Sebanyak 220 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method)

Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method) Penulis : Purwono, Fuad Hasyim, Annida Unatiq Ulya, Nurwulan Purnasari, Ronnawan Juniatmoko Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-322-102-3 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Metodologi penelitian adalah cabang keilmuan yang membahas tentang alat, metode, prosedur yang digunakan dalam melakukan pre-analytic research. Metodologi penelitian dibedakan atas penelitian kuantitatif yang berbasis statistik angka serta penelitian kualitatif yang berbasis data normatif. Buku ini mencoba mengetengahkan pembahasan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ilmu sosial humaniora. Buku ini dilengkapi dengan capaian pembelajaran yang diharapkan, sebagai respon kurikulum mata kuliah yang dijadikan acuan output yang harus dikuasai mahasiswa Kelebihan buku ini terletak pada alur pembahasan yang sistematis, dimulai dari penyiapan gagasan, penggunaan teori yang digunakan, metodologi yang tepat dalam membedah masalah, tahapan proses, olah data penelitian hingga menyimpulkan dan memberikan analisis penelitian. Buku ini menyasar segementasi mahasiswa, peneliti pemula dan pemerhati riset yang ingin belajar penelitian dasar dengan pembahasan yang cukup sederhana. Buku ini disusun oleh dosen yang berpengalaman dalam penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif dengan karya berupa buku, jurnal prosiding yang telah diterbitkan baik dalam skala nasional maupun internasional. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method) Penulis : Purwono, Fuad Hasyim, Annida Unatiq Ulya, Nurwulan Purnasari, Ronnawan Juniatmoko Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-322-102-3 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com ...

Pembelajaran Bahasa Indonesia Responsif Budaya: Teori dan Aplikasi

Pembelajaran Bahasa Indonesia Responsif Budaya: Teori dan Aplikasi PENULIS: Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd. ISBN : 978-623-7532-94-1 www.guepedia.com Sinopsis: Proses pembelajaran, pembelajaran, dan atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia bukan hanya harus berlandaskan [berbasis] kebudayaan, melainkan harus senantiasa dilambari atau dilumuri kebudayaan, bahkan bertujuan kebudayaan. Paling tidak tindak pembelajaran, pemelajaran, dan atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia harus peka atau responsif budaya. Pelbagai inovasi dan inisiasi praksis pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia responsif budaya telah dikerjakan oleh berbagai pihak di Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar di antara kita sering tergoda untuk memillih dan memakai salah satu atau beberapa teori dan metodologi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tidak responsif budaya. Kemudian muncul gejala pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia abai budaya yang menjadikan peserta didik justru tercerabut dari akar budaya atau mengalami gegar budaya {culture shock}. Kita juga melihat berbagai kebijakan pendidikan nasional yang tidak responsif budaya, salah satu di antaranya kebijakan kurikulum kurang responsif budaya, yang menimbulkan gejala pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia tidak atau kurang responsif budaya. Dalam buku ini, para penulis akan menyajikan tentang diversitas budaya, model-model pembelajaran responsif budaya yang dapat digunakan di kelas bahasa, fenomena gegar budaya {culture shock} guru bahasa di sekolah tujuan SM3T, dan beragam fenomena budaya di kelas bahasa. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pembelajaran Bahasa Indonesia Responsif Budaya: Teori dan Aplikasi PENULIS: Prof.

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP PENULIS: Sakila, S.Pd. Tebal : 154 halaman ISBN : 978-623-7477-88-4 www.guepedia.com Sinopsis: Pada saat awal pembelajaran, guru sebelumnya harus memilih media apa yang tepat. Memilih media yang tepat untuk materi tentunya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah bagi guru. Guru harus mempertimbangkan banyak faktor seperti tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, metode pembelajaran, serta ketersediaan dari media itu sendiri. Adapun tujuan dari guru memilih media yang tepat dalam pembelajaran agar terjadi interaksi antara siswa, guru dan media yang dipergunakan. Dapat kita bayangkan apabila guru menggunakan media yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran tentunya akan sia-sia, menghabiskan waktu dan tenaga serta pikiran yang tidak sedikit. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dipahami oleh siswa yaitu berbicara, menyimak, menulis dan membaca. Guru sebagai aktor utama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal hendaknya dapat memilih dan memanfaatkan media yang tepat dalam proses belajar mengajar yang efektif. Penggunaan media pembelajaran yang baik sangat bermanfaat bagi guru untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil akhir yang dicapai adalah peserta didik mudah memahami materi yang diajarkan dan tujuan pokok dalam pendidikan akan dapat dicapai dengan optimal. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP PENULIS: Sakila, S.Pd. Tebal : 154 halaman ISBN : 978-623-7477-88-4 www.guepedia.com Sinopsis: Pada saat awal pembelajaran, guru sebelumnya harus memilih media apa yang tepat.

EVALUASI PEMBELAJARAN

EVALUASI PEMBELAJARAN PENULIS: Indra Perdana dan Misnawati Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-718-0 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Modul Evaluasi Pembelajaran ini hadir untuk melengkapi sumber belajar mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Isi buku ini: Materi 1 adalah Hakikat Evaluasi Pembelajaran yang meliputi: (1) Pengertian Evaluasi pembelajaran, (2) Tujuan Evaluasi Pembelajaran, (3) Manfaat dan Prinsip Evaluasi Pembelajaran (4) Pengertian Pengukuran dan Penilaian, serta (5) Perbedaan Pengukuran dan Penilaian. Materi 2 adalah Instrumen Pembelajaran yang meliputi: (1) Pengertian Instrumen Pembelajaran, (2) Syarat-syarat Instrumen Pembelajaran, (3) Kisi-kisi Instrumen Pembelajaran (4) Bentuk-bentuk Instrumen Pembelajaran, (5) Pedoman Penskoran Instrumen Pembelajaran, serta (6) Analisis Butir Instrumen Pembelajaran. Materi 3 adalah Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang meliputi: (1) Hakikat Penilaian Pembelajaran, (2) Jenis dan Teknik Penilaian Pembelajaran, (3) Menyusun Pedoman Penilaian, serta (4) Menghitung kriteria ketuntasan minimal (KKM). Materi 4 adalah Pengambilan Evaluasi yang meliputi: (1) Evaluasi Program Pembelajaran, (2) Model-model Evaluasi, dan (3) Menyusun Evaluasi Program Pembelajaran. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Modul Evaluasi Pembelajaran ini hadir untuk melengkapi sumber belajar mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Evaluasi adalah proses pengukuran, penilaian, dan analisis suatu data khusunya dalam pembelajaran.

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Video PENULIS: ASMAR, S.PD., M.PD. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-023-9 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Evaluasi Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, salah satu cara guru untuk mengidentifikasi dan melihat sejauh mana tingkat perkembangan dan kemajuan peserta didik yang didapat selama proses pembelajaran sebelumnya. Evaluasi yang dilakukan juga bertujuan untuk melihat apakah model, metode dan teknik pengajaran yang dilakukan sudah efektif atau tidak digunakan terhadap peserta didik. Terdapat dua cara kebiasaan guru dalam pengambilan evaluasi yang dilakukan yaitu tes tertulis menghendaki siswa memberikan jawaban secara tertulis, serta tes nontulis seperti tes keterampilan, pemberian tugas, dan lain-lain. Penulis menyadari bahwa evaluasi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian yang akan dituju serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan guru dalam memilih penggunaan model, metode serta teknik pengajaran yang efektif agar kompetensi yang diinginkan tercapai. Maka dari itu, penulis ingin mengembangkan sebuah evaluasi dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis video, dimana siswa akan diberikan tugas membuat sebuah video pembelajaran berdasarkan materi yang sebelumnya telah diberikan. Harapannya dengan adanya tugas tersebut dapat membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran apakah sudah efektif atau perlu perbaikan-perbaikan yang mendorong tercapainya kompetensi yang diinginkan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Strategi pembelajaran merupakan langkah selanjutnya dari proses desain pembelajaran yakni bagaimana caranya menuju proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dimaksud adalah rangkaian kejadian eksternal bagi peserta didik yang ...

JURNALISTIK “KEMAHIRAN BERBAHASA PRODUKTIF”

JURNALISTIK “KEMAHIRAN BERBAHASA PRODUKTIF” PENULIS: Lisa Septia Dewi Br.Ginting, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-7752-84-4 Terbit : Februari 2020 Sinopsis: Perguruan tinggi khususnya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya Pendidikan Bahasa Indonesia, mempelajari mata kuliah jurnalistik. Mata kuliah ini mempersyaratkan mata kuliah Kemahiran Berbahasa Produktif. Mata kuliah ini di samping memberikan bekal pengetahuan, wawasan, dan pemahaman dasar-dasar jurnalistik, juga membekali mahasiswa untuk mengenal karakteristik media baik cetak maupun elektronik. Lulusan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya Pendidikan Bahasa Indonesia nantinya bukan hanya bisa bekerja sebagai guru (sesuai dengan ilmunya) namun juga bisa bekerja di luar itu sesuai dengan bidang kebahasaannya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktek yang menuntut mahasiswa agar terampil dalam menulis berita dan juga melisankan berita. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

JURNALISTIK “KEMAHIRAN BERBAHASA PRODUKTIF” PENULIS: Lisa Septia Dewi Br.Ginting, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-7752-84-4 Terbit : Februari 2020 Sinopsis: Perguruan tinggi khususnya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) khususnya ...

Kajian Jurnalistik

Kajian Jurnalistik PENULIS: M.Yoserizal Saragih,SAg,M.I.Kom, Suwandi, S.Pd ISBN : 978-623-251-060-9 www.guepedia.com Sinopsis: Secara konseptual, kajian jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang, yakni sebagai proses, teknik, dan ilmu. Sebagai proses, jurnalistik adalah aktivitas mencari mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan atau jurnalis. Sebagai teknik, jurnalistik adalah keahlian atau keterampilan membuat karya jurnalistik termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan pemberitaan seperti peliputan peristiwa atau reportase dan wawancara. Sebagai ilmu, jurnalistik adalah bidang kajian mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi melalui media massa. Jurnalistik termasuk ilmu terapan yang dinamis dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta dinamika masyarakat itu sendiri. Secara konseptual, kajian jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang, yakni sebagai proses, teknik, dan ilmu. Sebagai proses, jurnalistik adalah aktivitas mencari mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan atau jurnalis. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kajian Jurnalistik PENULIS: M.Yoserizal Saragih,SAg,M.I.Kom, Suwandi, S.Pd ISBN : 978-623-251-060-9 www.guepedia.com Sinopsis: Secara konseptual, kajian jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang, yakni sebagai proses, teknik, dan ...

RAMBU-RAMBU JURNALISTIK (Bagaimana Menulis Berita yang Layak Baca)

RAMBU-RAMBU JURNALISTIK (Bagaimana Menulis Berita yang Layak Baca) PENULIS: BAGUS SASMITO EDI WAHONO ISBN : 978-623-7701-35-4 Terbit : Desember 2019 Sinopsis: Berita adalah segala laporan mengenai peristiwa, kejadian, gagasan, fakta yang menarik perhatian dan penting untuk disampaikan atau dimuat dalam media massa agar diketahui atau menjadi kesadaran umum. Di dalam menyampaikan sebuah berita, harus jelas serta mudah untuk dipahami oleh para penikmat berita. Berita yang disajikan dalam bentuk tulisan haruslah menggunakan gaya penulisan yang singkat tanpa mengurangi keabsahan dari nilai berita itu sendiri dan inilah hakikat ilmu jurnalistik. Di era serba digital seperti saat ini, kita tidak mungkin melakukan pengembangan diri dan bermasyarakat tanpa mengakses berita, fakta, ilustrasi, gagasan, dan informasi dari berbagai media komunikasi massa baik secara tradisional maupun yang kontemporer. Siapapun kita pasti bisa menjadi penulis berita dengan teknik yang tepat. Semua akan dapat melakukan inovasi dalam penyajian dan peliputan berita yang lebih dalam dan menyeluruh. Kita pasti bisa menjadi penulis berita yang dapat pula berfungsi menciptakan opini publik dan meredam konflik yang terjadi di tengah masyarakat. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

RAMBU-RAMBU JURNALISTIK (Bagaimana Menulis Berita yang Layak Baca) PENULIS: BAGUS SASMITO EDI WAHONO ISBN : 978-623-7701-35-4 Terbit : Desember 2019 Sinopsis: Berita adalah segala laporan mengenai peristiwa, kejadian, gagasan, fakta yang ...

Gelitik Jurnalistik

Gelitik Jurnalistik Penulis : De Had Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-229-391-5 Terbit : April 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Siapapun yang memiliki kepekaan bahasa, pasti tergelitik oleh jurnalistik. Sebab, di dalam jurnalistik, ada sihir dalam kata-kata yang amat menggelitik setiap orang, terutama mereka yang peka bahasa. Contohnya, betapa banyak orang yang rela antre untuk mendapatkan buku Harry Potter karya J.K. Rowling. Jurnalistik dalam buku ini saya maksudkan karya tulis, baik dalam bentuk puisi, cerpen (cerita pendek), cerita anak (cernak), esai, opini, artikel, maupun genre jurnalistik dalam bentuk tulisan atau media cetak. Nah, dalam buku ini, tersaji hampir semua genre karya tulis itu. Oleh karena itu, buku ini layak dijadikan bahan ajar kursus jurnalistik di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Juga untuk kuliah jurnalistik di Perguruan Tinggi. Tidak itu saja, buku ini juga dapat dipergunakan oleh mereka yang memiliki minat, bahkan bakat, di bidang jurnalistik atau dunia tulis menulis pada umumnya. Bahan-bahan tulisan yang tersaji di dalam buku ini akan memantik semangat menulis sesuai dengan genre tulisan yang menarik hatinya. Walhasil, mereka bisa menjadi penulis lepas seperti Emha Ainun Najib (Cak Nun). www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Gelitik Jurnalistik Penulis : De Had Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-229-391-5 Terbit : April 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Siapapun yang memiliki kepekaan bahasa, pasti tergelitik oleh jurnalistik.

Mutiara Hikmah (Antologi Quotes Taklim Jurnalistik dan Komunitas Muslimah Berpena)

Mutiara Hikmah (Antologi Quotes Taklim Jurnalistik dan Komunitas Muslimah Berpena) PENULIS: Taklim Jurnalistik & Komunitas Muslimah Berpena Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-569-8 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: “Di saat hati terasa gundah, resah, cemas, dan apapun itu yang menyesakkan hati. Datanglah kepada Allah di sepertiga malamnya. Rayulah, ceritakan semua keluh kesah kepada-NYA. Kerena setelahnya kamu akan sadar, janji itu nyata.” -Shinta Seftyana- Cuplikan sebuah quotes dari buku ini. Pahit, manis kehidupan adalah hal biasa. Semua rasa gundah, resah, sedih, kecewa pasti pernah dirasa setiap manusia. Hidup itu bukan sekedar tentang kebahagiaan. Allah tidak berjanji untuk tidak menguji hamba-Nya, namun Allah berjanji akan membersamai orang-orang yang bersabar. "Kita hidup ibarat berlayar. Dihadang gelombang dan batu karang, dihempas ombak dan badai. Lalu pulang, dan kembali untuk meraih tepi pantai." -Kurnia Affandi- Pada akhirnya kehidupan pun akan berakhir, sudahkah bekal kita cukup untuk pulang? Sebuah pertanyaan yang harus direnungkan. Mungkin bukan karena puasa kita, sholat kita, dan sodaqoh kita yang mengantarkan kita ke surga. Tapi dengan kesucian hati, kerendahan jiwa, kesabaran ketika mendapat ujian, keikhlasan saat mendapat cobaan, sehingga membuka pintu rahmat dan maghfiroh Allah Swt untuk kita bisa ke surga-Nya. Sebuah karya ini berisi kumpulan quotes, semoga bisa memberikan segelintir mutiara hikmah bagi sang pembaca. Dengan mengambil hikmah dari kehidupan, berharap bisa memotivasi banyak orang, menyejukkan hati dan pikiran, serta bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. “Kehidupan itu adalah hikmah, maka ambillah hikmah itu agar kamu merasa tenang.” *"Jalani, Hadapi, Setiap masalah yang terjadi, Dan yakinlah bahwa kamu mampu melewatinya"* *Akh Hendra* www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Mutiara Hikmah (Antologi Quotes Taklim Jurnalistik dan Komunitas Muslimah Berpena) PENULIS: Taklim Jurnalistik & Komunitas Muslimah Berpena Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-569-8 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: “Di ...