Sebanyak 324 item atau buku ditemukan

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Paragraf

Pemikiran utuh dan padu seseorang dicerminkan melalui paragraf yang disusunnya. Paragraf yang susunannya baik mencerminkan pemikiran yang utuh dan padu. Pemikiran yang tak utuh dan tak padu terlihat pada paragraf yang kurang baik susunannya. Supaya seseorang mampu merumuskan pemikiran yang utuh dan padu dalam bahasa Indonesia diperlukan penguasaan paragraf bahasa Indonesia. Bagaimanakah caranya? Penguasaan paragraf bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan belajar dan berlatih menyusun dan mengembangkan paragraf. Untuk memenuhi kebutuhan itu, buku Paragraf ini dapat membantu pembaca. Buku yang merupakan kelanjutan dari buku Kosakata dan Kalimat ini mengajak pembaca mempelajari unsur-unsur, syarat-syarat, macam-macam, dan teknik-teknik menyusun dan mengembangkan paragraf bahasa Indonesia yang baik. Di samping itu, juga mengajak pembaca berlatih menerapkan hal tersebut untuk menghasilkan paragraf yang baik. Semua uraian diusahakan ringkas, jelas, dan sederhana dengan disertai contoh. Buku ini dapat dipakai oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin terampil menyusun dan mengembangkan paragraf bahasa Indonesia dalam rangka menata pemikiran yang utuh dan padu.

Pemikiran utuh dan padu seseorang dicerminkan melalui paragraf yang disusunnya.

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Kalimat

Susunan kalimat bahasa Indonesia menggambarkan kadar kebenaran, ketepatan, ketertiban, dan kerapian pikiran, gagasan, dan rasa kita. Di samping itu, juga tingkat keefektifan dan kebernasan kalimat. Hal itu memudahkan keberterimaan pikiran, gagasan, dan rasa kita bagi orang lain selain mendukung keberhasilan komunikasi. Dalam tulis-menulis, peranan kalimat tersebut sangat menentukan. Oleh sebab itu, betapa penting penguasaan kalimat bahasa Indonesia untuk tulis-menulis, sebagai kesinambungan penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Buku Kalimat ini, yang merupakan kelanjutan buku Kosakata, membantu pembaca menguasai kalimat bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis. Dalam buku ini, pembaca diberi penjelasan, diajak berlatih, dan dipandu untuk memahami dan menata kalimat tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan rasa. Sebelum diajak berlatih menyusun atau menata kalimat, pembaca diajak memahami bagaimana pembentukan kalimat, unsur dan jenis kalimat, dan kalimat efektif. Uraiannya diusahakan praktis, ringkas, dan sederhana. Dengan demikian, diharapkan buku ini dapat meningkatkan keterampilan pembaca dalam menyusun kalimat untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan rasa dalam bentuk tulisan. Buku ini dapat digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin meningkatkan keterampilan berkalimat bahasa Indonesia dalam rangka menata pemikiran yang utuh dan padu.

Susunan kalimat bahasa Indonesia menggambarkan kadar kebenaran, ketepatan, ketertiban, dan kerapian pikiran, gagasan, dan rasa kita.

TERAMPIL DAN KREATIF BERBAHASA INDONESIA dengan model belajar terintegrasi

Buku ini diberi judul Terampil dan Kreatif: Berbahasa Indonesia karena usaha ingin menyajikan materi belajar bahasa Indonesia yang mudah dan menarik. Materi bahasa Indonesia yang bisa membuat mahasiswa mudah memahami dan tertarik untuk mengembangkannya menjadi suatu keterampilan yang khas, yaitu keterampilan dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk bisa mengakses dan menyampaikan ilmu pengetahuan. Di sinilah, materi bahasa Indonesia dalam buku ini disajikan dalam model komunikatif dari teknik penyampaian materinya dan praktik keterlibatan langsung mahasiswa dalam pengembangan keterampilan membaca dan menulis. Untuk itu, membaca dengan menyenangkan materi ini dan mengembangkan materi dengan praktik langsung dalam membaca dan menulis menjadi tujuan utama buku ini.

Buku ini diberi judul Terampil dan Kreatif: Berbahasa Indonesia karena usaha ingin menyajikan materi belajar bahasa Indonesia yang mudah dan menarik.

Analisis Pengelolaan Dan Kebijakan Pendidikan/Pembelajaran

Agar pendidikan berjalan efektif dan optimal tentu saja memerlukan pengelolaan. Mengelola pendidikan tak terpisah dengan adanya kebijakan. Kebijakan bisa melahirkan sebuah aturan atau kebijakan itu merupakan instrumen untuk mengawal agar suatu aturan bisa diimplementasikan. Seiring waktu, pendidikan pu berkembang. Oleh karena itu, upaya pengelolaan dan kebijakan terhadap pendidikan tak bisa jalan di tempat atau status quo sehingga diperlukan analisis terhadap pengelolaan dan kebijakan pendidikan melalui cara sistematis berangkat dari kajian teori dan analisis terapan baik dalam dimensi pendidikan secara umum, maupun pada pembelajaran. Alasan itulah yang membuat buku ini perlu dicermati dan dipelajari.

Agar pendidikan berjalan efektif dan optimal tentu saja memerlukan pengelolaan.

Menulis Berita di Media Massa dan Produksi Feature

Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai semacam kenangan semangat kepada ayahanda penulis yang banyak memberikan dorongan contoh-contoh kehidupan ketika seseorang harus memilih dunia jurnalistik dan komunikasi sebagai bagian kehidupan akan pengabdiannya.

Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai semacam kenangan semangat kepada ayahanda penulis yang banyak memberikan dorongan contoh-contoh kehidupan ketika seseorang harus memilih dunia jurnalistik dan komunikasi sebagai bagian kehidupan akan ...

Dasar-dasar Jurnalistik

Cara Mudah Menulis, Membuat Buletin dan Mading

Panduan dasar untuk menulis baik menulis artikel op-ed di media cetak dan online atau menulis laporan jurnalistik di koran, majalah, buletin atau majalang dinding (mading). Untuk pembelian buku versi cetak, dapat memesan via WA ke: 0815-5325-6855 atau email ke [email protected]. Kalau lokasi Anda di Malang raya, bisa langsung membeli di pertokoan dalam kompleks pesantren Al-Khoirot (Toko Santri, Faza, Toko Putri). Daftar Isi KATA PENGANTAR Kata Pengantar .............................................. v Daftar isi ......................................................... ix BAB I Dasar-dasar Jurnalistik .................................... 1 Dafinisi ............................................................ 1 Tipe Jurnalistik ................................................ 1 Penulisan Berita ............................................... 2 Perbedaan antara Berita, Artikel dan Feature... 3 BAB II Berita ............................................................... 4 Definisi ............................................................ 4 Hard News (Berita Langsung) ......................... 4 Unsur Penulisan Berita Hard News.................. 4 Uraian unsur 5W+1H ..................................... 6 Anatomi Berita ................................................ 7 In Depth News (Berita Mendalam) ................ 7 Proses Pembuatan Berita (News Prosesing) .... 9 ix Struktur Berita ............................................... 10 Piramida Terbalik .......................................... 10 Piramida Bertumpuk ...................................... 11 Struktur Bebas ............................................... 11 BAB III Opini .............................................................. 12 Membuat artikel opini ................................... 13 Teknis Dasar Menulis Artikel Opini ............. 13 Panjang Tulisan Artikel Opini ....................... 14 Metode Pengutipan ......................................... 14 Mengutip dari buku........................................ 14 Membuat Artikel Editorial (tajuk rencana) ... 15 Tahapan menulis Tajuk Rencana .................. 15 Kriteria topik tajuk rencana............................ 16 Judul tajuk rencana......................................... 16 Teori ANSFA dan teori SEES …................... 17 ANSVA.......................................................... 18 SEES............................................................... 18 BAB IV Features .......................................................... 18 Jenis-jenis feature .......................................... 19 Cara Menulis Feature..................................... 20 Lead................................................................ 20 Inventarisasi Jalan Cerita dan Peristiwa......... 20 x Badan Berita................................................... 21 Tips Menulis Feature ..................................... 21 BAB V Wawancara..................................................... 23 Teknik wawancara bisa dikelompokkan menjadi dua (2) bagian. 23 Tips untuk menunjang suksesnya sebuah wawancara 23 Persiapan Wawancara..................................... 25 Langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kesalahan fakta 27 BAB VI Menulis Esai atau Makalah ........................... 29 Proses dalam menulis sebuah Esai atau Makalah 29 Isi Esai ........................................................... 31 Sistem Pengutipan dan Rujukan Sumber ...... 33 Istilah ibid, op.cit dan loc.cit.......................... 36 Madding ......................................................... 39 BAB VII Cerpen ............................................................ 43 Tema .............................................................. 43 Alur cerita ...................................................... 44 Karakter .......................................................... 44 xi Sepenggal kisah hidup .................................... 44 Penggunaan kata ............................................ 45 Impresi ........................................................... 45 Kejutan .......................................................... 46 Konklusi ........................................................ 46 BAB VIII Tanda Baca .................................................... 47 Tanda titik (.) ................................................. 47 Tanda Koma (,) .............................................. 51 Tanda Titik Koma (;) ..................................... 55 Tanda Titik Dua (:) ........................................ 56 Tanda Hubung (-) .......................................... 58 Tanda Pisah (–, —)......................................... 60 Tanda Elipsis (…) .......................................... 61 Tanda Tanya (?) ............................................. 62 Tanda Seru (!) ................................................ 63 Tanda Kurung ((...))........................................ 64 Tanda Kurung Siku ([...])............................... 66 Tanda Petik ("...")........................................... 67 Tanda Petik Tunggal ('...').............................. 69 Tanda Garis Miring (/).................................... 69 Tanda Penyingkat (Apostrof) (')..................... 71 BAB IX Pemakaian Koma ........................................... 72 xii Kata dan Frasa yang Diikuti Koma................ 72 Kata-kata yang Didahului Koma (,) .............. 74 Kata-kata yang Tidak Didahului Koma.......... 75 Bibliografi ...................................................... 76

Daftar Isi KATA PENGANTAR Kata Pengantar .............................................. v Daftar isi ......................................................... ix BAB I Dasar-dasar Jurnalistik .................................... 1 Dafinisi ...

Jurnalistik Online

Panduan Mengelola Media Online

Sebuah buku dasar yang pantas dibaca oleh pemula, mahasiswa komunikasi atau mahasiswa fakultas lain dan bisa dijadikan pedoman kerja oleh para jurnalis independen pengelola blog-personal maupun blog-komunitas.

Sebuah buku dasar yang pantas dibaca oleh pemula, mahasiswa komunikasi atau mahasiswa fakultas lain dan bisa dijadikan pedoman kerja oleh para jurnalis independen pengelola blog-personal maupun blog-komunitas.

Bahasa Jurnalistik

Aplikasinya Dalam Penulisan Karya Jurnalistik Di Media Cetak, Televisi, Dan Media Online

Bahasa jurnalistik adalah alat yang digunakan para jurnalis untuk mengartikulasikan fakta dan realitas yang terjadi. Selanjutnya, melalui bahasa jurnalistik tersebut, fakta dan realitas itu diteruskan kepada masyarakat untuk dikonsumsi dalam bentuk berita maupun karya-karya jurnalistik lainnya. Bahasa jurnalistik memungkinkan pers menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik kepada masyarakat. Fungsi pendidikan, informasi, hiburan, persuasi, kontrol sosial, dan lainnya tidak mungkin terlaksana jika tidak dikomunikasikan dengan bahasa jurnalistik. Sebab, bahasa jurnalistik tidak hanya membahas tentang tanda baca, huruf, kata, kalimat, atau pun paragraf. Lebih jauh dari itu, bahasa jurnalistik bicara tentang aturan, etika, karakteristik, dan lainnya. Buku ini berjudul “Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya dalam Penulisan Karya Jurnalistik di Media Cetak, Televisi, dan Media Online”. Pemberian judul agar pembaca memahami bagaimana praktik berbahasa tidak hanya di karya jurnalistik berita (news) tetapi karya jurnalistik berbentuk opini (views). Di sisi lain, berbagai buku bahasa jurnalistik yang beredar di pasaran hanya mengeksplorasi aspek berbahasa dalam jurnalistik semata– yang bahkan cenderung mengarah ke pembahasan Bahasa Indonesia–tanpa menunjukkan secara praktikal penggunaannya untuk berbagai karya jurnalistik dan media jurnalistik (surat kabar/majalah, televisi, radio, dan media online) yang ada. Padahal dua faktor tersebut (faktor karya jurnalistik dan media jurnalistik) memberikan ciri pembeda dalam praktik penggunaan bahasa jurnalistik. Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya Dalam Penulisan Karya Jurnalistik Di Media Cetak, Televisi, Dan Media Online

Sebab, bahasa jurnalistik tidak hanya membahas tentang tanda baca, huruf, kata, kalimat, atau pun paragraf. Lebih jauh dari itu, bahasa jurnalistik bicara tentang aturan, etika, karakteristik, dan lainnya.

Perencanaan Bahasa dan Sastra Indonesia

Studi mengenai perencanaan bahasa dan sastra Indonesia, baik perspektif teoretis, metodologis, dan praktis. Studi perencanaan bahasa dan sastra Indonesia urgen dilakukan dalam rangka pemertahanan dan pelesatarian bahasa dan sastra Indonesia. Buku ini cocok untuk mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memprogram matakuliah penelitian perencanaan bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, buku ini juga bisa digunakan oleh khalayak pecinta bahasa dan sastra Indonesia.

Studi mengenai perencanaan bahasa dan sastra Indonesia, baik perspektif teoretis, metodologis, dan praktis.