Sebanyak 99 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Mudah-mudahan buku ajar ini dapat memperkaya khazanah keilmuan bagi para pembaca terutama di kalangan mahasiswa yang calon profesinya sebagai guru. Memang perlu disadari bahwa sebagai praktisi pendidikan mutlak memiliki pemahaman yang memadai terkait dengan pengembangan kurikulum.

Kurikulum Mata Pelajaran PAI di Kelas 7 SMP. Ternate, 20-02-2020 Mengetahui Ketua Jurusan Dosen Pengampu Mata Kuliah Dra. Nursin Sapil, M.Pd.I Dr. Agus, S.Pd.I., M.Pd.I Glosarium Currir artinya pelari Curare artinya tempat berpacu ...

Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Keagamaan (Diniyah) Berbasis Standar Pendidikan: Standar Tujuan, Isi, Proses, dan Penilaian

Buku ini mengangkat permasalahan tentang pembentukan model kurikulum pendidikan keagamaan (diniyah) berbasis standar pendidikan di lembaga pendidikan keagamaan (diniyah) tingkat wustha. Dalam buku ini membahas tentang kurikulum pendidikan keagamaan atau kurikulum pada madrasah diniyah (madin) yang belum memiliki model kurikulum yang utuh, tersusun secara sistematis sesuai dengan komponen-komponen kurikulum yang seharusnya ada. Selama ini kurikulum di madrasah diniyah merujuk pada literatur klasik yang sering dikenal dengan kitab kuning, yang penyajian berdasarkan urutan bab pada kitab tersebut tanpa diorganisir materinya sesuai scope dan sequnce menurut azas-azas pengembangan kurikulum.

Buku ini mengangkat permasalahan tentang pembentukan model kurikulum pendidikan keagamaan (diniyah) berbasis standar pendidikan di lembaga pendidikan keagamaan (diniyah) tingkat wustha.

PENGEMBANGAN KURIKULUM

Buku ini ditulis oleh delapan penulis yang terinspirasi dari mata kuliah Pengembangan Materi Ajar. Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model Pengembangan Kurikulum, Perencanaan Kurikulum, Implementasi Kurikulum 2013, dan Model- Model Evaluasi Perkembangan Kurikulum.

Adapun judul dari setiap pengembangan topik yang diberikan adalah Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum, Landasan dan Prinsip- Prinsip Pengembangan Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Organisasi Kurikulum, Model-Model ...

Inovasi Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi

Komputer sebagai bentuk pengembangan dari Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi ikon yang paling sering disebut sebagai penyebab perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang. Pendidikan sebagai bidang yang sangat terpengaruh akan hadirnya teknologi sehingga kita sebagai pendidik dan peserta didik perlu mengetahui dan memahami inovasi yang terjadi terhadap kurikulum, bahan ajar, dan aspek lainnya. Melalui buku ini disampaikan terkait inovasi pengembangan kurikulum berbasis teknologi informasi. Pembaca bisa melihat berbagai jenis pengajaran secara menyeluruh dan bisa mendapatkan pengetahuan terkait hal-hal yang penting dari berbagai aspek tersebut. Melalui buku ini juga pembaca dapat melihat perkembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia serta pengaruh inovasi terhadap proses belajar di sekolah maupun perguruan tinggi.

... Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205 ... PAI). Cantrik Pustaka. Bahri, Syamsul. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme Di Indonesia ...

DESAIN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Implementasi Desain dan Pengembangan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pelayanan Pendewasaan Umat di Sekolah dan Gereja

Buku ini adalah turunan dari ilmu teologi praktika yang menjadi kajian dalam ruang-ruang kuliah di Perguruan Tinggi Teologi sebagai penyelenggara Lembaga Pendidikan dan Tenaga Keguruan (LPTK),dalam hal ini LPTK,yang menghasilkan tenaga-tenaga pendidik disekolah dan di gereja. Buku ini memberi sumbangan pemikiran kepada para praktisi pendidikan Kristen (baik pendeta, guru,atau apapun sebutannya) agar memiliki kesadaran dan dasar pemikiran konsep Alkitab—pedagogi—metode—strategi dan program pembinaan warga gereja dalam lingkup pengajaran pada tingkat makro (nasional) dan meso (pemerintahan kota/kabupaten) yang berlandaskan epistemologis.Juga, agar dapat memahami lingkup belajar-mengajar mikro (lembaga Pendidikan Kristen yang dalam hal ini dimotori oleh gereja di dalam dan atau melaluinya) yang berinteraksi secarainsani,serta memiliki wawasan yang luas dan dalam mengenai berbagai pandangan teori Pendidikan yang kristiani. Dalam upaya membentuk pemikiran tentang pembelajaran pendewasaan umat yang dibina,baik dalam konteks Pendidikan formal (sekolah) maupun Pendidikan non formal (gereja),kurikulum pendidikan Kristen merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pembinaan umat Tuhan secara berkelanjutan.Dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pandidikan penyelenggaraan pendidikan Kristen, tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap peserta didik,dalam hal ini seluruh warga gereja itu sendiri.Diharapkan dengan adanya landasan teori desain dan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Kristen ini, para pendidik Kristen akan mampu membina dan mengembangkan program pembinaan dalamarenapendidikan Kristen serta memecahkan persoalan yang mereka hadapi.

Dalam upaya membentuk pemikiran tentang pembelajaran pendewasaan umat yang dibina,baik dalam konteks Pendidikan formal (sekolah) maupun Pendidikan non formal (gereja),kurikulum pendidikan Kristen merupakan salah satu komponen yang memiliki ...

Hasil Lokakarya Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan di Indonesia, 9-11 Agustus 1994

Workshop on curriculum development for library education and course in Indonesia; proceedings.

Workshop on curriculum development for library education and course in Indonesia; proceedings.