Sebanyak 3568 item atau buku ditemukan

Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis untuk Memfasilitasi Kemampuan 4C dan HOTS)

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium virtual. Namun, sejumlah permasalahan juga sering ditemui salah satunya yaitu sering terjadi miskonsepsi dan learning loss. Olehnya itu, perlu adanya Intergasi TIK yang efektif dalam pembelajaran. Integrasi tersebut dikenal sebagai Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK). Integrasi diartikan bahwa TIK tidak hanya sebagai alat bantu tetapi lebih dari itu yaitu salah satunya TIK dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mengembangkan kemampuan abad-21 peserta didik antara lain HOTS dan kemampuan 4C. Buku Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis) menyajikan teori dan panduan dalam mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran berbasis TIK. Buku ini membahas tentang: Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM), media pembelajaran, model-model pembelajaran berbasis TIK, model-model pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, bahan ajar non-cetak, Learning Manajement System (LMS), dan Blended Learning (BL) serta Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kemampuan Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4C) dalam Pembelajaran berbasis TIK. Buku ini menyajikan berbagai rujukan dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah teknologi dan media pembelajaran. Buku ini menjabarkan secara dinamis dan integratif berbagai teori dan juga hasil-hasil penelitian mutakhir para pakar serta tentunya penelitian-penelitian penulis sendiri tentang pengembangan dan pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembaca tentang konsep dan ragam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, serta sebagai rujukan atau referensi umum dalam penulisan artikel dan karya tulis ilmiah bagi pendidik, maupun pelajar yang ingin mengembangkan dan memanfaatkan TIK yang relevan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran.

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium ...

Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi

Konsep dan praktik Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi berkontribusi pada pemahaman keseluruhan tentang perilaku manusia dalam pengaturan organisasi. Secara historis, teori-teori ini pada satu atau lain titik waktu memengaruhi cara setiap orang dalam memahami atau menafsirkan perilaku yang berbeda, serta bagaimana organisasi menggunakan pengetahuan sehingga membantu mereka membangun efisiensi operasional yang lebih baik. Inti dari buku ini adalah untuk menerapkan rekayasa proses dan manajemen ilmiah dalam pengaturan organisasi industri.

Menghibur (to entertain), yaitu melalui komunikasi dapat menjadi alat untuk menghibur atau menyenangkan orang lain, ketika bersedih maupun memberi motivasi yang menghibur; Bentuk komunikasi yang terjadi dalam suatu organisasi ...

Asas-Asas Pendidikan: Konsep dan Teori

Buku ini sangat penting dipahami oleh para pemangku kebijakan mulai dari penyelenggara sampai pelaksana pendidikan. Buku Asas – Asas Pendidikan: Konsep dan Teori ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan karena dikaji secara mendalam dan lebih lengkap sehingga mampu memberikan pemahaman mengenai dasar pelaksanaan pendidikan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas dua belas pokok kajian bahasan, yang mencakup: Bab 1 Konsep Dasar Pendidikan Bab 2 Sejarah Perkembangan Pendidikan Bab 3 Filsafat dan Asas-Asas Pendidikan Bab 4 Prinsip dan Fungsi-Fungsi Pendidikan Bab 5 Sistem, Pendekatan, dan Tujuan Pendidikan Bab 6 Teori-Teori Kependidikan Bab 7 Desain dan Struktur Pendidikan Bab 8 Koordinasi dalam Pendidikan dan Tujuannya Bab 9 Lingkungan dan Budaya Organisasi dalam Pendidikan Bab 10 Konsep Manajemen dalam Pendidikan Bab 11 Model dan Pendekatan Evaluasi Kinerja dalam Pendidikan Bab 12 Sistem Pengendalian Mutu dalam Pendidikan

Komunikasi Komunikasi tidak dapat dipisahkan dari koordinasi, karena komunikasi, sejumlah unit dalam organisasi akan dapat dikoordinasikan berdasarkan rentang di mana sebagian besar ditentukan oleh adanya komunikasi.

BELAJAR PSIKOLOGI OLAHRAGA SEBUAH TEORI DAN APLIKASI DALAM OLAHRAGA

Buku psikologi olahraga ini diterbitkan dengan maksud untuk mengkaji berbagai aspek psikologis yang terkait dengan perilaku manusia dalam aktivitas olahraga yang meliputi kepribadian olahragawan, perhatian dan konsentrasi, ketegangan, kecemasan, motivasi, agresivitas dan sebagainya. Hal ini sangat penting bagi pelatih dan pelaku olahraga karena nilai-nilai yang terkandung dalam psikologi olahraga dapat menjelaskan berbagai aspek dalam psikologi olahraga serta menerapkannya kepada anak didik/ olahragawan yang dilandasi dengan konsep yang benar.

Contoh komunikasi interpersonal adalah, komunikasi pelatih dengan atletnya. Misalnya ketika bertanding atlet tidak bisa tampil maksimal karena sedang mengalami kecemasan yang berlebihan, pelatih yang mengetahui hal tersebut mengajak ...

TEORI & KONSEP PEDAGOGIK

Profesi pendidik memiliki makna yang sangat mendalam dan menjadi kunci majunya kehidupan dan peradaban manusia, bahkan bangsa dan negara. Peran pendidik menjadi sangat penting sebagai agen perubahan pada kehidupan anak bangsa. Oleh karena itu, para calon guru perlu meluangkan waktunya untuk melakukan orientasi spiritualitas profesi pendidik sehingga mampu memiliki internalisasi mendalam atas nilai-nilai pilihan dan keputusan profesinya: Mengapa menjadi Guru? Ada apa dengan Guru? dan Bagaimana menjadi Guru?. Book chapter Teori dan Konsep Pedagogik ini mendeskripsikan teori, dan konsep pedagogic yang dapat membantu setiap individu, baik guru, mahasiswa keguruan, maupun pemerhati pendidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik berdasarkan kajian teori dan empiris dengan berfokus pada internalisasi nilai-nilai diri. Selain itu, book chapter ini juga dapat menjadi referensi dalam mendukung pencapaian efektivitas kemampuan yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui aspek pengetahuan pedagogik sebagai dasar kerangka peran dan figur dalam bentuk berpikir; bersikap reflektif dan emosi yang cerdas; kemampuan dalam pola komunikasi instruksional; serta aspek-aspek yang menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik

C. Fungsi Komunikasi Pendidikan Secara spesifik, komunikasi merupakan ruh dari keberlangsungan dunia pendidikan memiliki fungsi terhadap peristiwa pendidikan itu sendiri. Fungsi suatu peristiwa komunikasi juga berkaitan dengan ...

Human Relations (Konsep dan Teori)

human relation telah melalui proses perjuangan dan pengujian yang sangat panjang, disertai pembuktian gejala hubungan manusia dalam proses produksi, baik produksi jasa maupun barang. Gerakan human relation di sekitar tahun 1850 dirintis oleh Jack Hallowan, ketika perhatian banyak tertuju kepada kebutuhan para pekerja mempengaruhi produktivitas kerja. Sebelumnya para manajer memandang para pekerja sebagai komoditi yang dapat diperjual belikan, bekerja dengan waktu yang teramat lama dengan upah yang rendah, serta kondisi kerja yang menyedihkan (gerakan kaum buruh).

Dalam komunikasi persuasif efeknya harus merupakan dampak dalam bentuk perubahan sikap, opini, dan tindakan atau tingkah laku yang timbul dari kesadaran komunikan, sebab komunikasi persuasif lain dengan komunikasi informatif dan beda ...

Teori Organisasi dan Manajemen

Dalam organisasi seorang manajer perlu memahami ilmu manajemen untuk menggerakkan organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Buku ini berisi tiga belas topik yang menarik untuk dibaca. Masing-masing topik sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Evolusi dan Perkembangan Teori Organisasi Bab 3 Asas-Asas dan Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 4 Lingkungan Organsasi Bab 5 Manajer dalam manajemen Bab 6 Struktur Organisasi Bab 7 Perilaku Organisasi Bab 8 Budaya Organisasi Bab 9 Konflik dalam Organisasi Bab 10 Motivasi Bab 11 Kinerja Organisasi Bab 12 Peranan Komunikasi dalam Organisasi Bab 13 Peranan Teknologi Bagi Organisasi

Masing-masing topik sebagai berikut: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Evolusi dan Perkembangan Teori Organisasi Bab 3 Asas-Asas dan Fungsi-Fungsi Organisasi Bab 4 Lingkungan Organsasi Bab 5 Manajer dalam manajemen Bab 6 ...

TEORI & PERILAKU ORGANISASI Pendekatan Psikologis dan Sosiologis

Teori dan Perilaku Organisasi dirancang untuk memenuhi kajian akademis mengenai perkembangan teori dan perilaku ditengah lingkungan yang berubah. Karena itu, Pendekatan dan analisis perilaku organisasi diambil dari berbagai ilmu sosial yang relevan dan berkaitan dengan Ilmu Teori dan Perilaku Organisasi seperti Ilmu Psikologi, Ilmu Sosiologi dan Antropologi.

B. Organisasi dan Komunikasi Keterkaitan antara organisasi dan komunikasi merupakan hubungan yang sangat penting. Organisasi memerlukan komunikasi dalam upaya melaksanakan aktivitasnya, tanpa proses komunikasi yang intensif organisasi ...

Teori Dalam Keperawatan

Dalam keperawatan banyak teori-teori yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan proses keperawatan. Teori keperawatan adalah suatu pandangan atau pedoman yang diterapkan dalam keperawatan baik untuk pendidikan dan prakteknya. Dalam keperawatan banyak teori-teori yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan proses keperawatan. Buku ini sebagai referensi yang berisi dan menguraikan beberapa teori dalam keperawatan di antaranya dari Katharine Kolcaba, Nola J. Pender, Calista Roy, Dorothea E. Orem, Betty Neuman, Jean Watson, Imogene King, Anderson & McFarlane, Ramona T. Mercer, Madeleine Leininger, dan Teori Gail W. Stuart. Dari teori-teori keperawatan dalam buku ini dapat memberikan Literatur keperawatan memajukan pengetahuan keperawatan sebagai sarana untuk menyebarluaskan pengetahuan keperawatan.

Dalam keperawatan banyak teori-teori yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan proses keperawatan. Teori keperawatan adalah suatu pandangan atau pedoman yang diterapkan dalam keperawatan baik untuk pendidikan dan prakteknya.

Teori Ilmu Komunikasi

Memang kebanyakan orang-orang menganggap komunikasi adalah hal yang mudah dilakukan, semudah bernafas karena kita telah melakukan sejak lahir. Karena ada kesan yang meremehkan ini, tidak mengherankan bila. Sebagian orang enggan untuk mempelajari bidang ini.

Memang kebanyakan orang-orang menganggap komunikasi adalah hal yang mudah dilakukan, semudah bernafas karena kita telah melakukan sejak lahir.