Sebanyak 18 item atau buku ditemukan

Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses

Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya. Selain itu, guru yang profesional juga harus mampu meningkatkan kompetensinya agar tercapai kondisi proses pembelajaran yang efektif dan tercapai tujuan belajar secara optimal. Untuk itu, adanya mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ialah salah satu bentuk upaya guna mencetak guru yang profesional. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik memiliki kepribadian, menguasai bahan pelajaran, menguasai cara-cara mengajar sebagai dasar kompetensi sehingga mampu memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan untuk meningkatkan penguasaan dan prestasi belajar siswa. Buku ini hadir sebagai salah satu ikhtiar dan partisipasi penulis untuk memberikan sumber belajar bagi mahasiswa calon pendidik dan semua pihak yang berkepantingan dalam dunia pendidikan dalam memahami Strategi Belajar Mengajar.

Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya.

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR

Diakui atau tidak, realitas pembelajaran cenderung berjalan secara statis, rutinitas dan monoton yang berakibat pada “kemandulan intelektual” siswa. Proses pembelajaran tidak nyaman dan menakutkan. Kenyataan inilah yang menyebabkan rasa kebencian siswa terhadap mata pelajaran dan akhirnya siswa sulit menerima materi pelajaran tertentu. Sebenarnya tidak ada materi pelajaran yang sulit, hanya karena faktor psikologis yang negatif, maka siswa akhirnya merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran tertentu. Buku ini menyajikan beberapa teori yang terkait dengan kebutuhan guru di kelas. Beberapa model mengajar diberikan dengan harapan agar pembaca lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran dikelas. Buku ini berisi tentang hakikat pembelajaran, konsep dasar pembelajaran, komponen dalam pembelajaran, proses belajar dan mengajar, juga disertakan pula cara mengelola proses belajar dan mengajar dikelas. Semua ini merupakan paduan bahasan penting yang harus dikuasai oleh seorang guru. Hal ini didasarkan kepada tuntutan-tuntutan pokok yang dihadapi sehari-hari dalam tugas profesionalnya.

Diakui atau tidak, realitas pembelajaran cenderung berjalan secara statis, rutinitas dan monoton yang berakibat pada “kemandulan intelektual” siswa.