Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Metode yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Selain itu, juga didefanisikan sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Dalam pembelajaran bahasa indonesia metode diartikan sebagai sisitem perencanaan pembelajaran bahasa indonesia secara menyeluruh untuk memilih, mengorganisasikan, dan meyajikan materi pelajaran bahasa indonesia secara teratur. Metode bersifat prosedural artinya, penerapan pembelajaran bahasa Indonesia harus dikerjakan menurut langkah-langkah yang teratur, bertahap yakni mulai perencanaan pembelajaran, penyajian sampai dengan penilaian dan hasil belajar.

Metode yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.

Strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah, berdasarkan pendekatan komunikatif

Teaching Indonesian language and literature; collection of articles.

Teaching Indonesian language and literature; collection of articles.

"Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim "

Agama menjadi sumbu penggerak kehidupan manusia. Sehingga tradisi keberagamaan melintasi aspek-aspek aktivitas manusia. Tidak saja ketika berada di ruang shalat tetapi menjangkau aspek yang sesungguhnya bukan merupakan ritual shalat itu sendiri. Bahkan dapat saja agama kemudian menjadi bagian dari gerakan politik praktis (Abbas J. Ali, 2009 : 50-65). Pengalaman Australia menunjukkan bisa juga terjadi dimana sekolah menjadi bagian dari gerakan politik dalam artian moral untuk mencapai tujuan yang lebih luas (Neil Cranston, et all, 2010:182-195). Sehingga jikalau faktor agama, politik, dan sekolah bergabung menjadi sebuah kekuatan, maka ini sebuah potensi untuk mengantar para peserta didik untuk menjadi warga dunia untuk kemajuan umat manusia. Buku Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Aturan yang diberlakukan adalah adanya ketentuan bahwa tidak boleh berbahasa daerah dan bahasa Indonesia, demikian pula praktik berbahasa harus sesuai dengan hari yang ditentukan. Kalaupun peraturan ini ditetapkan tetapi tidak diawasi, ...

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: (MENGGELITIK PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, & MENYENANGKAN

Lembaga pendidikan saat ini mulai memberikan perhatian khusus guna merespon tuntutan tersebut. Terlihat dalam kurikulum di beberapa jenjang dan jenis lembaga pendidikan mulai diisi dengan pembelajaran bahasa Arab. Mempelajari suatu bahasa memang terikat dengan faktor kebiasaan, sehingga tidak heran banyak orang yang mampu berbahasa asing karena sering memperaktikkannya. Selain itu, mempelajari suatu bahasa juga terikat dengan strategi dan metode mempelajarinya. Buku ini hadir untuk memandu kita dalam mengusai bahasa Arab dengan berbagai strategi dan metodenya. Buku ini sangat layak digunakan, baik di kalangan umum, tenaga pendidik, siswa dan mahasiswa. Buku ini tidak menyajikan sudut pandang teori saja, tetapi juga terdapat contoh-contoh yang mempermudah kita untuk memahami bahasa Arab.

Hal ini sengaja ditekankan, karena berdasarkan pengamatan, banyak di antara guru bahasa Arab yang cenderung mengajak ... karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal oleh ...

Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, ada beberapa terminologi terkait dengan status bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, English as an International Language (EIL). Ada beberapa sebutan bahasa Inggris sesuai dengan statusnya di dunia, seperti bahasa Inggris sebagai bahasa pertama (native language), bahasa kedua (second language), dan bahasa asing (foreign language). Sebagai bahasa internasional, terdapat tiga istilah dalam penggunaan bahasa Inggris di dunia, yaitu inner-circle, outer-circle, dan expanding-circle. Inner-circle adalah istilah yang mengacu pada status bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pertama, outer-circle merujuk pada status bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa kedua, dan expandingcircle adalah istilah penggunaan bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing, seperti yang terjadi di Indonesia.

Dalam konteks EFL, pembelajar sudah diperkenalkan dengan bahasa asli atau bahasa ibu yang disebut dengan mother tounge atau native language atau first language, yakni bahasa daerah masing-masing. Pada awal masuk bangku TK atau SD, ...