Sebanyak 1589 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang paling fundamental. Dimana menyiapkan anak usia 0-6 tahun agar siap memasuki pendidikan selajutnya. Dalam hal ini pengembangan manajemen pendidikan anak usia dini sangat diperlukan. Untuk perencanakan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam sebuah lembaga PAUD. Hal tersebut tidak terlepas dari perhatian seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Proses pendidikan anak usia dini memerlukan pengelolaan yang efektif dan efisien serta perlu didukung oleh kepemimpinan pendidikan yang baik. Buku ini hadir untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan buku ini diharapkan seluruh komponen yang terlibat pada pendidikan anak usia dini lebih memahami betapa pentingnya manajemen untuk pengembangan pendidikan anak usia dini. Dalam buku ini terdiri dari 11 bab yang membahas tentang Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendirian PAUD, Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen I), Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen II), Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Ekstrakurikuler I, Manajemen Ekstrakurikuler II, Manajemen Pembiayaan PAUD, Manajemen Pemasaran PAUD, Manajemen Perpustakaan PAUD.

Bahasa Inggris Kegiatan ekskul bahasa Inggris bertujuan mengembangkan kompetensi bahasa Inggris dalam bentuk lisan, meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional serta komunikasi. Melalui kegiatan ini anak dilatih ketrampilan ...

Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas

Buku ini merupakan rekaman dan catatan jejak gerakan perempuan Indonesia dengan penanda Era Reformasi. Jejak tersebut dimulai dengan substansi dan topik yang diperdebatkan, bentuk-bentuk dan aktor gerakannya, serta irisan dengan dinamika perjalanan agama dan negara. Di awal era Reformasi, isu krusial yang menjadi perdebatan publik mengenai hak-hak perempuan adalah isu kepemimpinan perempuan, dipersoalkan ulang Undang-undang Perkawinan tahun 1974 mengenai praktik perkawinan poligami, pelarangan perkawinan beda agama, pembakuan peran pria sebagai kepala keluarga dan istri sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, menggejala kembali isu pemakaian jilbab sebagai identitas perempuan muslim dengan multi makna dan multi kepentingan. Buku ini menyuguhkan bangunan pengetahuan dalam kerangka teologi Islam, sejarah sosial dan sosiologi dengan keragaman argumentasinya atas topik hak-hak asasi perempuan yang berkembang di era Reformasi dalam rentang waktu antara 1998-2006.

Buku ini merupakan rekaman dan catatan jejak gerakan perempuan Indonesia dengan penanda Era Reformasi.

Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan

Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan untuk membangun karakter yang dibutuhkan oleh bangsa. Namun yang paling utama ialah pendidikan harus mampu membentuk kepribadian yang memang berkeinginan keras untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi bangsa. Moral yang diperoleh dari nilai-nilai budaya dan terutama mendapat dukungan dari ajaran agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap insan manusia Indonesia. Menurut penelitian penulis ada sejumlah 10 fungsi pendidikan asli milik bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan di dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga sekolah dan universitas. Bila ditambah dengan 8 yang dikemukakan oleh Metta Spencer dan Alex Inkeles, maka kita memiliki 18 fungsi pendidikan yang sangat fungsional.

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung.

MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL

Buku ini disusun agar dapat melihat kehadiran digitaliasi dalam dunia pendidikan. Tidak luput juga percepatan pendidikan dengan metode pembelajaran digital tersebut dipengaruhi oleh pademi corona yang melanda dunia. Buku ini dimulai dengan mengenal manajemen pendidikan serta dan sosiologi, pada bab terakhir akan membahas manajerial pendidikan dalam menghadapai pademi Covid-19. Buku juga membahas metode pembelajaran digital dan e-Learning. Buku ini mengenalkan para mahasiswa, akademisi dan masrakat umumnya dalam mempelajari konsep-konsep pembelajaran digital di dunia pendikan formal Penulis pun menyadari jika didalam penyusunan buku ini mempunyai kekurangan, namun penulis meyakini sepenuhnya bahwa sekecil apapun buku ini tetap akan memberikan sebuah manfaat bagi pembaca.

4) Sarana dan prasarana Keberadaan sarana dan prasarana disekitar sekolah sangat menunjang dalam pembangunan sekolah, diantaranya adalah kemudahan sumber ...

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam buku ini akan menguraikan secara jelas dan rinci bagaimana sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari awal sampai dengan saat ini. (Balai Pustaka)

Dalam buku ini akan menguraikan secara jelas dan rinci bagaimana sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari awal sampai dengan saat ini. (Balai Pustaka)

Katalog Alat Permainan Edukatif (APE) BOP PAUD Tiga Serangkai

Katalog Alat Permainan Edukatif (APE) BOP PAUD Tiga Serangkai

Katalog Alat Permainan Edukatif (APE) BOP PAUD Tiga Serangkai

Assesmen Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental.

PILAR-PILAR PENGEMBANGAN PAUD BERBASIS KEMANDIRIAN

Panduan praktis bagi Penilik PAUD dan GTK (Guru dan Pengelola/Kepala) PAUD

Menjadi satuan pendidikan yang berkualitas adalah obsesi semua penyelenggara dan pengelola pendidikan. Berbagai upaya dan langkah dilakukan, namun banyak yang melupakan hal mendasar yang harus dipertimbangkan oleh sebuah satuan pendidikan: yaitu membangun pondasi satuan pendidikan berbasis kemandirian. Berbekal pengalaman 10 tahun menjadi General Manajer di sebuah yayasan pendidikan, penulis merangkum apa yang telah dilakukan sehingga sebuah lembaga tidak hanya survive dalam mengeliminasi kelemahan dan move on menghadapi tantangan, namun berkembang dan menumbuhkan budaya inovatif di satuan pendidikan. Anda perlu memilikinya.

Panduan praktis bagi Penilik PAUD dan GTK (Guru dan Pengelola/Kepala) PAUD Drs. MARSUM, M.Pd. ... seseorang wajib melaksanakan pekerjaan/profesi tertentu sesuai dengan tugas dan wewenangnya, dan diangkat dengan surat keputusan yayasan.