Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN EKSPERIMEN

Buku ini memberikan informasi secara lengkap mengenai seluk-beluk penelitian yang bersifat kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen dalam penelitian sosial. Penulisan buku ini merupakan hasil kerja keras bersama, banyak pihak yang membantu dalam pengam- bilan data serta pemilihan contoh. Maka dari itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada penulis.

Pengukuran digunakan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif, pengukuran merupakan langkah terpisah dalam proses penelitian yang terjadi sebelum pengumpulan data. Pengukuran kuantitatif memiliki ...

Metodologi Penelitian

Desain Komunikasi Visual

Tugas Akhir menjadi karya akhir bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual untuk mencapai kesarjanaannya, selain membuat karya visual juga dituntut untuk menyusun laporan berbasis pada penelitian. Metodologi menjadi kata yang terkesan sulit, padahal jika dimengerti prinsip dan tahapannya akan menjadi mudah. Sesuai dengan tahapan pada design thinking, buku ini menunjang tahap define penentuan fenomena dan permasalahan, serta tahap research pengumpulan data dan analisis yang hasilnya akan digunakan pada tahap ideate. Berbeda dengan metode penelitian yang selalu berkutub kuantitatif atau kualitatif, desain sebagai problem solving memerlukan pandangan yang lebih luas. Penelitian desain komunikasi visual menggunakan tiga aspek untuk membahas karya visual, yaitu aspek karya itu sendiri, aspek pembuat karya atau desainer, dan aspek pemirsa atau target audience. Setiap aspek menggunakan istrumen penelitian yang berbeda, hasilnya digunakan untuk penarikan kesimpulan dan penentuan kriteria big idea untuk mendesain. Salah satu persyaratan lulus sarjana adalah mengunggah tulisan ilmiah dengan format jurnal dari laporan tugas akhir, yang persyaratannya hampir sama dengan penulisan skripsi. Untuk itu latihan penulisan laporan ilmiah sudah dapat dimulai dari mata kuliah Bahasa Indonesia, logika membentuk kata, kalimat, alinea. Dilanjutkan dengan cara mengumpulkan data dan menganalisis pada mata kuliah Metode Penelitian, kemudian melakukan penelitian serta mempresentasikan hasilnya pada mata kuliah Seminar, dan mengaplikasikan semua tahapan ini pada Tugas Akhir. Dilengkapi dengan panduan penulisan untuk jurnal, buku ini dapat memudahkan para mahasiswa dalam mencari data, menganalisis, menyusun laporan ilmiah, mempresentasikan dalam forum seminar, serta menulis artikel untuk publikasi ilmiah.

Tugas Akhir menjadi karya akhir bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual untuk mencapai kesarjanaannya, selain membuat karya visual juga dituntut untuk menyusun laporan berbasis pada penelitian.

Pengantar Metodologi Penelitian

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan modernisasi pendidikan serta kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan dan Paradigma Penelitian Bab 2 Ruang Lingkup dan Kontribusi Penelitian Terhadap Pengetahuan dan Pendidikan Bab 3 Etika, Legalitas dan Hubungan Manusia dalam Penelitian Bab 4 Klasifikasi Jenis-Jenis Penelitian Bab 5 Judul, Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian Bab 6 Review Literatur dan Hipotesis Penelitian Bab 7 Variabel, Data, Populasi, Sampel dan Setting Penelitian Bab 8 Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Bab 9 Metode atau Teknik Analisa Data Penelitian Kesembilan materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami metodologi-metodologi penelitian pendidikan terkini dengan baik dan benar secara utuh.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0.

Metodologi Penelitian Ilmu Tarbiyah

Buku metodologi penelitian ini menyajikan konsep dasar, prinsip-prinsip, penalaran dan metode-metode dalam melakukan penelitian pendidikan dengan bahasa yang sederhana dan disertai contoh-contoh sehingga mudah dipahami dan diterapkan. Buku ini utamanya ditujukan kepada mahasiswa S-1 Fakultas Tarbiyah karena kelompok merekalah yang menjadi sasaran utama pendidikan untuk memulai memahami dan mempraktekkan penelitian dalam bidang ilmu Tarbiyah. Meskipun demikian, karena isi buku ini merupakan pengantar metodologi penelitian maka buku ini juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa di berbagai jurusan ilmu agama lainnya (Syariah, Dakwah, Ushuluddin). Di samping itu, buku ini juga dapat menjadi referensi mandiri bagi kalangan profesional yang akan lebih mendalami konsep-konsep dasar metodologi penelitian.

Buku metodologi penelitian ini menyajikan konsep dasar, prinsip-prinsip, penalaran dan metode-metode dalam melakukan penelitian pendidikan dengan bahasa yang sederhana dan disertai contoh-contoh sehingga mudah dipahami dan diterapkan.

Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Penulis : Sudiyono, S.Pd. Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-68720-1-7 blurb : Buku ini menguraikan secara luas mengenai pengertian aktivitas dan hasil belajar. Diuraikan pula mengenai hakikat wawancara yang merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Pada buku ini juga diuraikan mengenai metode diskusi kelompok dan langkah-langkah penerapan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Buku ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembaca, khususnya guru, untuk dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran.

Penulis : Sudiyono, S.Pd. Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-68720-1-7 blurb : Buku ini menguraikan secara luas mengenai pengertian aktivitas dan hasil belajar.

Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)

Buku ini yang berjudul “Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)” merupakan produk dari hasil penelitian yang didanai oleh hibah internal Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Tahun Anggaran 2021. Hasil penelitian yang dituangkan dalam bentuk buku ini adalah produk dari kolaborasi antara Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar dengan guru sebagai mitra di bawah Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto. Buku ini membahas mengenai: - Pengertian Media Pembelajaran, Bermain dan Belajar, Bahasa sebagai Salah Satu Media Pembelajaran - Media Permainan Bahasan: Hakikat Permainan Bahasa; Faktor Penentu Keberhasilan Permainan Bahasa, Kelebihan dan Kekurangan Permainan Bahasa - Jenis-jenis Permainan Bahasa: Jenis-Jenis Permainan Bahasa; Klasifikasi Permainan Bahasa - Implementasi Permainan Bahasa dalam Pembelajaran: Langkah-Langkah Pembelajaran ; Implementasi Perminanan Bahasa dalam Pembelajaran Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku ini yang berjudul “Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)” merupakan produk dari hasil penelitian yang didanai oleh hibah internal Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan ...

Rampai bahasa, pendidikan, dan budaya

kumpulan esai Soenjono Dardjowidjojo

Essays on language teaching, education, and culture in Indonesia.

In Malaysia , English is also introduced from grade one at the ( Elementary ) National Schools and from grade three at the ... for the first three years at the elementary school is Malay , but English is already taught as a subject .

Pembelajaran Bahasa Kanak-kanak Pemulihan Khas

Siri Ilmiah APM-ITBM

Buku Pembelajaran Bahasa Kanak-kanak Pemulihan Khas memaparkan keupayaan pembelajaran bahasa Melayu sekelompok kanak-kanak keperluan khas, iaitu kanak-kanak pemulihan yang memerlukan perhatian khusus pihak berwajib dalam membentuk generasi muda untuk pembangunan negara bangsa. Kandungannya adalah hasil penyelidikan yang sebahagiannya geran BKP (BKS024-2017). Buku ini dihasilkan atas kesedaran bahawa perlunya ada pihak yang perihatin terhadap masalah pembelajaran khususnya dalam kalangan kanak-kanak pemulihan khas. Kejayaan penyelidikan ini adalah hasil bantuan dan sokongan banyak pihak, khususnya Universiti Malaya dan Kementerian Pendidikan Malaysia yang mengizinkan penyelidikan dijalankan oleh sekolah yang melaksanakan program pendidikan integrasi.

The education of slow-learning children. London: Routledge & Kegan Paul. Tzu, P. W., (2009). A case study of remedial teaching: The cooperation between the college and the elementary school. The Journal of Human Resource and Adult ...

Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia Menghadapi Industri 5.0

Istilah “Pemrograman“ sudah tidak asing didengar bagi yang mendalami dunia teknologi informasi. Pemrograman merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk melakukan sesuatu atau menemukan solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan instruksi-instruksi, tahap-tahap, urutan-urutan tertentu yang sistematis. Pemrograman diidentikan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

... cotoh dan manfaat secara garis besar, hampir menyerupai sistem mobile banking https://www.indiamart.com/proddetail/money-transferservice-10507291912.html 4) Mobile Banking Merupakan layanan transaksi perbankan melalui ponsel, ...

Sistem Informasi Kesehatan

Sistem Informasi Kesehatan merupakan salah satu dari enam “building block” atau komponen utama dalam sistem kesehatan di suatu negara. Keenam komponen (building block) sistem kesehatan tersebut, yaitu service delivery (pelaksanaan pelayanan kesehatan), medical product, vaccine, and technologies (produk medis, vaksin dan teknologi kesehatan), health workforce (tenaga medis), health system financing (sistem pembiayaan kesehatan), health information system (Sistem Informasi Kesehatan), leadership and governance (kepemimpinan dan pemerintah). Buku Sistim Informasi Kesehatan ini membahas yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan Bab 2 Peran Sistem Informasi Kesehatan Dalam Manajemen Kesehatan Bab 3 Konsep-Konsep dan Strategi Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Bab 4 Proses Mengolah Data Menjadi Informasi Bab 5 Manajemen Sistem Informasi Kesehatan Bab 6 Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia Bab 7 Sistem Informasi Rumah Sakit Bab 8 Sistem Informasi Manajemen Puskesmas

Sistem Informasi Kesehatan merupakan salah satu dari enam “building block” atau komponen utama dalam sistem kesehatan di suatu negara.