Sebanyak 2116 item atau buku ditemukan

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam

Buku Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam ini hadir untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek penting dalam pengajaran dan pembelajaran agama Islam di lingkungan pendidikan. Buku ini diawali dengan pembahasan tentang konsep dasar pembelajaran, yang mencakup teori-teori dasar yang mendasari proses pengajaran dan pembelajaran agama Islam. Selanjutnya, buku ini mengulas proses pembelajaran dalam pendidikan Islam, yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan metode pendidikan modern, serta bagaimana kurikulum dan silabus pendidikan agama Islam disusun untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal. Pembaca juga akan diajak untuk memahami berbagai metode pembelajaran yang efektif, yang melibatkan pendekatan yang variatif untuk menarik minat siswa, seperti penggunaan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran berbasis masalah. Buku ini juga mengulas tentang implementasi pembelajaran agama Islam di sekolah, dengan menyoroti tantangan yang dihadapi oleh pendidik serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Dengan berbagai contoh penerapan metode yang sudah terbukti efektif, buku ini memberikan wawasan praktis yang dapat diterapkan langsung di ruang kelas. Tak hanya teori, buku ini juga menyajikan panduan praktis dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang mengutamakan aspek pengembangan karakter, moral, dan spiritual siswa, yang sangat relevan dengan konteks pendidikan agama Islam di era modern. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, mahasiswa, serta siapa saja yang tertarik untuk memahami dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.

Buku Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam ini hadir untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek penting dalam pengajaran dan pembelajaran agama Islam di lingkungan pendidikan.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.

... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...

Pengantar Hukum Siber Indonesia

Kehadiran buku ini didasari oleh kesadaran akan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang telah mengubah lanskap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Ruang siber, sebagai dimensi baru dalam interaksi sosial dan ekonomi, menghadirkan berbagai peluang sekaligus tantangan yang kompleks, termasuk dalam ranah hukum. Indonesia, dengan populasi digital yang terus bertumbuh dan aktivitas siber yang semakin intens, memerlukan pemahaman yang komprehensif mengenai aspek hukum yang mengatur ruang virtual ini. Buku ini hadir sebagai upaya untuk memberikan pengantar yang sistematis dan mudah dipahami mengenai konsep-konsep dasar dan isu-isu krusial dalam hukum siber Indonesia. Penulis berupaya menyajikan gambaran umum mengenai berbagai peraturan perundang-undangan yang relevan, prinsip-prinsip hukum yang mendasarinya, serta tantangan penegakan hukum di era digital. Beberapa topik utama yang dibahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep Dasar Hukum Siber, (2) Sejarah dan Perkembangan Hukum Siber, (3) Landasan Hukum dan Regulasi Hukum Siber di Indonesia, (4) Konsep dan Jenis Tindak Pidana Cyber, (5) Hukum Privasi dan Keamanan Informasi, (6) Cyberbullying dan Tindak Pidana Siber, (7) Forensik Digital, (8) E-Commerce dan Hukum Transaksi Elektronik, (9) Perlindungan Konsumen di Era Digital, (10) Pengawasan Digital (Digital Surveillance), (11) Hukum Kekayaan Intelektual Era Digital, (12) Hukum Artificial Intelligence (AI), (13) Hukum Blockchain dan Cryptocurrency, (14) Hukum Persaingan Usaha dan Monopoli Digital, (15) Hukum Media Sosial dan Etika Digital, (16) Komparasi Hukum Siber di Berbagai Negara.

... siber sering kali harus beradaptasi dengan prinsip-prinsip internasional, memperhatikan perbedaan regulasi antarnegara dan memastikan perlindungan data dan informasi di tingkat global. Daftar Pustaka Bissonette, A. M. . (2009). Cyber law ...

Transformasi Hukum

Buku Transformasi Hukum mengupas secara mendalam perubahan-perubahan signifikan dalam sistem hukum yang dipicu oleh kemajuan teknologi digital. Mulai dari evolusi paradigma hukum, tantangan baru regulasi, hingga penerapan e-justice dan sistem peradilan berbasis teknologi. Buku ini membahas pula bagaimana hukum dapat menjadi alat pemberdayaan masyarakat digital melalui literasi hukum, jaminan keamanan digital, hingga perlindungan terhadap inovasi dan kewirausahaan berbasis teknologi. Tidak hanya fokus pada dimensi teoretis, buku ini juga menyajikan realitas praktis mengenai penegakan hukum di ruang siber, tata kelola digital oleh pemerintah, hingga regulasi ekonomi digital dan UMKM. Penulis mengajak pembaca untuk memahami peran hukum sebagai fondasi dalam membentuk masyarakat digital yang inklusif, adil, dan beretika. Dengan demikian, buku ini sangat relevan dibaca oleh mahasiswa, akademisi, pembuat kebijakan, hingga masyarakat umum yang peduli terhadap masa depan hukum di era transformasi digital.

... siber seperti peretasan, penipuan daring, dan penyebaran informasi palsu. Keberadaan hukum siber sangat penting ... Cyber Law Cyber Law atau Hukum Siber adalah cabang hukum yang mengatur dan memberikan landasan hukum terhadap ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan. Tentu urgensinya keadaan bangsa yang saat ini masih krisis sumber daya manusia yang berkualitas. Peringkat daya saing Indonesia turun dari peringkat 37 pada 2021 ke peringkat 44 pada 2022 (Survei World Competitiveness Yearbook (WCY) 2022 yang dilakukan oleh Institut Management Development (IMD), Swiss. Realita ini berhubungan dengan kualitas sumber daya manusia yang juga secara langsung terhubung dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Realita ini akhirnya menuntut pada suatu inovasi, kreasi serta manajemen yang harus dilakukan agar peningkatan sumber daya manusia meningkat signifikan. Buku ini, akan menuntun pembaca pada sebuah inovasi, kreasi dan manajemen yang secara signifikan mampu meningkatkan sumber daya manusia.

Memanajemen pendidikan bisa diartikan dengan kepemimpinan ataupun proses merancang program pendidikan.

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara memiliki peran yang sangat strategis dalam dinamika perkembangan hukum di negara kita tercinta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seiring dengan dinamisasi yang ada dalam kehidupan demokrasi yang ada. Buku Hukum Tata Negara ini dapat digunakan sebagai acuan perkuliahan Hukum Tata Negara sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas Hukum. Buku ini juga dapat digunakan oleh pengajar atau pengampu mata kuliah Hukum Tata Negara dalam menyusun materi perkuliahan selama satu semester. Tidak hanya untuk kalangan akademisi dan mahasiswa, buku Hukum Tata Negara ini juga bisa dijadikan literatur oleh masyarakat umum dalam memahami dan mendalami keilmuan hukum khususnya Hukum Tata Negara. Buku ini spesial mengandung substansi 18 Bab yaitu Pengantar Hukum Tata Negara, Konstitusi dan Prinsip-Prinsip Konstitusi, Kedaulatan Negara, Pemisahan Kekuasaan, Negara Hukum, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia, Sistem Pemerintahan, Lembaga Negara, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, Pemerintahan Daerah dan Otonomi Daerah, Partai Politik dan Pemilihan Umum, Proses Pembuatan Perundang Undangan, Kewarganegaraan Indonesia, Konflik Antara Lembaga Negara, Konflik Antara Pusat dan Daerah, Peradilan Tata Negara, Perjanjian Internasional dan Konstitusi, Tantangan dan Perkembangan Terkini dalam Hukum Tata Negara.

... Tata Negara Indonesia. Jakarta: Konstitusi Press. Tate, C. Neal , Fellman, . David , Shugart, . Matthew F. and Bognetti, . Giovanni. (2023). constitutional law. In Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/topic/constitutional-law ...

Hukum Tata Negara : Teori dan Penerapan Hukum Tata Negara di Negara Demokrasi

Teori dan Penerapan Hukum Tata Negara di Negara Demokrasi

Buku ini adalah salah satu buku referensi yang membahas prinsip, teori, dan implementasi hukum tata negara dalam sistem demokratis. Diawali dengan definisi, ruang lingkup, serta sejarah perkembangannya, buku ini menguraikan fungsi hukum tata negara dalam mengatur sistem ketatanegaraan. Selain itu, konsep dasar negara, unsur-unsurnya, bentuk-bentuk pemerintahan, kedaulatan, serta prinsip negara hukum dan demokrasi dibahas secara mendalam. Pemahaman ini penting untuk menelaah bagaimana hukum tata negara berperan dalam membangun negara yang stabil dan berkeadilan. Bab selanjutnya mengulas struktur organisasi negara, termasuk kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, serta tugas dan tanggung jawabnya. Peran lembaga negara dan kewenangan konstitusionalnya dalam menjaga keseimbangan demokrasi juga dikupas. Dengan pendekatan teoritis dan aplikatif, buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa, akademisi, serta praktisi hukum dalam memahami sistem ketatanegaraan dan penerapannya dalam dinamika pemerintahan demokratis.

... Constitutional Law of India, Eastern Book Company, 2013. M. Tushnet, Taking the Constitution Away from the Courts, Princeton University Press, 1999. Marshanda, A. (2022). Konstitusi ... Laws. Cambridge University HUKUM TATA NEGARA 103.

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan bentuk evaluasi yang mendidik. Maka istilah evalusi pendidikan dimaknai sebagai proses untuk menentukan tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi bentuk evaluasi yang diberikan kepada siswa harus sesuai prinsip dan prosedur UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya buku ini sedikit banyak akan memaparkan konsep evaluasi pendidikan sesuai kontekstual pendidikan agama Islam masa kini. Ada berbagai tingkat pendidikan yang dikemas dalam buku ini. Harapannya buku ini mampu membuka pemikiran pembaca untuk menciptakan peluang dan solusi menghadapi tantangan evaluasi pendidikan saat ini.

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian.