Sebanyak 473 item atau buku ditemukan

Moslem Social Media 4.0

Buku Moslem Social Media 4.0: Argumen Islam Terhadap Fenomena Sosial Media di Era Industri 4.0, memberi penjelasan tentang topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, yakni Revolusi Industri 4.0 yang merupakan proses digitalisasi dalam segala aspek kehidupan. Sehingga menimbulkan dampak perubahan bagi kondisi sosial masyarakat. Perubahan ini menimbulkan banyak fenomena baru yang mempunyai beberapa kepentingan dan menimbulkan beberapa konflik, di antaranya hoaks dan hate speech. Buku ini memberikan wawasan bagi para pembaca tentang kondisi dunia industri dewasa ini dalam kacamata Islam khususnya. Dibahas beberapa konsep tentang dampak revolusi industri terhadap masyarakat serta tantangan yang dihadapi muslim dalam sosial media, karena saat ini banyak sekali serangan-serangan yang meresahkan masyarakat dan beberapa solusi menurut ajaran Islam. *** Kemudahan untuk mendapatkan informasi, bahkan informasi yang tidak dikehendaki pun bisa tibatiba nyelonong ke perhatian kita. Bagi yang kagetan, informasi yang menghentak langsung menjadikan dalih kebenaran. Mentalitasnya mudah rapuh. Buku ini diharapkan dapat mengembalikan nalar kita. Sebuah bahan bacaan yang akan mengantarkan kita membentuk mentalitas tangguh di tengah keluasan informasi. (Mohammad Mahpur, alumnus Doktor Psikologi UGM Yogyakarta dan Founder kampusdesa.or.id) Bermedia sosial itu dibutuhkan sikap bijak. Sikap bijak yang seperti apa? Buku yang ditulis Mas Nawa ini hadir di hadapan pembaca untuk ÔmengulitinyaÕ sampai tuntas. (Thoriq Aziz Jayana, penulis buku-buku motivasi) Membaca buku ini seperti melihat diri kita sendiri. Akan selalu ada dampak positif dan negatif dalam setiap apa yang kita lakukan. Karya ini wajib dibaca oleh semua kalangan, terkhusus para pengguna sosial media aktif, tetapi masih pasif di dunia nyata. Mengutip salah satu maqolah Ôsalaamatul insan fii hifdzii lisanÕ. (Sayyidah Laila Rakhma Sulaiman (@Sydhirs))Ò

Buku Moslem Social Media 4.0: Argumen Islam Terhadap Fenomena Sosial Media di Era Industri 4.0, memberi penjelasan tentang topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, yakni Revolusi Industri 4.0 yang merupakan proses digitalisasi ...

Pajak E-Commerce

Sebuah Pengertian Awal

Transaksi e-commerce di Indonesia meningkat tajam dalam sepuluh tahun terakhir ini, melibatkan 170 juta pengguna di tahun 2020, dengan nilai perdagangan mencapai US$12,2 miliar dan diproyeksi tumbuh menjadi US$52 miliar di tahun 2025. Di level global sendiri, selama tahun 2020, transaksi e-commerce diperkirakan mencapai US$4,4 triliun. Kondisi ini terjadi karena mudahnya mengakses e-commerce melalui gadget tanpa terbatas waktu dan tempat. Namun begitu, kemudahan yang ditawarkan ini bukannya tanpa risiko dan kendala. Pemerintah menghadapi tantangan tersendiri dalam menangani permasalahan pajak, karena kemajuan yang pesat di dunia usaha tidak selalu diikuti dengan kemajuan yang sama di bidang hukum. Kegiatan bisnis yang mendatangkan keuntungan seperti transaksi jual beli melalui internet tidak akan lepas dari pengenaan pajak. Masalahnya, jumlah pelaku e-commerce yang luar biasa, dengan jumlah nominalnya transaksinya yang juga wah, menyebabkan pemerintah sulit melacak dan memantau bisnis ini. Belum lagi bicara tentang kemampuan SDM yang masih minim. Yang menjadi masalah adalah banyaknya pelaku e-commerce yang belum terdaftar sebagai wajib pajak dan tidak memiliki NPWP, sementara biasanya pengawasan hanya dilakukan kepada masyarakat yang sudah punya NPWP. Inilah sebabnya para pengguna e-commerce ini belum dapat terdeteksi dengan baik dari sisi pajak. Buku ini mencoba menggali potensi penerimaan pajak e-commerce untuk menjadi salah satu penerimaan pajak potensial untuk negara. Lalu bagaimana caranya? Upaya apa yang sudah dilakukan oleh Dirjen Pajak terkait dengan pajak e-commerce ini? Temukan semua jawabannya di dalam buku ini

Buku ini mencoba menggali potensi penerimaan pajak e-commerce untuk menjadi salah satu penerimaan pajak potensial untuk negara. Lalu bagaimana caranya? Upaya apa yang sudah dilakukan oleh Dirjen Pajak terkait dengan pajak e-commerce ini?

Pasar Valuta Asing

Membaca buku ini berarti memahami secara detail seluk-beluk investasi di pasar valuta asing, khususnya pada industri perdagangan berjangka. Selain membahas product knowledge serta penghitungan profit dan loss yang terjadi dalam proses transaksinya, kita juga disuguhi tips dan strategi bertrading di pasar perdagangan berjangka, serta psikologi tradingnya. Buku ini juga dilengkapi panduan online trading di aplikasi Android, yang memudahkan para investor melakukan transaksi online dari mana pun, tanpa harus datang ke kantor pialang. Buku ini akan menjadi panduan bagi seluruh pembaca, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi pasar modal, khususnya penggiat pasar perdagangan berjangka (pialang dan calon investor pemula) di mana pun berada, yang ingin mendapatkan peluang untuk profit. Tanpa pengetahuan yang memadai, investasi tentu akan rugi.

Membaca buku ini berarti memahami secara detail seluk-beluk investasi di pasar valuta asing, khususnya pada industri perdagangan berjangka.

Istilah Pasar Modal A - Z

Pasar Modal di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Beritanya banyak menghiasi media-media massa bahkan di televisi. Masyarakat mulai mengenal berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, reksa dana. Belakangan muncul beberapa instrumen baru seperti kontrak berjangka indeks, kontrak opsi saham, obligasi ritel Indonesia ( ORI ) dan exchange traded fund ( ETF )

Pasar Modal di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Langkah Taktis Metodis Berinvestasi Di Obligasi

"Buku ini cukup lengkap memberi gambaran pelbagai hal yang terkait dengan obligasi, baik dari aspek isuer, investor, maupun tuntunan berinvestasinya. Terbitnya buku ini akan memudahkan investor pemula, mahasiswa, maupun peminat lain dalam memahami seluk beluk obligasi."

Pemodal di Indonesia kemudian mengenal obligasi bagi hasil dalam jenis lain, yakni obligasi syariah. Obligasi syariah pertama kali diterbitkan oleh PT Indosat pada tahun 2002 yakni obligasi senilai Rp175 miliar dengan tenor lima tahun ...

Obligasi

Obligasi adalah salah satu produk pasar modal. Namun, popularitas dan pemahaman masyarakat akan instrumen ini jauh di bawah saham dan reksa dana. Padahal jumlah investor yang membeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Saving Bond Retail (SBR), Sukuk Ritel (Sukri), dan Sukuk Tabungan Ritel (ST) sudah mencapai ratusan ribu orang. Cara kerja obligasi juga relatif sederhana, seperti deposito tapi jatuh temponya lebih panjang. Hanya saja, untuk obligasi korporasi ada tambahan risiko fluktuasi harga dan risiko gagal bayar. Buku ini membahas secara mendalam obligasi di Indonesia dengan contoh riil dan studi kasus, mulai dari: • Klasifikasi obligasi di Indonesia dan daftar seri obligasinya • Teori dan praktik menghitung Yield to Maturity dan harga untuk Obligasi Negara, Korporasi, dan Ritel di MS Excel • Menghitung Accrued Interest dan Durasi Obligasi • Membuat Trade Confirmation Transaksi Jual-Beli Obligasi • Aspek Perpajakan dan Pelaporan Obligasi di SPT Pajak • Memahami Rating Obligasi dari perusahaan pemeringkat • Mengenal SUN dan SBSN Seri Benchmark • Step by step membuat Yield Curve Obligasi • Strategi Investasi Obligasi: Buy and Hold, Imunisasi, Indexing, dan Active Management Strategy Seluruh perhitungan di atas dilengkapi file Excel dan video tutorial via YouTube yang dapat diakses melalui QR Code.

Cara kerja obligasi juga relatif sederhana, seperti deposito tapi jatuh temponya lebih panjang. Hanya saja, untuk obligasi korporasi ada tambahan risiko fluktuasi harga dan risiko gagal bayar.

Peluang Menggiurkan Investasi Obligasi Pemerintah dan Korporasi

"""Buku ini bicara tentang obligasi, investasi di bidang surat utang negara. Banyak orang masih awam di bidang ini, tetapi jika mau belajar, ini ada buku yang memberi pencerahan sebab buku seperti ini bukan saja dimengerti oleh para bankir atau orang-orang keuangan tetapi awam atau masyarakat umum boleh tahu. Di buku ini dijelaskan apa komponen dan perlu diketahui dalam APBN. SUN itu apa dan apa saja pasar sekunder obligasi serta dan bagaimana pasar perdana obligasi korporasi."""

"""Buku ini bicara tentang obligasi, investasi di bidang surat utang negara.

Salah Kaprah Pengelolaan Keuangan dan Investasi

Buku ini jenisnya investasi. Ada banyak cara berinvestasi tapi banyak orang salah kaprah, mau mengambil beberapa piranti investasi namun tak tahu secara mendalam. Mending ambil dua atau tiga hal tapi tahu betul seluk beluk dan untung rugi berinvestasi, jos hasilnya.

ketidakaslian dan penurunan kadar emas karena harus dilebur kembali. Ada juga emas untuk naik haji (ONH). Selain untuk persiapan naik haji, emas juga bisa digunakan untuk berinvestasi. ... Misalnya HSBC Syariah dan Bank Syariah Mandiri.