Sebanyak 3423 item atau buku ditemukan

Geliat Technopreneurship (Kewirausahaan Berbasis Teknologi)

Buku Ajar Penuntun Perkuliahan Kewirausahaan

Geliat Technopreneurship (Kewirausahaan berbasis Teknologi): Buku Ajar Penuntun Perkuliahan Kewirausahaan ini merupakan buku yang sederhana di mana membahas bisnis technopreneurship dengan pendekatan praktis. Buku ini dilengkapi dengan teori mendasar, contoh bisnis yang bisa diterapkan dan berbagai kegiatan bisnis online dan e-commerce yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan literatur kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship). Setiap bab di dalam buku ini disertai dengan contoh kasus dan contoh nyata di kehidupan sehari-hari sehingga bisa diimplementasikan dengan mudah oleh para calon pelaku bisnis khususnya bisnis online. Seluruh contoh bisnis di dalam buku ini dilengkapi dengan contoh teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan bisnis yang yang akan dilaksanakan khususnya bisnis dengan bantuan teknologi. Seluruh contoh bisnis berbasis teknologi juga dilengkapi dengan penjelasan secara mendalam tentang bagaimana proses, cara melakukan bisnis, dan bagaimana teknik yang bisa diterapkan untuk membuat bisnis tersebut berhasil sesuai apa yang diharapkan. Seluruh teori dan sudut pandang bisnis berbasis teknologi di dalam buku ini sudah mengacu kepada teknologi bisnis terbaru. Pembahasan di dalam buku ini dilakukan secara sistematis, aplikatif, dan berdasarkan sudut pandang bisnis berbasis teknologi terkini. Sehingga buku ini diharapkan mampu membantu para mahasiswa, praktisi bisnis, dan seluruh masyarakat pada umumnya yang berkepentingan terhadap dunia bisnis online, dan bisnis technopreneurship. Buku Geliat Technopreneurship ini merupakan bagian dari luaran pengembangan bahan ajar berupa buku ajar melalui Hibah Pengabdian Masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Bab 1 Trend Kewirausahaan berbasis Teknologi (Technopreneurship) Bab 2 UMKM di Bidang Kue dan Makanan Ringan berbasis Online Bab 3 Strategi dan Teknik Pemasaran untuk UMKM berbasis Online Bab 4 Manajemen Usaha Technopreneur Bab 5 Strategi Pemasaran dan Penggunaan Media Pemasaran untuk Technopreneur Bab 6 Contoh Wirausaha Penjualan Makanan Ringan dengan Memanfaatkan Media Promosi Online

Buku Ajar Penuntun Perkuliahan Kewirausahaan Riana Mayasari, Indra Griha Tofik Isa. adalah seorang pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu untuk mendapatkan kebaikan di masa yang akan datang. Hasil akhir atas berbuat seseuatu ...

BISNIS & KEWIRAUSAHAAN

Pada dasarnya, semua orang bisa dan berhak menjadi wirausaha. Kewirausahaan merupakan hal yang sangat penting untuk disusun sebelum seseorang memutuskan untuk membangun sebuah bisnis. Wirausaha juga merupakan profesi yang penuh resiko. Sedikit kesalahan dapat membawa bentuk kerugian yang luar biasa. Kewirausahaan penting untuk dipikirkan bagi seseorang yang ingin sukses. Untuk menjadi seorang wirausahawan, semestinya harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa usaha yang hendak dibangunnya. Buku ini bisa bermanfaat terutama bagi pebisnis pemula dan mahasiswa sebagai bahan bacaan dan inspirasi. Dalam buku ini juga dibahas mengenai kewirausahaan dengan berbagai tujuan kewirausahaan supaya seorang wirausaha dapat membangun bisnis dalam mewujudkan mimpi sebagai wirausaha sukses.

Dalam buku ini juga dibahas mengenai kewirausahaan dengan berbagai tujuan kewirausahaan supaya seorang wirausaha dapat membangun bisnis dalam mewujudkan mimpi sebagai wirausaha sukses.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI

Bidang Keahlian Pariwisata, Program Keahlian Tata Kecantikan, Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Tata Kecantikan Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia tata kecantikan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Karakter kewirausahaan • Peluang usaha dan jasa • Dokumen administrasi usaha • Kebutuhan sumber daya usaha • Sistem produksi usaha • Pelayanan usaha • Media promosi untuk pemasaran • BEP dan keuntungan usaha Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills ) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, esai, dan tugas proyek. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang tata kecantikan. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Tata Kecantikan Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.

KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) DALAM PANDANGAN ISLAM (HISTORIS-POLITIK DAN EKONOMI)

Data BPS pada bulan Februari 2019 menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terbuka yang merupakan lulusan universitas mencapai 839.019 orang atau 12% dari total pengangguran yang mencapai 6.816.840 orang. Hal tersebut menekankan bahwa lulusan perguruan tinggi tidak bisa lagi sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, akan tetapi dibutuhkan kemampuan dan keterampilan bagi lulusan universitas sehingga dapat terserap ke dunia industri/usaha. Salah satu langkah alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan jiwa wirausaha pada mahasiswa. Universitas sebagai lembaga pendidikan harus turut berperan aktif untuk membangun dan mengarahkan mahasiswanya untuk bergerak dalam dunia wirausaha sebagai upaya menangani masalah pengangguran para lulusannya. Buku yang ada di hadapan pembaca ini menjelaskan mengenai kewirausahaan, analisis bisnis dan studi kelayakan bisnis, aspek pasar dan pemasaran, konsep bisnis dan waralaba, membangun jaringan bisnis dalam persaingan global, nilai-nilai dan etika bisnis dalam agama Islam, serta kewirausahaan dalam perspektif Islam.

Data BPS pada bulan Februari 2019 menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terbuka yang merupakan lulusan universitas mencapai 839.019 orang atau 12% dari total pengangguran yang mencapai 6.816.840 orang.

Smart Economy

Kewirausahaan UMKM 4.0

Buku ini mendiskusikan potret kewirausahaan kita di era digitalisasi. Ditulis dengan bahasa yang renyah, buku ini menyajikan analisis yang tajam bagaimana usaha kecil & menengah (UMKM) di Indonesia dapat menerobos peluang dan tantangan industri 4.0. Boleh dikata, buku inilah yang mengawali diskursus enterpreneurship ekonomi rakyat di negara kita di tengah gejolak zaman yang sangat dinamis. Digitalisasi memang telah mengubah banyak hal, dan metode kerja usaha rakyat yang selama ini mentradisi kini mulai terdisrupsi dengan kecanggihan teknologi informasi dan internet. UMKM 4.0 dengan begitu harus berbenah diri dan adaptif dengan akselerasi teknologi manusia modern. Buku ini berhasil menghadirkan diskusi yang menarik tentang transformasi kewirausahaan UMKM 4.0. Selamat membaca.

Buku ini mendiskusikan potret kewirausahaan kita di era digitalisasi.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengecoran Logam

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Mesin Kompetensi Keahlian Teknik Pengecoran Logam. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pengecoran logam yang mengacu pada Kurikulum 2013 revisi tahun 2017. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Sikap dan perilaku wirausahawan • Peluang usaha produk barang/jasa • Hak atas kekayaan intelektual • Konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa • Proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa • Lembar kerja/gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa • Biaya produksi prototype produk barang/jasa • Proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa • Pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, esai, dan tugas proyek. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang teknik pengecoran logam. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat memasuki dunia kerja.

... KomuniNasi, dan/atau Penggandaan; c. pengambilan berita aNtual, baiN seluruhnya maupun sebagian dari Nantor berita, ... pendidiNan, penelitian, penulisan Narya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan NritiN atau tinjauan suatu masalah ...

Pendidikan Kewirausahaan

Teori untuk Pembuktian Praktik dan Praktik untuk Pembuktian Teori

Pendidikan bukanlah aktivitas yang berlangsung pada ruang hampa dan tanpa makna, tanpa tujuan atau tanpa spirit. Pendidikan senyatanya untuk mempersiapkan masa depan seseorang yang lebih baik. Dengan demikian tentu saja dibutuhkan suatu proses pendidikan yang benar-benar dinamis dan progresif agar bisa melakukan rekayasa sosial yang metodologis dalam mengubah paradigma berpikir, orientasi hidup, metode merespons masalah, kepekaan terhadap tantangan dan cermat, serta memanfaatkan peluang dan kegigihan dalam mencapai kemakmuran hidup. Kewirausahaan itu bukan dagang cabai di pasar atau dagang bakso dorong. Namun, mengolah cabai atau bakso agar memiliki nilai tambah yang tinggi dan nilai manfaat yang besar. Nilai tambah apa? Tentu saja nilai tambah Benefit dan Profit. Benefit adalah efek dari kegunaan dan manfaat yang ditimbulkan dari adanya ATM. A bermakna amati untuk menghasilkan identifikasi potensi dan diferensiasi. Ketika sudah terjadi identifikasi dan diferensiasi maka berlanjut dengan proses T, yaitu tiru atau duplikasi. Peniruan telah dialami dan dijalani sehingga setiap orang akan terinspirasi untuk melakukan M, yaitu modifikasi. Modifikasi bisa dalam berbagai hal, modifikasi dari tidak praktis menjadi sangat praktis, satu manfaat menjadi multimanfaat, satu bentuk rancangan menjadi bervariasi dan akhirnya dihasilkan produk inovasi baru. Hal-hal demikian yang dinamakan kewirausahaan.

Pendidikan bukanlah aktivitas yang berlangsung pada ruang hampa dan tanpa makna, tanpa tujuan atau tanpa spirit.

Sistem Informasi Bisnis Dunia Versi 4.0

Tidak diragukan lagi, teknologi informasi adalah salah satu kekuatan disruptif utama saat ini. Selama dekade terakhir kita telah melihat inovasi teknologi secara fundamental mendefinisikan kembali industri seperti toko retail, hotel, musik, travel dan lainnya. Perusahaan platform baru seperti Gojek, Tokopedia, dan Traveloka telah memanfaatkan informasi dengan cara baru untuk memasuki industri yang sudah mapan dan bahkan mengukir posisi penting menggantikan industri serupa yang pernah ada di Indonesia. Mereka adalah organisasi yang membentuk apa yang disebut "sharing economy". Tujuan keseluruhan buku ini adalah untuk menunjukkan mengapa manajemen strategis "Sistem Informasi" sangat penting untuk keberhasilan organisasi untuk agar menguasai pasar atau bahkan hanya agar tetap ada, di saat perubahan yang semakin cepat. Pendekatan yang dijelaskan dalam buku ini dimaksudkan untuk memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang perlu dilakukan dan bagaimana hal itu dapat dilakukan dalam menyiapkan organisasi bisnis yang berbasis sistem informasi. Framework pada buku ini menggunakan lima tema penting: konsep dasar, teknologi informasi, aplikasi bisnis, proses pengembangan, dan tantangan manajemen. Walaupun buku ini didesain untuk pengetahuan umum, ini juga dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa pada jurusan sistem informasi dan manajemen.

Tidak diragukan lagi, teknologi informasi adalah salah satu kekuatan disruptif utama saat ini.

NOKIA

Buku ini menyajikan secara komprehensif kisah kesuksesan fenomena! Nokia. Semula didirikan pada 1865 sebagai pabrik pemrosesan kayu Finlandia, Nokia menempuh jalan panjang dan berliku-liku menuju posisi yang tinggi saat ini. Anda akan belajar banyak dari kisah sebuah perusahaan seluler dunia yang mampu bangkit dari beberapa krisis hebat: ancaman pengambilalihan yang tak diinginkan dan kehancuran finansial, bunuh diri sang CEO yang kharismatis, keruntuhan pasar intinya di bekas negara Uni Soviet, dan kerugian besar dalam industri consumer electronics. NOKIA Bagaimana pemikiran industri yang visioner dan keputusan yang berani membuat Nokia tumbuh pesat menjadi sebuah kekuatan yang mendunia? Buku ini menjadi sangat komprehensif, menulis Nokia, Martti Haikio mendapat akses istimewa yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menggali dokumentasi internal perusahaan dan ke personil-personil penting Nokia. Anda akan menyimak peristiwa-peristiwa besar dan keputusan-keputusan strategis dalam babak baru sejarah Nokia serta hikmahnya bagi perusahaan mana pun yang mencari kemakmuran dalam situasi bisnis yang senantiasa berubah saat ini. "Sebagai salah satu merek paling dikenal dan disegani di dunia, Nokia mengalami pertumbuhan mengagumkan menuju ketenaran dan selanjutnya menetapkan standar kinerja yang coba diikuti para pesaingnya." "Jika buku ini memiliki pesan bagi pihak-pihak lain yang berupaya meraih kesuksesan, pesan itu adalah keharusan bersikap fleksibel dan berpikiran terbuka. Hanya dengan karakter semacam itulah sebuah perusahaan dalam situasi dunia yang bergejolak dapat mengharapkan kemakmuran."

... Akhir 1990-an ○ Nokia dan Intel, integrasi internet dan televisi digital. ○ Nokia dan IBM, e-business dalam mobile internet; usaha bisnis solusi WAP.

Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP

Pelaku dunia usaha atau bisnis tentu menginginkan usaha yang dia lakukan lancar dan menemui kesuksesan. Saat menunjang kegiatan usaha supaya berjalan efektif dan efesien, diperlukan satu panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap unit perusahaan. Tanpa adanya panduan yang jelas, tugas dan fungsi tiap elemen di dalam sebuah perusahaan akan berjalan lancar. Salah satu langkah yang dapat dilakukan para pelaku usaha adalah menyusun Standard Operating Procedures (SOP) untuk menjalankan bisnisnya. Secara sederhana, SOP dapat diartikan sebagai panduan proses kerja yang harus dilaksanakan setiap elemen perusahaan maupun instansi. SOP juga dapat diartikan sebagai panduan mengoperasionalkan kerja perusahaan baik secara teknis maupun nonteknis. SOP tidak hanya berlaku bagi usaha berskala besar. Usaha berskala kecil dan menengah pun ada baiknya menerapkan SOP. Standard Operating Procedures (SOP) berperan sebagai panduan hasil kerja yang ingin diraih oleh suatu perusahaan maupun instansi. Penerapan SOP akan menunjukkan hasil kerja, hasil produk, dan proses pelayanan suatu perusahaan. Penerapan SOP juga merupakan faktor yang dapat mengukur sukses tidaknya kegiatan operasional suatu bidang usaha. Dalam buku ini, akan dibahas mengenai pengertian, tujuan, manfaat, hingga tata cara pembuatan SOP. Buku ini juga menyediakan beberapa contoh SOP yang bisa dimanfaatkan pembaca maupun yang ingin membuat SOP. Selain itu, perlu untuk diketahui, SOP tidak hanya digunakan dalam dunia usaha yang profit, akan tetapi SOP juga digunakan oleh lembaga non profit atau instansi yang bergerak di bidang pemerintahan. Oleh karena itu, penulis juga menyajikan berbagai contoh SOP yang dapat diterapkan oleh perusahaan tersebut. Selamat mempelajari seluk beluk SOP. Susunlah SOP sesuai dengan ciri dan kebutuhan usaha Anda. Semoga buku ini dapat membantu dan menambah pengetahuan mengenai penyusunan dan penerapan Standard Operating Procedures (SOP). *** Buku persembahan penerbit Huta Publisher ini dapat jadi pedoman Anda, para entrepreneur atau pengusaha.

Mengarahkan pegawai untuk disiplin dalam pekerjaannya. • Sebagai pedoman dalam mengerjakan pekerjaan rutin. • Untuk mengidentifikasikan pola kerja secara tertulis, sistematis, dan konsisten agar mudah dipahami oleh seluruh pihak yang ...