Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Teologi Ekonomi Islam

Teologi menjadi dasar perilaku kehidupan seseorang, teologi berhubungan erat dengan sikap atau perilaku orang-orang yang meyakininya. Konsep teologi yang diyakini oleh seseorang tersebut akan menjadi dasar bagi kehidupannya. Doktrin-doktrin teologi yang bersifat dialektik lebih diarahkan untuk mempertahankan ajaran dan memelihara kemurniannya yang bersifat teosentris, bukan untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan watak sosial dan sejarah kemanusiaan yang antroposentris. Teologi bukan hanya sekadar dogma keagamaan yang kosong tetapi menjelma sebagai ilmu tentang perjuangan politik, sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, teologi menjadikan keimanan berfungsi secara aktual sebagai landasan etik dan motivasi tindakan manusia. Buku ini menggambarkan teologi ekonomi dalam bingkai keyakinan akidah Islam yang dapat menjadi kekuatan dan motivasi untuk membangun ekonomi berlandaskan syariah sebagai sebuah tawaran solusi agar memungkinkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun tidak sebatas kesejahteraan ekonomi saja, melainkan mencakup permasalahan persaudaraan manusia dan keadilan sosial-ekonomi, kesucian kehidupan, kehormatan individu, harta, kedamaian dan kebahagiaan jiwa, serta keharmonisan kehidupan keluarga dan masyarakat. Semua itu terkandung dalam nilai-nilai moral ajaran Islam, menjadikan kesejahteraan kehidupan untuk meningkatkan jiwa manusia selalu bergerak menuju ridla Ilahi.

... fintech. Ekonomi Islam digital memiliki pasar yang potensial di beberapa sektor industri, mulai dari pendidikan, makanan halal, pariwisata ramah ... digital di Indonesia memiliki sejumlah peluang dan tantangan 163 BAB 12. Perbankan Syariah.

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Teori & Praktek

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan tidak menumbuhkan pola berpikir kritis; 4) belum menghasilkan manusia terdidik, apalagi berakhlak; 5) pendidikan masih membelenggu; 6) belum mampu membangun individu belajar; 7) belum mampu menghasilkan kemandirian, dan 8) belum mampu memberdayakan dan membudayakan peserta didik (Djohar, 2013: 3). Pada tataran praktis, masih terdapat penyelenggaraan pendidikan “bergaya bank” (banking education) dengan ciri yang sangat “verbalism” yakni konsep mengajar merupakan pemindahan pengetahuan kepada hafalan, bukan mendorong siswa belajar untuk belajar (learn to learn). Pendidikan belum berdialog atau berhadapan dengan masalah (problem possing education) yaitu upaya meletakkan pendidikan pada kerangka dasar untuk melibatkan anak didik dalam problematisasi yang dihadapi terus menerus akan situasi eksistensial mereka (Yunus, 2004). Untuk memecahkan berbagai masalah dan menghadapi tantangan dunia pendidikan tersebut, pemerintah telah menetapkan beberapa kebijakan dalam bidang pendidikan. Terkait dengan itu, tulisan ini akan menyoroti dua kebijakan penting pemerintah Indonesia, yaitu inovasi bidang kurikulum dan peningkatan profesionalitas guru. Hal ini didasarkan pada dua asumsi: Pertama, keberhasilan untuk mencapai kemajuan tergantung pada keberhasilan mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik daripada sebelumnya, ini ditentukan oleh Standar kompetensi Lulusan (SKL) yang terkabarkan dalam kurikulum. Kedua, kunci keberhasilan meningkatkan kualitas pendidikan tergantung pada keberhasilan mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional yang memiliki kekuatan dan tanggung jawab

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan ...

KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERPADU

Buku Panduan Praktis

Buku panduan praktis seri pertama komunikasi pemasaran digital ini mengajak pembaca untuk m embuka wawasan secara mandiri tentang apa dan bagaimana dasar-dasar komunikasi pemasaran digital yang saat ini sedang ramai dibicarakan baik di media massa maupun oleh banyak perusahaan. Apakah kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana kita menggunakannya secara lebih bertanggung jawab dan bijaksana. Secara umum komunikasi pemasaran digital adalah suatu upaya untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran dalam upaya menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Beberapa teknik-teknik komunikasi pemasaran digital yang umum digunakan dewasa ini adalah banner advertising, pay per click, search engine optimisation (SEO), e-mail marketing ditambah lagi dengan perluasannya ke social media marketing. Begitu banyak istilah-istilah teknis baru yang berkembang dan dipergunakan, sebenarnya dapat dipahami dengan mudah oleh para pelajar, mahasiswa, pengusaha UMKM, bahkan mereka yang ingin belajar, berkarir sebagai pemasar digital, maupun ingin mendapatkan manfaat yang dapat dipetik dari dunia digital. Literasi ringkas komunikasi pemasaran digital ini berguna bagi masyarakat umum, wirausaha, maupun akademisi yang ingin menjadi lebih siap dalam menghadapi transisi kehidupan digital.

Buku panduan praktis seri pertama komunikasi pemasaran digital ini mengajak pembaca untuk m embuka wawasan secara mandiri tentang apa dan bagaimana dasar-dasar komunikasi pemasaran digital yang saat ini sedang ramai dibicarakan baik di ...

Komunikasi Bisnis

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia komunikasi, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Sebelum berangkat kerja atau sekolah, berbagai kegiatan komunikasi mereka lakukan, seperti mendengarkan radio atau music dalam format CD (Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc), menonton acara televisi, membaca koran, tabloid, atau majalah, atau bercengkrama dengan anggota keluarga. Kegiatan komunikasi yang dilakukan dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik media komunikasi nonelektronik / konvensional maupun media komunikasi elektronik. Media komunikasi nonelektronik antara lain adalah penggunaan Bahasa lisan, Bahasa isyarat/Bahasa tubuh, dan anek media komunikasi yang menggunakan kertas (aneka macam surat menyurat, surat kabar, majalah, dan tabloid). Sedangkan media komunikasi elektronik antara lain adalah media audio-visual (televisi), interkom, radio panggil (pager), Internet (situs Web dan e-mail (electronic mail), teleconference, video conference, telepon biasa (fixed line), dan telepon genggam / seluler (handphone). Buku ini merupakan salah satu buku rujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dan juga dapat menjadi pegangan para pelaku usaha, Praktisi dan akademisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui konsep-konsep komunikasi bisnis. Kritikan yang bersifat konstruktif edukatif dari para pembaca, sangat kami harapkan.

Buku ini merupakan salah satu buku rujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dan juga dapat menjadi pegangan para pelaku usaha, Praktisi dan akademisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui konsep-konsep komunikasi bisnis.

Matematika Ekonomi : Buku Ajar

Dalam buku ini, tipe-tipe utama analisis ekonomi berkaitan dengan ilmu matematika adalah sebagai berikut: fungsi liniear dalam ekonomi, fungsi non-liniear dalam ekonomi, penggunaan turunan dalam ekonomi, penggunaan nilai mksimum dan minum satu fungsi dalam ekonomi. Karena jumlah model ekonomi ilustratif sangat banyak yang muncul di sini, baik mikro maupun makro, buku ajar ini juga akan bermanfaat bagi mereka yang telah mempelajari matematika namun tetap memerlukan bimbingan untuk mengantarkan mereka dari bidang matematika ke bidang ilmu ekonomi.

Mathematical Economics. The Dryden Press, Harcourt Brace College Publisher. Haeussler, Ernest F. and Richard S. Paul. Introductory Mathematical Analysis for Business Economics, and The Life and Social Sciences. Eighth Edition.

Integrasi Perencanaan Keuangan Religiusitas Profesional Muslim melalui Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia

Harta dalam perspektif Islam, di samping memiliki fungsi ekonomi juga memiliki fungsi sosial keagamaan. Tujuan pemanfaatan harta dapat dikategorikan kepada dua, untuk pemenuhan kebutuhan hidup dan untuk ibadah. Tujuan pemanfaatan harta untuk tujuan ibadah dapat digolongkan kepada dua, yaitu pertama untuk ibadah individual, yaitu zakat, haji, umrah, dan qurban. Kedua untuk ibadah sosial dapat dibedakan padainfak untuk kaum kerabatdan infak secara umum, yaitu infak untuk fakir miskin, ibn sabil, masjid, lembaga-lembaga sosial dan lain-lain, shadaqah, hibah, wasiat, dan wakaf.

Harta dalam perspektif Islam, di samping memiliki fungsi ekonomi juga memiliki fungsi sosial keagamaan.

MANAJEMEN KEUANGAN

KONSEP DASAR DAN PRINSIP-PRINSIP

Aktivitas utama manajerial adalah perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Manajemen keuangan merupakan pengelolaan keuangan dengan tujuan utamanya mensejahterakan pemilik modal, meningkatkan nilai perusahaan dan keberlanjutan usaha (sustainability). Untuk mencapai tujuan itu, pihak manajer keuangan melakukan tiga aktivitas yang menjadi ruang lingkup manajemen keuangan yaitu: mencari sumber dana, mengelola dana dan kebijakan pendistribusian dividen (dividend policy). Buku ini menjelaskan konsep dasar manajemen keuangan berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan manajer keuangan untuk mencapai tujuannya dan prinspi-prinsip yang menjadi acuan.

Selanjutnya dalam perkembangannya berdiri lagi sebuah lembaga internasional yang bernama International Islamic Market (IIFM) ... Lembaga ini bergerak pada pengembangan istrumen kepatuhan syariah dalam system manajemen likuiditas dan ...

KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan adalah kemampuan individu atau kelompok untuk mengidentifikasi, menciptakan, dan mengelola peluang bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Kewirausahaan tidak hanya terbatas pada memulai bisnis baru, tetapi juga mencakup inovasi, kreativitas, dan pengembangan bisnis yang berhasil. Bagian penting dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengidentifikasi peluang bisnis. Pengusaha peka terhadap perubahan pasar, tren konsumen, dan kebutuhan yang tidak terpenuhi. Jika mereka mengenali peluang ini, mereka dapat mengembangkan ide bisnis inovatif dan memanfaatkannya.

Kewirausahaan tidak hanya terbatas pada memulai bisnis baru, tetapi juga mencakup inovasi, kreativitas, dan pengembangan bisnis yang berhasil. Bagian penting dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengidentifikasi peluang bisnis.

Strategi Kepemimpinan Wirausaha Modal Sosial, Kapabilitas Inovasi dan Kinerja UKM

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bisnis yang menjadi sorotan saat ini yang diklasifikasikan sebagai alat untuk pertumbuhan ekonomi suatu Negara (Tengeh, 2011; Ali & Iskandar, 2016). Dengan memperluas wirausahawan di suatu negara dapat memberikan stimulus inisiasi usaha kecil dan menengah yang lebih layak, yang pada gilirannya memberikan kesempatan kerja dan pengurangan kemiskinan (Pascal, 2015). UKM dalam suatu negara dinilai lebih baik dalam mengatasi krisis jika dibandingkan dengan usaha besar, meskipun terdapat beberapa UKM juga mengalami kesulitan saat krisis, namun usaha ini dianggap dapat merespon lebih cepat dan fleksibel terhadap kondisi lingkungan atau perubahan eksternal daripada perusahaan besar.

The role of innovation capability on business performance of small and medium enterprises. ... The effect of business innovation capability, entrepreneurial competencies and quality management towards the performance of malaysian sme's.

Model Kegiatan Wirausaha MBKM Berbasis Teknologi dan Digital

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makariem, yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Mahasiswa diberikan hak belajar tiga semester diluar program studinya. Pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud dapat diambil untuk pembelajaran di luar prodi dalam Perguruan Tinggi (PT) dan atau pembelajaran di Luar PT. Kegiatan Pembelajaran di Luar PT meliputi kegiatan: 1) magang/praktik kerja; 2) asistensi mengajar di satuan pendidikan; 3) pertukaran pelajar; 4) penelitian/riset; 5) kegiatan wirausaha; 6) studi/proyek independen; 7) proyek kemanusiaan; dan 8) membangun desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makariem, yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan ...