Sebanyak 2128 item atau buku ditemukan

Berani menulis artikel

babakan baru kiat menulis artikel untuk media massa cetak

Menurut catatan , Peter L . Berger dan Thomas Luckman adalah sosiolog
interpretatif asal Amerika Serikat yang pada 1970 - an diyakini mengilhami
kelahiran analisis pembingkaian terhadap media dan teks berita . Melalui
semangat ...

Menulis & Berpikir Kreatif 2

Dulu pernah menulis tapi sekarang tak bisa lagi? Gagal menyelesaikan sebuah proyek kreatif—novel atau karya lain? Buku kedua ini mengungkapkan rahasia baru untuk kreatif dalam nafas panjang. Setelah 4 Pola Pikir, Cilukba, dan jurus-jurus dalam buku pertama, kini ada 5 Mekanisme Pikir, Kunci 3T, dan lain-lain kiat lanjutan. Ditujukan baik untuk Anda yang bertipe spontan ataupun terstruktur. Ayu Utami adalah penulis yang tak hanya produktif dan konsisten, tapi juga mendapatkan penghargaan nasional dan internasional, antara lain Prince Clause Award (2000) untuk bidang kebudayaan. Ia memperkenalkan “spiritualisme kritis” pertama dalam novel Bilangan Fu (2008) dan mengembangkan konsep itu untuk kelas menulis dan berpikir kreatif. Selain di dalam negeri, ia pernah mengajar penulisan kreatif di India dan Austria. Bukunya diterjemahkan ke dalam banyak bahasa asing termasuk Amharik (Ethiopia).

Ayu Utami adalah penulis yang tak hanya produktif dan konsisten, tapi juga mendapatkan penghargaan nasional dan internasional, antara lain Prince Clause Award (2000) untuk bidang kebudayaan.

Menulis untuk Dibaca

Feature & Kolom

Kemampuan menulis bukanlah bakat, melainkan keterampilan. Selain itu, juga tidak tepat jika dihubungkan dengan alasan faktor keturunan. Siapa saja dapat menjadi penulis. Syaratnya hanya satu, mulailah menulis! Itulah keunggulan para penulis yang terkenal dewasa ini. Mereka tidak akan dapat menulis jika dulu mereka tidak pernah memulainya. Ada proses yang harus dilalui. Sama halnya ketika bayi harus belajar merangkak terlebih dulu untuk dapat berjalan. Banyak orang menjadi terkenal─juga menjadi menteri─karena menulis. Seorang penulis tidak hanya penyampai aspirasi masyarakat, tetapi juga pemberi haluan bagi yang meyakini jalan pikirannya. Penulis─menurut banyak pakar─adalah pencari kebenaran setiap waktu melalui tulisan-tulisannya dan karena itu pulalah seorang penulis akan mempertahankan misinya sampai kapanpun. Jangan lupa, seorang penulis juga dapat menjadi kaya selain kaya ilmu. Buku Menulis untuk Dibaca ini memandu Anda untuk menjadi penulis feature dan kolom, yang membuka mata Anda bahwa menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan. Kekayaan imajinasi membantu para pemula, wartawan, atau kaum profesional untuk menggarap alam terkembang ini menjadi lahan penulisan. Kehidupan ini adalah sumber penulisan. Setiap hari Anda berdekatan dengan objek tulisan, Anda hanya perlu membuka mata, telinga, rasa, dan pikiran untuk menjadikannya sebagai tulisan yang baru dan menarik.

Jangan lupa, seorang penulis juga dapat menjadi kaya selain kaya ilmu. Buku Menulis untuk Dibaca ini memandu Anda untuk menjadi penulis feature dan kolom, yang membuka mata Anda bahwa menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Mahir Menulis Akademik

Tugas, makalah, ujian acap menjadi momok dalam kehidupan perkuliahan. Buku ini memberi petunjuk ringkas, praktis untuk mengerjakannya dan, tentu saja, memperoleh nilai terbaik.

Tugas, makalah, ujian acap menjadi momok dalam kehidupan perkuliahan. Buku ini memberi petunjuk ringkas, praktis untuk mengerjakannya dan, tentu saja, memperoleh nilai terbaik.

Menulis Cerita untuk Anak-Anak

Kalian tidak harus jadi penulis profesional kok. Tapi semua profesi akan jauh lebih berhasil kalau didukung kemampuan menulis. Kemampuan menulis penting, lebih lebih kemampuan menulis dengan baik. (Balai Pustaka)

Kalian tidak harus jadi penulis profesional kok. Tapi semua profesi akan jauh lebih berhasil kalau didukung kemampuan menulis. Kemampuan menulis penting, lebih lebih kemampuan menulis dengan baik. (Balai Pustaka)

Entrepeneur: Bagaimana Menciptakannya - wawasan & ide dalam proses pengajaran kewirausahaan

Saat ini, orangtua menyekolahkan anak mereka bukan sekadar agar mudah memperoleh pekerjaan, tetapi juga menjadi pengusaha mandiri. Tak heran, pendidikan entrepreneurship (kewirausahaan) telah mendapat perhatian dari lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Pendidikan kewirausahaan yang mampu menghasilkan wirausaha andal tidak hanya mengandalkan konsep dan teori, tetapi juga praktik bisnis yang nyata. Tidak hanya tentang mengetahui apa itu entrepreneurship (to know), tapi juga bagaimana cara menjadi entrepreneur (to be). Buku ini memberikan informasi dan ide kepada para pendidik serta orangtua murid mengenai: • Bagaimana konsep pendidikan entrepreneurship dirancang. • Bagaimana konsep pengajaran project based learning merupakan salah satu metode yang ampuh untuk memampukan mahasiswa merintis bisnis. • Bagaimana cara mengembangkan student based learning dan bukan lagi teacher based learning. • Peranan pendidik, yaitu bukan lagi sebagai dosen, melainkan juga coach, mentor, dan fasilitator. • Poin-poin tahapan pembelajaran entrepreneurship dari semester ke semester, bagaimana peserta didik membangun bisnis dengan mengalami beberapa kegagalan dan bangkit kembali. Buku ini tidak bermaksud menggurui, tapi memberikan pertimbangan, ide, serta wawasan dalam pendidikan entrepreneurship berdasarkan pengalaman penulis sebagai salah seorang pengajar pada sebuah perguruan tinggi berbasis pendidikan entrepreneurship dan humaniora.

Saat ini, orangtua menyekolahkan anak mereka bukan sekadar agar mudah memperoleh pekerjaan, tetapi juga menjadi pengusaha mandiri.