kurikulumnya. Demikian pula kompetensinya, semua kemampuan yang berhubungan dengan pengembangan masyarakat perlu dipelajari oleh para mahasiswa. Di sinilah letak pentingnya kompetensi pengembangan masyarakat perlu dimiliki oleh para pendidik nonformal dan dengan demikian maka keahlian atau kompetensi akademisi itu tidak lain adalah peningkatan kapasitas akademisi untuk pengembangan masyarakat atau sering dirumuskan sebagai akdemisi untuk pemberdayaan masyarakat. Dasar keilmuan yang perlu dan relevan di sini adalah (ilmu) pendidikan dan pembangunan yang oleh penulis buku ini disebut dengan istilah "Hubungan Dialektis Pendidikan dan Pembangunan".

Dasar keilmuan yang perlu dan relevan di sini adalah (ilmu) pendidikan dan pembangunan yang oleh penulis buku ini disebut dengan istilah "Hubungan Dialektis Pendidikan dan Pembangunan".

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTI KULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL (PKBMKKL) SEBAGAI PEGANGAN DAN PANDUAN BAGI PARA FASILITATOR PROVINSI DAN SEKOLAH

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...