Sebanyak 73 item atau buku ditemukan

Metode Statistika Multivariat Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Pemodelan Persamaan Struktural (SEM)

Ketersediaan buku teks statistika di Indonesia, khususnya analisis multivariat dengan penekanan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan pendekatan GSCA, yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan cara interpretasi print out hingga membahas hasil analisis secara memadai masih belum banyak ditemukan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, buku ini ditulis, dengan melakukan pengembangan dari modul yang telah digunakan beberapa kali dalam kegiatan pendidikan pelatihan, semiloka, dan workshop. Beberapa umpan balik dari peserta pendidikan pelatihan, semiloka, dan workshop diyakini memberikan sumbangsih perbaikan yang sangat berarti dalam penulisan buku ini. Saran-saran tentang teknis tata tulis dapat membuat buku ini mudah dipahami, sedangkan saran-saran yang bersifat substantif menjadi inspirasi diberikannya ilustrasi mulai dari proses analisis, interpretasi print out, dan cara melakukan pembahasan hasil secara memadai. Inspirasi penulisan buku ini bersumber dari pengalaman penulis dalam memberikan bimbingan dan konsultasi kepada mahasiswa S2 dan S3 di bidang Manajemen, Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Publik, Ilmu Ekonomi, Kedokteran, dan lain-lain, di berbagai perguruan tinggi. Kegiatan perkuliahan pada progam Magister (S2) dan Doktor (S3) pada beberapa bidang dan di berbagai perguruan tinggi, juga menjadi sumber inspirasi penulisan buku ini. Dorongan dari sejawat dosen, terutama di PDIM FEB UB, PDIM FE UNMUL, dan di MM UNUD, juga sangat menginspirasi untuk segera merealisasikan penulisan buku ini. Metode analisis ini sangat bermanfaat pada penelitian yang menyidik tentang sistem, dengan melibatkan multivariabel, multihubungan dan berjenjang, serta variabel laten. Kekuatan utamanya adalah mampu menganalisis model indikator refektif, atau formatif, dan atau campuran. Di samping itu, metode GSCA mempunyai keunikan dapat digunakan untuk menganalisis model tidak rekursif yang di dalamnya ada hubungan resiprokal (saling memengaruhi). Berkembangnya analisis variabel moderasi multigrup juga dibahas di dalam buku ini. Hadirnya buku ini juga dimaksudkan untuk menambah sumber dan bahan bacaan tentang metode kuantitatif bagi para mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3 pada berbagai bidang keilmuan. Bagi para sejawat dosen, buku ini dapat digunakan sebagai sumber dan bahan bacaan untuk pengayaan metode kuantitatif. Demikian halnya bagi para peneliti di berbagai lembaga, organisasi, dan instansi serta perusahaan, juga dapat menggunakan buku ini sebagai sumber dan bahan bacaan serta acuan tentang metode analisis data kuantitatif.

Ketersediaan buku teks statistika di Indonesia, khususnya analisis multivariat dengan penekanan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan pendekatan GSCA, yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan cara interpretasi print out ...

Pengembangan Pembelajaran Matematika MI/SD: RPP dan Media

Buku ini secara garis besar adalah contoh RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika MI dengan bermacam-macam tema pembahasan dan kelas yang dilengkapi dengan berbagai metode, model, dan media pembelajaran, sehingga buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan panduan bagi guru yang hendak mengajar Matematika di kelas. Penulis yakin bahwa buku ini jauh dari kata sempurna. Meskipun demikian penulis berharap buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan penulis memohon kritik dan saran jika terdapat kekurangan. Terima kasih

Buku ini secara garis besar adalah contoh RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika MI dengan bermacam-macam tema pembahasan dan kelas yang dilengkapi dengan berbagai metode, model, dan media pembelajaran, sehingga buku ini diharapkan ...

28 Cara Senang Belajar Matematika

Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar

Kumpulan makalah yang berisi pengembangan konsep, media, metode, dan inovasi pembelajaran matematika untuk guru SD, SMP, dan SMA. Siswa pun mampu memahami matematika dengan mudah.

Saran Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi yang sangat pesat ... pembelajaran atau alat bantu untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di ...

Kalkulus Diferensial Pendekatan Blended Learning

Buku ajar Kalkulus Diferensial disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus maupun matematika dasar. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar mandiri tanpa perlu mendengarkan langsung penjelasan materi dari pengajar atau dosen. Hal tersebut karena dalam buku ini setiap teori dijelaskan dengan sangat terperinci, setiap contoh diberikan tahapan yang detail dengan penjelasan setiap langkah-langkah. Penulis berharap pembaca dapat memahami setiap materi yang diberikan dalam setiap bab dengan belajar mandiri di mana pun mahasiswa berada. Isi buku yang ringan, jelas dan terperinci dimaksudkan penulis karena buku ini dikembangkan untuk pembelajaran online atau blended learning yang mampu menjangkau segala tingkatan kemampuan mahasiswa. Diharapkan buku ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menguasai materi diferensial yang sangat berguna baik dalam kehidupan nyata maupun untuk menunjang mata kuliah lainnya yang menerapkan diferensial. Ke depannya penulis akan melanjutkan buku ini untuk kalkulus diferensial jilid 2 yang berisi tentang penerapan diferensial.

Buku ajar Kalkulus Diferensial disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus maupun matematika dasar.

Model Pembelajaran Matematika Situation-Based Learning di Sekolah Dasar

Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL. Buku ini dilengkapi dengan contoh RPP dan LKS (bahan ajar) pada kelas 4 dan kelas 5, untuk materi geometri yang di desain berdasarkan karakteristik SBL. Selain itu, dalam buku ini juga dilampirkan lembar observasi untuk kegiatan guru dan siswa terkait pelaksanaan proses pembalajaran SBL. Hal ini bertujuan, supaya guru dan siswa memiliki rambu-rambu kegiatan apa saja yang harus dilakukan ketika diterapkannya pembelajaran SBL.

Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL.

Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran dengan Konsep Sibaliparriq sebagai Model Pembelajaran

Buku ini merupakan produk dari penelitian “Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran Dengan Konsep Sibalippariq Sebagai Model Pembelajaran”. Buku ini menjadi acuan penerapan pada mata kuliah Trigonometri pada Program Studi Pendidikan Matematika yang akan diujicobakan di Universitas Al Asyariah Mandar, Universitas Hasanuddin dan Universitas Muhammadiyah Makassar. Buku ini terdiri dari 4 bab, yakni: (1) Pengertian Desain Pembelajaran, (2) Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran Trigonometri, (3) Mengembangkan Bahan Ajar Trigonometri Terintegraasi Alquran, (4) Mengembangkan Model Pembelajaran Kooperatif berbasis nilai Sibaliparriq, (5) Mengembangkan instrumen penilaian, (6) Hasil Validasi Desain Pembelajaran Trigonometri Terintegrasi Alquran Dengan Konsep Sibalippariq Sebagai Model Pembelajaran.

Buku ini terdiri dari 4 bab, yakni: (1) Pengertian Desain Pembelajaran, (2) Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran Trigonometri, (3) Mengembangkan Bahan Ajar Trigonometri Terintegraasi Alquran, (4) Mengembangkan Model Pembelajaran ...

Statistika Ekonomi

Konsep, Teori, dan Penerapan

Sistematika materi yang ditulis dalam buku ini meliputi: Bab 1. Dasar-dasar Statistika Bab 2. Pengumpulan, Pengolahan , dan Penyajian Data Bab 3. Ukuran Pemusatan Data Bab 4. Ukuran Penyebaran Data Bab 5. Angka Indeks Bab 6. Analisis Deret Berkala Bab 7. Probabilitas Bab 8. Regresi dan Korelasi Bab 9. Hipotesis dan Pengujian Hipotesis Bab 10. Analisis Varian (ANOVA)

Sistematika materi yang ditulis dalam buku ini meliputi: Bab 1.

Ekonometrika Spasial Terapan dengan R

Ruang lingkup ekonometrika adalah pemodelan yang berdasar pada data cross section, deret waktu atau panel. Posisi relatif satu unit cross section terhadap unit cross section yang lainnya belum dilibatkan. Jika informasi lokasi atau posisi relatif antarunit pengamatan memegang peranan penting untuk menjelaskan fenomena yang diamati, maka asumsi kebebebasan (antargalat) yang diperlukan di dalam regresi klasik tidak lagi terpenuhi. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan perkembangan statistika spasial, berkembang pulalah ekonometrika spasial di mana informasi lokasi mulai dilibatkan di dalam pemodelan. Ketergantungan spasial dan heterogenitas spasial adalah sifat utama yang mendasari perlunya dilibatkan unsur lokasi di dalam model. Diperlukan pendefinisian matriks pembobot spasial yang menggambarkan konfigurasi posisi relatif satu unit cross section dengan unit cross section yang lain. Matriks ini dapat dibentuk berdasarkan konsep jarak maupun konsep kontiguitas. Model ekonometrika spasial mengasumsikan bahwa variabel respons tidak hanya dipengaruhi oleh prediktor di lokasi yang sama, akan tetapi dapat saja dipengaruhi oleh respons di lokasi tetangga, variabel prediktor di lokasi tetangga, ataupun oleh faktor-faktor tak terjelaskan yang juga berasal dari lokasi tetangga. Pemodelan yang paling kompleks mengakomodasi ketiga sumber interaksi spasial tersebut, dan di dalamnya bersarang model-model yang lebih sederhana. Semua model menggunakan MLE sebagai metode pendugaan, hanya saja ketika MLE menghadapi masalah komputasi, dapat pula digunakan metode lain (TSLS, FGLS, atau GS2SLS) di dalam pendugaan parameter. Buku ini menggunakan data BPS tahun 2014 mengenai konsumsi bukan makan dan PDRB per kapita pada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai ilustrasi. Pembentukan peta sederhana dari wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur, pembentukan matriks pembobot spasial, beserta pendugaan parameter model, diilustrasikan dengan menggunakan R.

Format perintah yang diperlukan adalah: moran.test(konsumsi,w_dneg) dengan hasil uji: Moran I test under randomisation data: konsumsi weights: w_dneg Moran 62 | Ekonometrika Spasial Terapan ...

Perencanaan Pembelajaran Matematika

Buku ajar ini dimaksudkan sebagai referensi kepada mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Isi buku ajar ini dipilah dan disesuaikan dengan yang diajarkan pada setiap pertemuan perkuliahan. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi bahan bacaan/rujukan bagi para pembaca yang berminat mempelajari pembelajaran Matematika, terutama yang berprofesi sebagai guru atau calon guru. Pembahasan materi dalam buku ini disusun dalam bentuk yang sangat sederhana dan disertai contoh-contoh yang spesifik untuk pembelajaran Matematika. Hal ini dilakukan agar dapat mudah dipelajari dan dipahami serta praktis digunakan dalam pembelajaran Matematika. Pada pelaksanaan pembelajaran siswa perlu berinteraksi dengan berbagai hal yang dapat menjadi sumber belajar. Sumber belajar sangat penting bagi siswa untuk memberi pengalaman sebagai proses pembentukan pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Adanya pengalaman atau pengetahuan awal siswa merupakan dasar dalam mempelajari bahan yang akan diajarkan. Kemudian materi pelajaran yang bersifat praktis dan berhubungan dengan kehidupan nyata akan menarik minat dan sekaligus dapat memotivasi belajar. Dan selanjutnya, strategi yang dipilih guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran sangat ditentukan oleh pemahaman guru terhadap teori belajar yang mendasarinya.

karena itu, diperlukan suatu perencanaan yang diwujudkan dalam suatu desain
pembelajaran. Asumsi berikutnya yaitu, karena pembelajaran dipandang
sebagai suatu sistem maka perencanaan yang dilakukan juga perlu
menggunakan ...

Pengembangan kurikulum matematika

Developing mathematics curriculum in Indonesia; theoritical and historical studies.

Dalam kaitan dengan pilar " learning to do ” , siswa pada pendidikan dasar ( SD /
MI dan SLTP / MTs DAN SMA / MA ) didorong melaksanakan proses Matematika
( doing math ) mulai dari yang sederhana dan secara bertahap meningkat ke ...