Sebanyak 280 item atau buku ditemukan

Sejarah Pemikiran Ekonomi: Pemikiran dan Perkembangan

Sejarah pemikiran ekonomi berkaitan dengan pemikiran dan teori yang berbeda dalam subjek ekonomi, dari dunia dulu hingga saat ini. Ini mencakup banyak aliran pemikiran ekonomi yang berbeda. Pemikiran sejarah ekonomi berkaitan dengan asal mula dan perkembangan ide-ide ekonomi. Sejarah pemikiran ekonomi meliputi doktrin dan generalisasi dari berbagai pemikir yang berhubungan dengan fenomena ekonomi kehidupan kita. Ia mengalami banyak evolusi dengan kontribusi khusus dari berbagai pemikir yang berdampak besar pada pemikiran ekonomi masa depan. Untuk membahas pemikiran dan perkembangan terkait dengan sejarah pemikiran ekonomi secara komprehensif maka buku ini disusun menjadi 10 bab yaitu: Sejarah Pemikiran Ekonomi Ilmu Ekonomi Pra Klasik: Ilmu Ekonomi Purba dan Merkantilisme Ekonomi Klasik (Adam Smith) Ekonomi Klasik (Bentham dan Malthus) Ekonomi Sosialis (Karl Marx) Ekonomi Keynesian Ekonomi Kelembagaan Pemikiran ekonomi sosialis Perkembangan Ekonomi Kelembagaan Perkembangan pemikiran ekonomi dan kontroversi

... di mana hubungan keduanya ditandai dengan perubahan teknologi akan mendorong perubahan kelembagaan seremonial. ... Perkembangan Ekonomi Kelembagaan di Indonesia tidak terlepas dari peran serta industri perbankan, ...

Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi

Ilmu Manajemen Pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu yang terus berkembang dari masa ke masa. Hal ini diakibatkan karena lingkungan bisnis dan preferensi konsumen yang sering kali berubah sepanjang waktu serta persaingan organisasi yang semakin serius. Dalam perkembangannya, lingkup pemasaran mencakup beraneka aspek dan konteks. Setiap organisasi baik yang berorientasi laba maupun nirlaba mengadopsi prinsip dan teori pemasaran dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, teori dan praktik pemasaran menjadi krusial dalam menunjang kesuksesan setiap organisasi tersebut. Dalam buku ini membahas mengenai konsep dasar manajemen pemasaran, marketing mix sampai pemanfaatan pemasaran digital bagi UMKM. Buku ini terdiri dari 15 (lima belas) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Bab 2 Konsep Marketing Mix 4P dan 7P Bab 3 Riset Pemasaran Bab 4 Analisis Pasar Konsumen Bab 5 Analisis Lingkungan Pemasaran Bab 6 Sistem Informasi Pemasaran Bab 7 Pasar Bisnis Dan Perilaku Pembelian Bisnis Bab 8 Menciptakan Keunggulan Bersaing Dan Pasar Global Bab 9 Segmen Dan Target Pasar Bab 10 Ekuitas Merek Bab 11 Strategi Bersaing Dalam Pemasaran Bab 12 Strategi Penetapan Harga Produk Bab 13 Strategi Promosi Dan Distribusi Produk Bab 14 Etika Pemasaran Dan Tanggung Jawab Sosial Bab 15 Pemanfaatan Pemasaran Digital Bagi UMKM

Ilmu Manajemen Pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu yang terus berkembang dari masa ke masa.

Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas

Guru mengemban tugas sejati bagi proses kemanusiaan, pemanusiaan, pencerdasan, pembudayaan, dan pembangun karakter bangsa. Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai dasar legal pengakuan atas profesi guru serta mengangkat martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru merupakan faktor penentu terhadap keberhasilan pembelajaran. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus menerus memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar di kelas yang tentunya berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu proses belajar dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan Kurt Lewin pada tahun 1946 ahli psikologi sosial Amerika Serikat, di Indonesia PTK baru dikenal pada tahun 80-an. PTK terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan utama tersebut yang saling berkaitan sering disebut dengan istilah siklus. Siklus pada hakikatnya adalah rangkaian riset-aksi-riset-aksi yang dilakukan pada saat penelitian. PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi yang tepat

PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi ...

Ekonomi Pembangunan Islam

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan, mulai dari bahasan tentang konsep dasar ekonomi pembangunan, dilanjutkan dengan pembahasan teori-teori pembangunan ekonomi, hingga pembahasan tentang kebijakan dan konstruksi pembangunan ekonomi Islam. Dengan bahasan yang cukup lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Pembahasan dalam buku ini : Bab 1 Konsep Dasar Ekonomi Pembangunan Bab 2 Teori-Teori Pembangunan Ekonomi Bab 3 Ekonomi Pembangunan Dalam Perspektif Sejarah Islam Bab 4 Karakteristik Dan Persoalan Umum Negara Sedang Berkembang Bab 5 Indikator Keberhasilan Pembangunan Bab 6 Sumber Daya Manusia Dalam Ekonomi Pembangunan Islam Bab 7 Masalah Empiris Dalam Pembangunan Ekonomi Islam Bab 8 Pembangunan Sumber Daya Ekonomi Islam Bab 9 Kebijakan Dan Konstruksi Pembangunan Ekonomi Islam

Pembahasan dalam buku ini : Bab 1 Konsep Dasar Ekonomi Pembangunan Bab 2 Teori-Teori Pembangunan Ekonomi Bab 3 Ekonomi Pembangunan Dalam Perspektif Sejarah Islam Bab 4 Karakteristik Dan Persoalan Umum Negara Sedang Berkembang Bab 5 ...

Ekonomi Makro

lmu ekonomi makro merupakan suatu ilmu yang mempelajari perilaku perekonomian suatu negara secara keseluruhan. Ekonomi makro memberikan penekanan dalam analisis pada kegiatan ekonomi secara agregat dan bersifat global. Buku ini terdiri dari 11 (sebelas) bab, yaitu: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Pendapatan Nasional Bab 3 Teori Konsumsi dan Tabungan Bab 4 Teori Investasi Bab 5 Pertumbuhan Ekonomi Bab 6 Interaksi Dengan Dunia Internasional Bab 7 Uang dan Lembaga Keuangan Bab 8 Indeks Harga dan Inflasi Bab 9 Kebijakan Moneter dan Fiskal Bab 10 Analisis Keseimbangan Model Klasik Bab 11 Siklus Ekonomi dan Pengganguran

lmu ekonomi makro merupakan suatu ilmu yang mempelajari perilaku perekonomian suatu negara secara keseluruhan. Ekonomi makro memberikan penekanan dalam analisis pada kegiatan ekonomi secara agregat dan bersifat global.

PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL DAMPAK PANDEMI COVID 19 Dari Sudut Pandang Teknologi Informasi

2021 ini sudah berjalan dua tahun pandemi covid 19 di Indonesia. Ada banyak hal yang berubah dari tata cara, perilaku bahkan sampai proses bisnis yang ada. Pandemi Covid 19 di Indonesia membuat perubahan dari cara cara yang konvensional atau cara lama menjadi cara yang menggunakan teknologi informasi dan internet dalam melakukan prosesnya. Ini yang biasa kita sebut era disrupsi teknologi informasi. Dengan adanya pandemi Covid 19 ini mempercepat dorongan untuk bertransformasi dengan menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi dan internet dalam masyarakat Indonesia melaksanakan kegiatannya. Ada beberapa kegiatan di masyarakat yang sudah mulai bertransformasi dengan menggunakan teknologi informasi dan internet dalam melaksanakan kegiatannya, seperti pembelajaran, baik di tingkat sekolah dasar, menengah, atas bahkan sampai perguruan tinggi sudah menggunakan teknologi pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya, yaitu dengan menggunakan teknologi learning management system (LMS). Begitupula dalam hal perdagangan, walaupun sebelum pandemi covid 19 sudah mulai bertransformasi menggunakan teknologi informasi dan internet, namun dengan adanya pandemi ini didorong lebih cepat lagi transformasi nya. Ini dibuktikan dengan naiknya angka transaksi di marketplace atau menggunakan teknologi e commerce. Begitu pula dengan marketing nya, saat ini untuk marketing sudah mulai bergeser marketing dengan menggunakan teknologi informasi dan internet untuk menjalankan kegiatan marketingnya, ini yang biasa kita sebut dengan istilah digital marketing. Belum lagi kegiatan kegiatan untuk sektor lainnya, seperti sektor transportasi, layanan pemerintah, kegiatan perbankan, dal lainnya yang sudah menggunakan dan memaksimalkan teknologi informasi dan internet dalam melakukan kegiatannya. Buku bunga rampai ini berisi fenomena fenomena diatas yang terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya ketika menjalankan aktifitas aktifitasnya di masa pandemi covid 19 ini. Baik dilihat dari sudut pandang Teknologi Informasi, Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

2021 ini sudah berjalan dua tahun pandemi covid 19 di Indonesia.

Sistem Informasi Manajemen Bisnis

Sistem Informasi Manajemen Bisnis merupakan integrasi pemanfaatan sistem informasi dan teknologi informasi yang diterapkan pada suatu organisasi untuk mendukung proses bisnisnya. Sistem informasi manajemen bisnis menjadi bagian penting dalam memecahkan berbagai masalah yang terdapat dalam operasional bisnis seperti layanan, biaya produk, serta strategi bisnis. Pemanfaatan sistem informasi manajemen bisnis menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif suatu organisasi. Buku ini terdiri dari 10 bab, yaitu: Bab 1 Konsep dasar sistem Bab 2 Konsep dasar informasi dan sistem informasi Bab 3 Konsep sistem informasi manajemen Bab 4 Komponen sistem informasi manajemen Bab 5 Sistem manajemen database Bab 6 Pengembangan Aplikasi E-Commerce Bab 7 Analisis dan pengembangan sistem informasi Bab 8 Sistem informasi akuntansi dan sistem informasi sumber daya manusia Bab 9 Sistem informasi pemasaran dan keunggulan kompetitif Bab 10 Sistem pendukung pengambilan keputusan Bisnis

Menurut Williams dan Sawyer (2007), electronic commerce (e-commerce) adalah perdagangan atau penjualan dan pembelian produk dan atau jasa melalui jaringan internet. E-commerce adalah aktivitas jual atau beli produk secara elektronik ...

Pengantar Sistem Informasi Manajemen

Buku ini khusus membahas tentang Sistem Informasi Manajemen terkait pendekatan, jenis sistem informasi, dan peran sistem informasi strategis dalam perusahaan. Buku ini terdiri dari 8 (delapan) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Sistem Informasi Manajemen Bab 2 Konsep Sistem dan Informasi Bab 3 Konsep Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Bab 4 Teknologi Sistem Informasi Bab 5 Teknologi Sistem Telekomunikasi Bab 6 Aplikasi Sistem Informasi Pada Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 7 Pengembangan Sistem Informasi Bab 8 Database dan Sistem Manajemen Database

Buku ini khusus membahas tentang Sistem Informasi Manajemen terkait pendekatan, jenis sistem informasi, dan peran sistem informasi strategis dalam perusahaan.

Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas suatu bangsa. Begitu pula Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas nasional bagi bangsa dan negara Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan Bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945 bersamaan dengan mulai berlakunya Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945.

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas suatu bangsa.

Dasar-Dasar Manajemen: Teori, Tujuan dan Fungsi

Manajemen merupakan istilah yang tidak asing, dinamis, kajian-kajiannya senantiasa mencerminkan perubahan-perubahan individu maupun organisasi dimasa kini. Manajer merupakan unsur yang terkait dan diperlukan oleh semua organisasi terkait kepemimpinan dan yang menjalankan fungsi manajemen. Setiap organisasi membutuhkan pengelola atau manajer, bukan sekedar manajer, tetapi manajer yang baik dan hebat. Organisasi membutuhkan orang yang dapat menetapkan visi, sasaran dan merencanakan segala hal, strategi-strategi yang tepat diterapkan untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut. Organisasi membutuhkan orang-orang yang mampu mengorganisir, mengatur dan mengendalikan berbagai hal sehingga tujuan organisasi dapat dicapai. Umumnya banyak manajer yang mengendalikan karyawan secara ketat. Namun kini, bidang manajemen tengah mengalami pergeseran ilmu pengetahuan yang menuntut manajer untuk mencapai banyak hal dengan efisien dan efektif, melibatkan seluruh karyawan, tanggap terhadap perubahan serta memberi inspirasi visi dan nilai kultural yang memungkinkan orang menciptakan tempat kerja yang sepenuhnya bernuansa kolaboratif dan produktif. Pembahasan dalam buku ini terdiri dari: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Evolusi Teori Manajemen Bab 3 Prinsip dan Fungsi Manajemen Bab 4 Pemecahan Masalah Dan Pembuat Keputusan Bab 5 Kepemimpinan Bab 6 Motivasi Bab 7 Manajemen Pemasaran Bab 8 Manajemen Keuangan Bab 9 Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 10 Manajemen Operasi Bab 11 Manajemen Strategi Bab 12 Manajemen Perubahan Bab 13 Manajemen dan Inovasi

Dibutuhkan pendekatan dalam lingkup manajemen untuk mendukung pencapaian tujuan suatu organisasi dengan memperhatikan ketersediaan dan kualitas lini manajemen yang terdapat pada organisasi. 1. Pendekatan Sistem Konseptual dari ...