Sebanyak 2588 item atau buku ditemukan

Manajemen SDM Strategik

Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa untuk mewujudkan daya saing sebuah bisnis, maka diperlukan sebuah fungi oprasioanl bisnis yang kuat, kokoh dan tangguh. Ketiga syarat tersebut secara khusus merupakan fungus bisnis yang lebih dekat dengan fungusi Manajemen Sumberdaya Manusia yang harus menjadi prioritas untuk diberdayakan, tanpa mengesampingkan fungsi bisnis yang lain. Dalam menciptakan fungsi Manajemen Sumberdaya manusia yang efektif, maka diperlukan instrument-instrumen organisasi yang harus disiapkan, baik yang sifatnya tangible maupun syang sifatnya intangible.Dan menjadi tugas Manajer Puncak untuk memetakan mana persoalan yang mendesak untuk dilaksanakan atau yang didahulukan, dan mana yang harus diakhirkan.

Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa untuk mewujudkan daya saing sebuah bisnis, maka diperlukan sebuah fungi oprasioanl bisnis yang kuat, kokoh dan tangguh.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan sumber daya terpenting yang dimiliki oleh suatu organisasi. Salah satu implikasi dari investasi terpenting yang dilakukan oleh suatu organisasi adalah di bidang sumber daya manusia. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa agar dapat memperlancar proses belajar mengajar dalam kuliah “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Melalui buku ini, mahasiswa diharapkan memperoleh pemahaman mengenai fungsi sumber daya manusia, mulai dari aktivitas perencanaan tenaga kerja sampai dengan pengembangan karier serta hubungan industrial antara manajemen dan tenaga kerja.

Melalui buku ini, mahasiswa diharapkan memperoleh pemahaman mengenai fungsi sumber daya manusia, mulai dari aktivitas perencanaan tenaga kerja sampai dengan pengembangan karier serta hubungan industrial antara manajemen dan tenaga kerja.

MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA: Teori dan Kasus

Buku MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) ini merupakan kajian akademik yang berbasis konsep Fungsi Sumber Daya Manusia dan merupakan materi inti Mahasiswa pada mata kuliah MSDM, dan buku ini secara spesifik juga menyajikan tentang teori dan kasus serta permasalahan yang coba diangkat dari masalah riil pada perusahaan. Buku ini juga menjelaskan bagaimana mahasiswa perlu melakukan analisis kasus-kasus di perusahaan dan melakukan tahapan mencari solusi serta pemecahan masalah based on human resource theory. Dengan demikian mahasiswa akan bisa memahami kasus personalia yang terjadi di perusahaan, dan mencari solusi pemecahannya. Pada edisi ini ditampilkan juga kasus sederhana dengan menggunakan perhitungan matematis sehingga penyelesaiannya dilakukan melalui aplikasi Microsoft Excel. Sistematika penulisan buku ini diulas menjadi 12 bab dimulai dengan membahas pentingya MSDM dalam organisasi, perencanaan MSDM, Job Analysis dan Job Design, Rekrutmen Tenaga Kerja dan Penempatan, Pengembangan Tenaga Kerja, Penilaian Kinerja, Pengembangan Karir, Kompensasi, Hubungan Industrial, Integrasi, Pemeliharaan Karyawan, hingga pada bab Pemutusan Hubungan Kerja. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh kasus sehingga tidak hanya mendalami pada teori tentang MSDM namun juga praktik-praktik pada kasus tertentu yang sering terjadi pada dunia perusahaan. Dengan membaca buku ini diharapkan mahasiswa dapat mendalami ilmu MSDM dan kasus yang bisa terjadi pada dunia perusahaan sehingga mampu memberikan solusi yang terbaik pada setiap kasus yang ada. Buku ini tentunya masih terdapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, karenanya saran perbaikan dari berbagai pihak sangat kami nantikan. sehingga ke depan akan lebih baik

Buku MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) ini merupakan kajian akademik yang berbasis konsep Fungsi Sumber Daya Manusia dan merupakan materi inti Mahasiswa pada mata kuliah MSDM, dan buku ini secara spesifik juga menyajikan tentang teori ...

Strategi Manajemen SDM Demi Tigawasa yang Lebih Baik

Desa Tigawasa adalah salah satu dari deretan desa-desa Bali Aga (Bali kuno) di lereng utara perbukitan Buleleng. Dari tahun ke tahun, Desa Tigawasa terus berusaha membenahi diri dan mempersiapkan diri sebagai desa wisata. Salah satu terobosan pemerintah Desa Tigawasa adalah dengan mendirikan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) beberapa tahun silam. Pada awalnya tujuannya adalah untuk membantu perekonomian warga dan menyalurkan hasil kerajinan warga yang sebagian berprofesi sebagai penganyam kerajinan bambu seperti sok asi dan bedeg. Dalam perjalanannya selama hampir satu dasawarsa, BUMDes Tigawasa mengalami banyak kendala. Penelitian mengenai ruang lingkup masalah yang terjadi dalam manajemen BUMDes di desa ini kiranya menarik untuk dibahas dan dijadikan referensi studi kasus.

Desa Tigawasa adalah salah satu dari deretan desa-desa Bali Aga (Bali kuno) di lereng utara perbukitan Buleleng.

Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi

Manajemen informasi sebagai suatu sumber mempunyai pola yang sama. Manajer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan. Perkembangan organisasi yang semakin kompleks dan tuntutan untuk selalu melakukan adaptasi terhadap lingkungan organisasi, mengakibatkan proses pengambilan keputusan dan manajemen juga berkembang. Proses tersebut berkaitan dengan informasi yang merupakan hal penting dan berharga dalam sebuah organisasi dewasa ini, karena informasi yang akurat dan cepat dapat sangat membantu tumbuh berkembangnya sebuah organisasi Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Bab 2 Sistem Organisasi dan Informasi Bab 3 Pengambilan Keputusan, Informasi dan Manajemen Bab 4 Sistem Informasi dan Pengunaannya Bab 5 Pengaruh Sistem Informasi Dalam Pendidikan Bab 6 Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Pada manajemen tingkat atas dan menengah, informasi yang dibutuhkan adalah informasi prediksi masa depan, tingkat menengah lebih ke informasi masa kini, dan manajemen tingkat bawah lebih pada informasi historis untuk mengontrol ...

Manajemen Pemasaran Pariwisata

Buku ini, mensisntesis seperangkat isu pemasaran terkini yang berkembang, serta mampu mengevaluasi rencana pemasaran pada industri pariwisata. Secara khusus, setelah mempelajari buku ini

Buku ini, mensisntesis seperangkat isu pemasaran terkini yang berkembang, serta mampu mengevaluasi rencana pemasaran pada industri pariwisata. Secara khusus, setelah mempelajari buku ini

Manajemen dan Pelayanan Kefarmasian di Apotek

Dengan Metode Problem-based Learning dalam Kerangka Paradigma Pedagogi Reflektif

Buku ini diterbitkan untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di bidang Manajemen dan Pelayanan kefarmasian di Apotek yang selama ini belum ada standar acuannya. Tanpa acuan pembelajaran maka praktek kerja di Apotek menjadi sangat bervariasi tergantung pada interest pembimbing setempat atau tingkat kesibukan Apotek tempat praktek kerja. Adanya standarisasi lulusan Apoteker melalui uji kompetensi Apoteker Indonesia tentu juga sangat membutuhkan adanya acuan tersebut agar para calon apoteker bisa mendapatkan materi, metode dan cara evaluasi yang senada dan seirama dalam pembelajaran yang dilaluinya [Titien Siwi Hartayu]. Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) merupakan pelatihan yang sangat strategis bagi mahasiswa profesi apoteker untuk menjadi calon apoteker yang handal di masa depan. Metode serta mekanisme pelaksanaan PKPA yang sistematis akan sangat membantu mahasiswa profesi apoteker dalam memahami peran, fungsi, serta tanggung jawab apoteker sebagai salah satu tenaga kesehatan. Buku ini memiliki kontribusi dalam memperkaya inovasi pembelajaran PKPA terutama di apotek. Buku ini membantu mahasiswa untuk memahami peran apoteker melalui pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Inovasi metode pembelajaran yang dilakukan adalah menginfuskan PBL ke dalam Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) terdiri dari lima tahap yaitu konteks-pengalaman-refleksi-aksi dan evaluasi. Buku ini direkomendasikan bagi preseptor untuk menjadi bahan bacaan dan menjadi salah satu acuan dalam melakukan membimbing PKPA bagi calon apoteker terutama di bidang apotek. Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi calon apoteker dan apoteker yang akan dan telah bekerja di apotek untuk lebih mendalami pelayanan di apotek meliputi aspek manajemen dan aspek pelayanan sesuai dengan Permenkes no. 73/2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. [Ketua PD IAI DIY, 2019]

Buku ini diterbitkan untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di bidang Manajemen dan Pelayanan kefarmasian di Apotek yang selama ini belum ada standar acuannya.

MANAJEMEN KEPERAWATAN “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran”

buku Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran” Buku manajemen ini berisikan tentang pendidikan keperawatan serta mekanisme proses bimbingan pada profesi Ners. Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa keperawatan belajar tentang pendidikan dan proses pembelajaran. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya.

buku Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran” Buku manajemen ini berisikan tentang pendidikan keperawatan serta mekanisme proses bimbingan pada profesi Ners.