Sebanyak 236 item atau buku ditemukan

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini akan membahas tuntas tentang manajemen pendidikan Islam sebagai pedoman dalam mengelola Lembaga Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat membantu guru, orangtua, ataupun praktisi dalam memahami dan mengelola pendidikan Islam.

Dalam hal ini, manajemen pendidikan Islam dapat diartikan sebagai suatu aktivitas dalam pemobilisasian dan pemanduan atas segala sumber daya yang ada. Dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang telah ditetapkan sebelumnya ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

dalam ilmu manajemen tidak asing lagi kita mendengar kata manajemen pendidikan islam. Ilmu ini bertujuan untuk mengelola lembaga pendidikan Islam berdasarkan Tuntunan Agama Islam. Manajemen pendidikan Islam juga memiliki ciri yang membedakannya dengan yang lain. Begitu juga dengan fungsinya, ada manfaat tersendiri yang diberikan manajemen pendidikan Islam kepada masyarakat. Ilmu manajemen pendidikan Islam membahas tentang pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami, tentang bagaimana cara merencanakan, mengelola, melaksanakan dan mengewasi proses pendidikan serta infrastruktur lembaga pendidikan dengan mengacu pada nilai dan tuntunan agama Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist.

Manajemen pendidikan Islam juga memiliki ciri yang membedakannya dengan yang lain. Begitu juga dengan fungsinya, ada manfaat tersendiri yang diberikan manajemen pendidikan Islam kepada masyarakat.

FILSAFAT MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Keadaan filsafat manajemen pendidikan islam menjadikan perdebatan kedudukan dan juga menjadikan pertanyaan. Apakah hal ini mempunyaikontribusi terhadap pendidikan. Tapi yang jelasa dalam pendidikan saangat dibutuhkan landasan yang ideal dan rasional yang memberikan pandangan paling mendasar, menyeluruh dan sistematis tentang hakikat di balik masalah manajemen pendidikan islam yang akan dihadapi. Dengan demikian filsafat manajemen pendidikan islam menyumbang analisisnya kepada pendidikanislam tentang hakikat masalah yang nyata dan rasional yang mengandung nilai-nilai dasar yang dijadikan landasan atau petunjuk.

DAFTAR PUSTAKA Harjani hafni, 2015,Komunikasi Islam, Prenadamedia Grup, Jakarta. Hafied Canggara, 2008, Pengantar Ilmu Komunikasi,PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta. Hidayat, Rahmat, dan Wijaya, Candra, Ayat-Ayat Alquran Tentang ...

KAPITA SELEKTA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku “Kapita Selekta Manajemen Pendidikan Islam” ini merupakan kumpulan tulisan para dosen di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, ditulis berdasarkan kepakaran spesialisasi masing-masing dosen.

Buku “Kapita Selekta Manajemen Pendidikan Islam” ini merupakan kumpulan tulisan para dosen di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, ditulis berdasarkan kepakaran spesialisasi masing-masing dosen.

Manajemen Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu

nilai ajaran Islam kepada seseorang sehingga bisa dipahami dan dapat diprakatekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Majanemen pendidikan Islam menurut prof. Dr Muzamuil Qomar dalam bukunya manajamen Pendidikan Islam, dikatakan bahwa ...

Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi)

Sosiologi pendidikan menganalisis berbagai masalah dalam pendidikan dari sudut pandang sosial, kebudayaan, politik, ekonomi. Artinya, gejala pendidikan dalam sudut pandang sosiologi pendidikan diamati sebagai bagian dari struktur sosial masyarakat. Beberapa masalah yang misalnya diselidiki sosiologi pendidikan antara lain adalah: (1) hubungan di antara sistem pendidikan dengan berbagai segi dalam kehidupan masyarakat; (2) hubungan atau interaksi antarindividu di dalam lingkungan sekolah; (3) pengaruh sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak di lingkungan sekolah; dan (4) kedudukan sekolah di tengah masyarakat. Guna memahami tujuan sosiologi sebagai basis manajemen pendidikan secara memadai, berbagai tema pembahasan yang akan diuraikan buku ini meliputi paradigma dalam sosiologi pendidikan terapan, pendidikan dan masyarakat, analisis sosiologis terkait peran pendidik, implementasi sosiologi terapan pada pendidikan kecakapan hidup (life skills), manusia sebagai makhluk sosial, perkembangan sosial anak didik di sekolah dan masyarakat, interaksi sosial, hubungan pendidikan dan masyarakat luas, kebudayaan sekolah dan masyarakat, landasan sosiologi dalam praktik pembelajaran, pendidikan dan stratifikasi sosial, mobilitas sosial, dan hal yang terkait dengan kenakalan remaja.

Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek pendidikan baik itu struktur, dinamika, masalah pendidikan maupun aspek-aspek yang lainnya secara mendalam melalui serangkaian analisis pendekatan sosiologis.

Manajemen Pendidikan Teknologi Kejuruan Dan Vokasi

Dunia pendidikan begitu luas dan memiliki beragam aspek yang penting untuk dikaji. Salah satunya adalah mengenai kejuruan dan vokasi. Bidang kejuruan dan vokasi tentunya memerlukan tata kelola yang baik, agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini. Buku ini di antaranya membahas tentang konsep pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi, perbaikan sistem pendidikan, tantangan pendidikan kejuruan dan vokasi di era MEA, maupun berbagai isu terkait dalam dunia pendidikan. Buku ini membahas secara teoretis dan kontekstual, terkait bidang kejuruan dan vokasi dalam ranah pendidikan kita. Oleh karena itu, buku Manajemen Pendidikan Teknologi Kejuruan dan Vokasi ini dapat menjadi pegangan yang berguna, bagi seluruh insan di dunia pendidikan.

Dalam perusahaan jasa, fungsi produksi memang tidak terasa nyata, misalnya dalam kegiatan bank, perusahaan penerbangan, atau lembaga pendidikan. Produk yang dihasilkan tidak dalam bentuk yang bisa dilihat, melainkan dalam bentuk yang ...

Manajemen Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran. Sistematika buku Manajemen Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

tercapainya tujuan yang diharapkan, manajemen pendidikan perlu diarahkan pada pengembangan seluruh sistem, kelembagaan dan sumber daya pendidikan (capacity building), (d) mengacu pada visi dan misi pendidikan yang melekat, ...

Manajemen Pendidikan

Buku ini merupakan buku yang disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi dibidang pendidikan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kami berkolaborasi untuk menghasilkan buku dengan judul “Manajemen Pendidikan”. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya manajemen pendidikan. Buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu: Konsep dasar manajemen pendidikan, Organisasi lembaga pendidikan, Kurikulum pendidikan, Sarana dan prasarana pendidikan, Manajemen kepemimpinan, Manajemen kelas, Manajemen berbasis sekolah, Manajemen mutu dan akreditasi, Manajemen pembiayaan, Manajemen humas, Tata laksana lembaga pendidikan, Problematika pendidikan Indonesia, Kebijakan pendidikan Indonesia, dan Inovasi pendidikan Indonesia. Buku ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu, kami menerima masukan dan saran dari para pembaca terkait penyempurnaan buku ini.

... Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), pp. 199–207. Suardi M (2017) 'Analisis Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap ... Humas Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah', Jurnal Heriansyah 186 Manajemen Humas.

Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidikan harus diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang berorientasi kedepan memiliki visi dan misi yang jelas akan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. Pembahasan materi dalam buku ini terdiri dari 12 BAB yaitu: BAB I. Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan; BAB II. Ruang Lingku Manajemen Pendidikan; BAB III. Manajemen SDM Dalam Pendidikan; BAB IV. Manajemen Berbasis Sekolah; BAB V. Manajemen Sarana dan Prasarana; BAB VI. Manajemen Kurikulum; BAB VII. Manajemen Kelas; BAB VIII. Manajemen Peserta Didik; BAB IX. Manajemen Keuangan Sekolah; BAB X. Manajemen Sistem Informasi Sekolah; BAB XI. Manajemen Mutu Sekolah; dan BAB XII. Manajemen Humas.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya berupa man, money, materials, method, machines, market, minute, dan information, agar menghasilkan sesuatu yang efektif dan ...