Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PENULIS: AMRAL, S.Pd., M.Pd. ISBN : 978-623-7909-21-7 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu ataupun kelompok. Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan. Begitu juga dengan hasil-hasilnya, individu yang bersangkutan menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan, misalnya pengetahuannya semakin bertambah atau keterampilannya semakin meningkat, dibandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar. Selamat Belajar! Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PENULIS: AMRAL, S.Pd., M.Pd. ISBN : 978-623-7909-21-7 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap ...

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai diperbincangkan di kalangan guru dan tenaga kependidikan. Sayangnya, perbincangan itu terkadang hanya sampai pada dokumen administrasi untuk melengkapi pemenuhan angka kredit dalam usulan kenaikan pangkat para guru dan tenaga kependidikan. Sebetulnya subtansi dari penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui penelitian tindakan kelas pengajar secara inovatif mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi perserta didik dalam proses pembelajaran. Muaranya adalah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran secara signifikan. Pembahasan penelitian tindakan kelas dalam buku bukan mengetengahkan teori tentang penelitian tindakan kelas, tetapi lebih menitikberatkan pada aplikasi penelitian tidak kelas dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya pembelajaran cerit pendek terhadap peserta didik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai ...

Kumpulan Penelitian Tindakan Kelas

Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya. Buku ini menjelaskan konsep berbagai strategi pembelajaran Inkuiri. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru yang ingin mengaplikasikan strategi pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajarannya. Untuk mendukung penerapan pembelajaran, buku ini dilengkapi dengan lampiran yang berisi format RPP lengkap berikut penilaiannya.

Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya.

Arisan Di Kelas? Boleh Enggak Sih? (Sebuah Buku Hasil Penelitian Tindakan Kelas)

Arisan Di Kelas? Boleh Enggak Sih? (Sebuah Buku Hasil Penelitian Tindakan Kelas) Penulis : Endang Mayangarum, S.Pd, M.Si Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-842-0 www.guepedia.com Sinopsis : Di Era Globalisasi ini guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton. Zaman Now, siswa dengan mudah browsing di internet untuk menemukan apapun yang ada di benak mereka antara lain materi pelajaran, buku pelajaran elektronik dan sumber belajar lainnya. Untuk itu penulis berusaha membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dengan melakukan arisan di kelas. Arisan di sini dimodifikasi dengan mengocok tugas yang dipilih siswa dalam sebuah botol yang berisi gulungan arisan sehingga siswa merasa penasaran apa tugas yang harus dilakukan. Setelah mendapat giliran untuk mengocok arisan, secara berkelompok siswa melakukan tugas yang berbeda-beda sesuai yang diperintahkan pada gulungan kertas yang mereka terima. Di akhir pembelajaran siswa menempel hasil pekerjaan di papan tulis untuk dikonfimasi oleh guru. Model Pembelajaran ini dikembangkan dari model pembelajaran Talking Stick yang sudah ada sebelumnya dengan modifikasi di beberapa bagian. Penulis melakukan pengamatan pada kegiatan model ini siswa terlihat aktif dan antusias sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Boleh Enggak Sih? (Sebuah Buku Hasil Penelitian Tindakan Kelas) Penulis : Endang Mayangarum, S.Pd, M.Si Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-842-0 www.guepedia.com Sinopsis : Di Era Globalisasi ini guru dituntut untuk melaksanakan ...

MEMPERKUAT IDENTITAS BANGSA MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: KONSEP–PRINSIP-IMPLEMENTASI

MEMPERKUAT IDENTITAS BANGSA MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: KONSEP–PRINSIP-IMPLEMENTASI PENULIS: Siti Anisatun Nafi'ah Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-440-8 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pendidikan multicultural di Indonesia merupakan wacana baru. Pendidikan multicultural menjadi salah satu solusi di tengah keanekaragaman bangsa Indonesia. Banyak sekali konflik-konflik baik vertical maupun horizontal di tengah masyarakat yang mengakibatkan disintegrasi bangsa Indonesia. Maka pendidikan multicultural sangat penting diimplementasikan di sekolah baik TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, bahkan perguruan tinggi. Dengan pengimplementasian pendidikan multicultural di lembaga pendidikan diharapkan meminimalisir konflik yang ada di Indonesia. Buku ini hadir sebagai bentuk pemikiran akademisi tentang pentingnya pendidikan multicultural di Indonesia. Buku ini diorganisasikan dengan cukup sederhana. Urutannya sangat sistematis sehingga dapat memudahkan pembaca dalam menjelajahi isinya. Pada bab pertama buku ini berisi “Pendidikan Sebagai Transformasi Budaya dan Transformasi Nilai Budaya Lokal dalam Satuan Pendidikan”. Pada bab kedua berisi tentang “Konsep Kebudayaan Sebagai Dasar Pendidikan Multikultural”. Bab ketiga dalam buku ini membahas tentang identitas Nasional. Pada bab empat yang dibahas adalah “Konsep Pendidikan Multikultural”. Pada bab kelima yang disajikan adalah “Prinsip Pendidikan Multikultural”. Bab keenam membahas tentang “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan Di Indonesia”. Sub-bagian dalam bab ini antara lain: Paradigma Pendidikan Multikultural, Urgensi Pendidikan Multikultural, Praktik Pendidikan Multikultural Di Indonesia, dan Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Local. Bab ketujuh merupakan penutup yang berisi tentang rangkuman singkat dari keseluruhan isi buku. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

MEMPERKUAT IDENTITAS BANGSA MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: KONSEP–PRINSIP-IMPLEMENTASI PENULIS: Siti Anisatun Nafi'ah Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-440-8 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pendidikan multicultural ...

METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN

Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an

Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan. Oleh sebab itu, Alquran merupakan dasar yang pokok dalam memaksimalkan pendidikan Islam. Alquran sangat urgen dalam pendidikan Islam, sejatinya peserta didik harus betul-betul dapat membaca, memahami dan mengaflikasikan petunjuk dan pedoman dalam Alquran. Langkah awal yang harus dilakukan oleh pendidik adalah peserta didik harus bisa membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar sehingga dapat dilanjutkan ke tingkat berikutnya. Membaca dan menulis Alquran harus diajarkan dengan benar dan tepat sejak awal kepada peserta didik dangan metode yang tepat dan menyenangkan. Dengan bacaan yang benar akan membantu dalam memberikan makna yang tepat yang diinformasikan Alquran. Begitu juga dengan menulis, dengan tulisan yang benar akan memudahkan dalam memahami makna kalimat yang ditulis yang bersumber dari Alquran. Dalam pembelajaran baca tulis Alquran tidk bisa dipisahkan dari metode sebagai sarana mempermudah ketercapaian tujuan pendidikan. Metode mempunyai peran penting dalam menyampaikan materi pelajaran. Keberhasilan pembelajaran banyak ditentukan oleh metode yang digunakan pendidik dalam mengajar. Metode mengajar merupakan suatu cara yang dapat digunakan pendidik dengan berbagai teknik dalam proses belajar mengajar agar materi pelajaran dapat dicerna dengan mudah serta efektif oleh peserta didik.

Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan.

Pembelajaran Al-Qur`an Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir yang Terintegrasi oleh Teknologi Berbasis Personalized Learning

Pembelajaran Al-Qur`an Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir yang Terintegrasi oleh Teknologi Berbasis Personalized Learning Penulis : Andreas S P, S.Sn, M.Sn, ACA., Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I., Moh. Fauzan, S.Pd., M.Pd.I., Afwan Hariri Agus P., SE., M.Si., A. Syahrul Munir, S.Pd., Afis Baghiz Syafruddin, Ari Gunawan, S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5728-05-6 Terbit : Oktober 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pembelajaran Al-Qur`an yang Menyenangkan dan Modern Pembelajaran Al-Qur`an jadi gambaran masa depan dunia pendidikan dalam belajar Al-Qur`an yang menyenangkan dan terintegrasi dengan teknologi, kita butuh untuk terus berkembang dan mempelajari pembelajaran Al-Qur`an agar dapat sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. … Melalui buku ini pembelajaran AL-Qur`an pad tingkatan dasar, menengah, dan mahir, dari buku ini semoga akan ada perkembangan lain pada dunia pembelajaran Al-Qur`an serta menjadi semangat bagi peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur`an www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

... al - Qur'an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulia disamping hadis - hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu . , Di dalam Al qur'an kata ilmu dan kata - kata jadianya di ...

Modul Praktikum Pembelajaran Tilawatil Qur’an

Buku ini disusun sebagai referensi wajib bagi para pemula sebagai standar dasar dalam penguasaan ilmu tilawatil Qur’an. Dengan buku ini diharapkan agar anak didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar

Buku ini disusun sebagai referensi wajib bagi para pemula sebagai standar dasar dalam penguasaan ilmu tilawatil Qur’an. Dengan buku ini diharapkan agar anak didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar

TTS SERU MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MI KELAS VI Untuk Madrasah Ibtidaiyah (

TTS SERU MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MI KELAS VI Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas VI PENULIS: Ibnu Saputra, S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-010-9 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini berisi materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan pelajaran yang dilaksanakan pada Madrasah baik di tingkat MI, MTs dan MA. Khusus untuk MI, pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini mulai dari kelas III, IV, V DAN VI. Tidak jarang pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik. Dan bahkan rating dari pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini mungkin menjadi terendah dibandingkan dengan materi pelajaran agama lainnya seperti Fiqih, Qur’an Hadits dan Akidah Akhlak. Maka dari itu, diperlukan suatu metode pelajaran yang bisa menjadikan peserta didik bergairah dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan teka-teki silang. Teka-teki silang tidak hanya sekedar permainan, akan tetapi berisikan unsur-unsur pendidikan di dalamnya. Sehingga dengan penggunaan metode teka-teki silang pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, bisa menjadikan peserta didik berpartisipasi aktif sejak awal pembelajaran. Dengan aktifnya peserta didik dalam pembelajaran sehingga akan mencapai tujuan atau substansi dari pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

... Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di madrasah baik tingkat MI, MTs dan MA.

Kompetensi Spiritual Geografi Implementasi Spiritual Islam dalam Pembelajaran Geografi

Kompetensi Spiritual Geografi Implementasi Spiritual Islam dalam Pembelajaran Geografi Penulis : Muhammad Luthfi Arrohman Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-133-6 Terbit : November 2020 www.guepedia.com Sinopsis : Kompetensi spiritual pertama kali lahir didengungkan melalui kurikulum 2013. Sejak saat itu, pengetahuan tentang agama tak hanya menjadi tanggungjawab mata pelajaran agama, tetapi juga menjadi tanggungjawab seluruh mata pelajaran, termasuk geografi. Sebelum membahas lebih dalam tentang kompetensi spiritual, dibahas pula keuntungan-keuntungan dan potensi positif memilih guru sebagai profesi sepanjang hayat. Melalui gambaran tersebut, diharapkan mampu meningkatkan motivasi para calon dan para guru dalam mendidik generasi bangsa. Dalam buku ini juga dibahas dasar-dasar yang menguatkan perlunya menyisipkan kompetensi spiritual mulai dari impelementasi kurikulum 2013, UUD 1945, Pancasila, Teori Psikologi tentang kecerdasan, dan menurut Al Qur’an. Pun akan dibahas pula potensi mata pelajaran geografi dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan hukum Islam. Di luar itu, juga akan disajikan potensi manfaat pembelajaran geografi secara umum. Setidaknya terdapat tiga cara untuk menyisipkan kompetensi spiritual dalam pembelajaran geografi. Dilengkapi juga dengan contoh implementasinya dalam materi pembelajaran yang sesuai dengan standar isi kurikulum 2013 revisi. Buku ini diharapkan dapat mengugah semangat sekaligus meningkatkan motivasi para guru geografi untuk meningkatkan rasa syukur, keimanan, dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT. Mencetak generasi bangsa cerdas intelektual, emosional, dan spiritualnya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kompetensi Spiritual Geografi Implementasi Spiritual Islam dalam Pembelajaran Geografi Penulis : Muhammad Luthfi Arrohman Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-133-6 Terbit : November 2020 www.guepedia.com Sinopsis : Kompetensi spiritual ...