Sebanyak 3065 item atau buku ditemukan

STRATEGI MANAJEMEN Hubungan Pelanggan dan Orientasi Pasar

Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Furniture di Jawa Timur

Implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan, sangat memerlukan adanyaikomunikasiidiantara perusahaan dengan pihak-pihak terkait, yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya. Komunikasi yang terjalin seharusnya bukanlah monolog atau satu arah, namun diperlukan adanya dialog dua arah, yaitu yang melibatkan dua pihak atau lebih dalam proses saling memberi dan menerima informasi. Orientasi pasar perusahaan-perusahaan furniture di Indonesia yang juga masih kalah dengan perusahaan-perusahaan furniture Cina yang memiliki keunggulan bersaing lebih tinggi dari industri furniture di Indonesia dan akhirnya berdampak pada pencapaian kinerja pemasarannya yang juga masih tertinggal dibanding dengan Cina dalam hubungan perdagangan kedua Negara. Kecenderungan orientasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan furniture Cina adalah kemampuan produk furniture Cina dengan desain baru dan harga yang murah ternyata mampu meningkatkan kinerja pemasarannya. Tampilan desain futuristik dan dengan harga jauh lebih murah menunjukkan bahwa manajemen perusahaan-perusahaan furniture Cina mampu melakukan intelejen pasar dalam mendapatkan informasi terkait kehendak dan harapan konsumen ketika konsumen mempertimbangkan membeli sebuah produk furniture.

Implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan, sangat memerlukan adanyaikomunikasiidiantara perusahaan dengan pihak-pihak terkait, yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Topik-Topik Riset Manajemen Strategi

sesuai dengan judulnya, sistematika buku ini terdiri atas delapan topik yang banyak dipersoalkan dalam manajemen strategi. Topiktopik yang dibahas meliputi dilema strategi, strategi turn around, modal intelektual dan kinerja perusahaan, pengaplikasian balanced scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja pemerintah daerah, strategi sektor publik, transformasi organisasi sektor publik, dan menyelaraskan personal scorecard dengan organizational scorecard: sebuah pendekatan strategis peningkatan kinerja pegawai negeri sipil. Domain topik tersebut telah mencakup strategi korporat, strategi bisnis, dan topik strategi di sektor publik.

sesuai dengan judulnya, sistematika buku ini terdiri atas delapan topik yang banyak dipersoalkan dalam manajemen strategi.

Manajemen strategi

konsep & implementasi

Isi buku Manajemen Strategi. Konsep dan Implementasi edisi 2 adalah merujuk pada isi edisi 1 yang telah diterbitkan pada tahun 2019, namun demikian dalam edisi 2 dilakukan penambahan isi pada bab 2, mempembaharui isu terkini pada bab 9 yang terkait dengan IR 4.0, S 5.0 dan BRI dan menambah 1 bab, yakni Bab 10 tentang Triple Helix, Quadruple Helix dan Quintuple Helix. Pada hakekatnya buku ini berisi uraian tentang manajemen strategi secara holistic, dalam arti memberikan paparan tentang dasar teori; uraian dan ulasan perilaku praktek; contoh praktis implementasi strategi. Secara keseluruhan buku ini terdiri dari 10 bab, masing-masing terdiri dari: Bab 1 Esensi Manajemen strategi, berisi 5 sub bab (Latar belakang manajemen Strategi, Substansi manajemen strategi, Manfaat Manajemen Strategi, Perangkap Manajemen Strategi dan Ringkasan). Bab 2 Formulasi Strategi, berisi 4 sub bab (Tahap Identifikasi, Tahap Penyesuaian, Tahap Keputusan, Ringkasan) Bab 3 Paradigma Manajemen Strategi, berisi 3 sub bab (Pola Dasar Manajemen Strategi, Jangkauan Manajemen Strategi, Ringkasan) Bab 4 Karakteristik Strategi, berisi 3 sub bab (Orientasi Strategi, Kategori Strategi, Ringkasan) Bab 5 Visi dan Misi, berisi 3 sub bab (Visi, Misi, Ringkasan) Bab 6 Implementasi, berisi 5 sub bab (Sasaran, Kebijakan, Penolakan, Pendekatan, Ringkasan) Bab 7 Evaluasi berisi 6 sub bab (Inovasi, Komitmen, Proaktif, Sinkronisasi, Pola Evaluasi, Ringkasan) Bab 8 Bisnis Intelijen, berisi 4 sub bab (Bisnis Intelijen, Siklus Hidup Strategi, Kesinambungan Strategi, Ringkasan) Bab 9 Manajemen Strategi Globalisasi, berisi 4 sub bab (IR 4.0, S 5.0, BRI, Ringkasan) Bab 10 Triple Helix, Quadruple Helix & Quintuple Helix, berisi 5 sub bab (Konsep Inovasi Triple Helix, Konsep Inovasi Quadruple Helix, Konsep Inovasi Quintuple Helix, Manajemen Strategi Multi Helix, Ringkasan) Isi buku ini ditulis dengan materi terkini, dengan harapan pembaca agar bisa memahami konsep manajemen strategi dari sisi teori dan teknis implementasi dalam dunia aktual. Untuk menunjang otentifikasi buku, materi buku ditulis dengan berbagai sumber, yakni dari buku ajar (text book), artikel dalam jurnal dan ulasan penulis yang berlatar belakang praktisi dan akademisi.

Isi buku Manajemen Strategi.

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan. Akan tidak mungkin dalam suatu perusahaan/Organisasi untuk dapat mencapai keberhasilan ketika orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan sendiri. Manajemen strategis merupakan proses dimana perusahaan harus menentukan apa yang mereka putusakan/Decition dan lakukan/Action. untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi yang telah ditetapkan, dan yang lebih penting adalah bagaimana tujuan tersebut bisa dipenuhi/tercapai. Penulisan buku ini bertujuan memperkaya khasanah ilmu para pembaca dalam proses memahami/mendalami tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Berkaitan dengan itu, sangat diharapkan dalam mengkaji materi ini didapat ilmu dan pengetahuan yang luas, dengan proses yang lebih efektif. Penulis mencoba menjajikan buku ini sebagai media untuk membahas/mendalami Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Penulis berusaha menggunakan cara berpikir sederhana dan bahasa yang praktis. Sehingga bisa sebagai panduan dalam praktek pemecahan persoalan-persoalan di dunia kerja.

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan.

Dinamika Manajemen Strategis Sektor Publik di Era Perubahan

Buku ini membahas tentang manajemen strategis dengan fokus kajian pada sektor publik. Manajemen strategis fokus pada tiga hal utama, yaitu fokus pada apa yang harus dilakukan organisasi di masa depan (perencanaan strategis), menentukan bagaimana cara untuk mencapai tujuan strategis yang telah ditetapkan, serta sumber daya apa yang digunakan dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk melaksanakannya (alokasi dan manajemen sumber daya). Semua hal tersebut memerlukan pemantauan atau pengendalian serta peningkatan kegiatan operasional yang sedang berlangsung untuk memastikan bahwa rencana strategis tetap berada di jalur yang seharusnya (kontrol dan evaluasi).

Buku ini membahas tentang manajemen strategis dengan fokus kajian pada sektor publik.

MANAJEMEN KEUANGAN DAN BISNIS; Teori dan Aplikasi

Dalam mengelola operasinya, setiap perusahaan atau aktivitas bisnis niscaya menghadapi masalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan keuangan, baik yang bersifat strategis maupun operasional, seperti: Apakah perusahaan perlu memperluas usahanya dengan membangun unit bisnis baru atau mengakuisisi perusahaan lain? Seberapa besar risiko yang dapat ditoleransi oleh perusahaan dalam pengambilan berbagai keputusan investasi? Bagaimana seharusnya perusahaan mengelola aktivanya agar efisien dan efektif? Seberapa besarkah seharusnya perusahaan menginvestasikan dananya untuk kepentingan penelitian dan pengembangan? Dan beragam masalah lain. Pada umumnya, prinsip keuangan untuk perusahaan kecil maupun besar adalah sama, yaitu perusahaan memiliki tujuan yang hendak diwujudkan dan fakta-fakta yang harus dipertimbangkan melalui metode analisis yang sesuai untuk mengambil keputusan yang tepat. Di sinilah buku ini menunjukkan perannya. Dalam buku ini Anda dapat mempelajari tujuan-tujuan perusahaan dan berbagai metode analisis yang berkaitan dengan fungsi manajemen keuangan serta penerapannya dalam pengelolaan keuangan kontemporer dalam dunia bisnis. Topik-topik penting yang dibahas di sini antara lain: ¥ Struktur Modal Perusahaan ¥ Biaya Modal Perusahaan ¥ Leverage ¥ Laporan Keuangan dan Arus Kas ¥ Analisis Posisi, Kondisi, dan Kinerja Keuangan ¥ Analisis Kinerja Keuangan Berbasis Value Added ¥ Analisis Kinerja Keuangan Berbasis Financial Distress ¥ Pengelolaan Modal Kerja dan Kas Perusahaan ¥ Pengelolaan Piutang dan Persediaan Para mahasiswa program studi manajemen bisnis dan akuntansi di perguruan tinggi akan mendapat banyak manfaat dari referensi buku ajar manajemen keuangan ini. Selain itu, kelengkapan aplikasi teori dalam contoh-contoh empiris yang konkret membuat buku ini sangat berguna bagi para pelaku bisnis sebagai rujukan pengambilan keputusan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Dalam mengelola operasinya, setiap perusahaan atau aktivitas bisnis niscaya menghadapi masalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan keuangan, baik yang bersifat strategis maupun operasional, seperti: Apakah perusahaan perlu ...

Manajemen Keuangan Perusahaan

Selaras dengan Teori Manajemen Keuangan, tujuan utama suatu perusahaan menurut para ahli adalah memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham dengan menciptakan nilai perusahaan. Selanjutnya, hal tersebut menjadi tujuan akhir manajer bagi setiap kinerja yang dilakukan dalam perusahaan, khususnya pada bidang pengelolaan keuangan perusahaan. Di era teknologi dan informasi ini, manajer dituntut untuk memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan seperti pengelolaan pendanaan, investasi, hingga memaksimalkan nilai pasar perusahaan guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan perusahaan jangka panjang. Guna mencapai pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan perusahaan, buku ini memaparkan poin-poin kunci yang terdapat pada Manajemen Keuangan Perusahaan yang disajikan secara informatif dan edukatif. Topik pembahasan dalam buku ini mencakup keputusan investasi (jangka pendek maupun jangka panjang), keputusan pendanaan dan dividen, serta masing-masing pengelolaannya pada perusahaan. Buku ini diperkaya dengan pembahasan teori dan rumus-rumus keuangan yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh soal-soal serta ilustrasi berupa grafik dan tabel untuk mempermudah penyerapan dan pemahaman topik-topik pembahasan. Oleh karena itu, buku ini dapat dibaca oleh siapa saja baik praktisi maupun akademisi, khususnya mahasiswa dan dosen yang ingin memiliki pemahaman yang lebih komprehensif terhadap Manajemen Keuangan Perusahaan.

Dalam konteks ini, rRF umumnya diukur dengan pengembalian yang diharapkan dari obligasi treasury Amerika Serikat jangka panjang. bi = koefisien beta dari stok ke-i. rM = tingkat pengembalian portofolio yang diperlukan yang terdiri dari ...

MANAJEMEN KEUANGAN : TEORI DAN PRAKTEK

Buku Manajemen Keuangan I, ini dibuat untuk mahasiswa Semester IV yang saat ini sedang memprogram mata kuliah Manajemen Keuangan I. Buku ini memberikan dasar dan konsep pemahaman Manajemen Keuangan I, yang meliputi keputusan pendanaan, keputusan investasi maupun keputusan dividen. Buku ini menjelaskan tentang teori keuangan dan penerapannya dalam lingkup perusahaan. Pembahasannya hanya bersifat dasar dan sederhana tanpa meninggalkan esensi dan teori keuangan. Pada setiap bahasan dilengkapi dengan contoh soal tanpa meninggalkan konsep teori manajemen keuangan dan setiap akhir bab dilengkapi dengan pertanyaan studi dan uji diri. Hal tersebut diharapkan untuk melatih mahasiswa dalam memahami tentang apa yang baru dipelajari pada setiap pokok bahasan. Buku tersebut diharapkan dapat menjadi buku literatur/acuan yang diperuntukkan bagi mahasiswa maupun pengajar mata kuliah manajemen keuangan. Buku Manajemen Keuangan I ini meliputi 9 bab yang terdiri dari Pengertian Dasar Manajemen Keuangan, Laporan Keuangan dan Arus Kas, Analisis Laporan Keuangan, Konsep Nilai Waktu Uang, Penilaian Saham, Penilaian Obligasi, Biaya Modal Perusahaan, Penganggaran Modal, Penyusutan, Penganggaran Modal dan Estimasi Arus Kas dan Topik Lain Dalam Penganggaran Modal.

Buku Manajemen Keuangan I, ini dibuat untuk mahasiswa Semester IV yang saat ini sedang memprogram mata kuliah Manajemen Keuangan I. Buku ini memberikan dasar dan konsep pemahaman Manajemen Keuangan I, yang meliputi keputusan pendanaan, ...

BUKU AJAR : MANAJEMEN KEUANGAN

uku ini disusun dengan maksud untuk menyediakan referensi yang memadai khususnya bagi mahasiswa Magister Manajemen Program Pascasarjana (S2) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Dan dapat digunakan sebagai referensi bagi para praktisi yang membutuhkan referensi khususnya di bidang Manajemen Keuangan. Buku tersebut membahas tentang : Ruang lingkup manajemen keuangan, laporan keuangan dan arus kas, analisa laporan keuangan dan kinerja keuangan, penilaian saham, penilaian obligasi, risk and return, biaya modal , penganggaran modal, struktur modal, kebijakan dividen,sumber dana jangka menengah, marger akuisis dan reorganisasi. Dan dilengkapi dengan contoh soal dan Soal-soal untuk tugas mandiri maupun materi untuk diskusi

5.9 Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbitan Jika melihat dari segi penerbitan, maka jenis obligasi tersebut ada 4 (empat) yaitu: a) Treasury Bond (TB) Treasury bond adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, seperti departemen ...

Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya

Buku ini merupakan pelengkap mata kuliah Manajemen Keuangan. Di dalam buku ini, setiap pokok bahasan diberikan teori ringkas sehingga mahasiswa mengingat praktikum yang akan diselesaikannya. Mahasiswa akan mengaplikasikan keterampilan manajemen keuangan dengan menggunakan kertas kerja yang tidak terpisahkan dari buku ini. Buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen program studi manajemen serta akuntansi di tingkat Diploma maupun Sarjana yang mempelajari manajemen keuangan. Buku ini merupakan bagian pertama dari dua buku seri MANAJEMEN KEUANGAN Konsep dan Penerapannya. Buku ini terdiri atas pedoman dan kertas kerja yang berisi tinjauan teoretis singkat dan data penyelesaian kasus manajemen keuangan. Melalui buku ini diharapkan terbentuk pola pikir mahasiswa sebagai tenaga ahli dalam bidang keuangan yang handal.

Buku ini merupakan bagian pertama dari dua buku seri MANAJEMEN KEUANGAN Konsep dan Penerapannya. Buku ini terdiri atas pedoman dan kertas kerja yang berisi tinjauan teoretis singkat dan data penyelesaian kasus manajemen keuangan.