Sebanyak 115 item atau buku ditemukan

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku “Pembelajaran Matematika Berbasis TIK" ini. Buku ini disusun sebagai upaya mencari solusi dari berbagai masalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga akan tercipta kegiatan pembelajaran di kelas yang lebih menarik dan mememudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Buku ini membahas tentang penggunaan aplikasi powerpoint dan geogebra dan memanfaatkanya dalam pembelajaran matematika. Dalam penyusunan buku ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu selayaknya penulis sampaikan ucapan terima kasih dengan tulus dan sedalamdalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan buku ini. Penulis menyadari, bahwa buku ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku “Pembelajaran Matematika Berbasis TIK" ini.

Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan merangsang minat, perhatian, pikiran, dan perasaan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Media pembelajaran dapat berupa modul, teman, instruktur, buku, video, gambar atau foto, slide, recorder, film, dan lain sebagainya. Elemen media pembelajaran terdiri atas lima elemen yaitu teks, gambar, suara, video, dan animasi. Teks berupa naskah, tulisan, ataupun simbol, gambar berupa ilustrasi atau sketsa atas suatu benda, peristiwa, atau yang lainnya, dan suara berupa bunyi yang dapat berbentuk percakapan, melodi, dan lain sebagainya. Sedangkan video berupa rekaman atas suatu kejadian dan animasi berupa serangkaian gambar yang tampak bergerak. Buku ini akan membahas teori tentang media pembelajaran yang disertai turorial pembuatan media pembelajaran dengan beberapa jenis aplikasi atau platform. Pembaca akan diajak memahami tentang sumber belajar, media pembelajaran, dan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada akhir bab pembaca akan mempraktikkan membuat media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, Flipbook, Mindjet MindManager, Canva, dan Quizizz. Penulis berharap pembaca akan memahami tentang media pembelajaran baik dari segi teori maupun dari segi praktik.

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi ...

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK MATERI TOPOLOGI JARINGAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Atas bantuan dan dukungan yang secara langsung maupun tidak langsung yang telah Kami terima, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada 1. Orang tua kami yang telah membimbing serta memberikan semangat kepada kami selama ini. 2. Ibu Sri Nuryati, S.Pd., M.Pd. selaku Kepa la SMP Negeri 1 Wonogir i yang sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 3. Bapak Sriyono, M.Pd. selaku G uru SMP Negeri 1 Wo nog iri yang telah membimbing dan sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 4. Bapak dan Ibu Guru SMP Neger i 1 Wo nog ir i yang sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 5. Bapak/Ibu Staf Tata Usaha SMPN 1 Wonogiri yang telah banyak menyediakan waktu dan membantu dalam penulisan buku ini. 6. Semua pihak yang namanya tidak dapat disebutkan satu-per satu. Dengan segala kemampuan yang ada serta mengingat terbatasnya pengalaman dan pengetahuan, kami sepenuhnya menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, baik dalam pengungkapan, pokok pikiran, tata bahasa, maupun kelengkapan pembahasannya. Semoga dengan hasil dari penelitian kami dalam buku ini dapat berguna bagi yang membutuhkan.

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan dengan Media ...

Media Pembelajaran Berbasis ICT

Media Pembelajaran Berbasis ICT Penulis : Dyah Afifah Andari, S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5525-95-2 Terbit : September 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Perkembangan media pembelajaran berbasis ICT begitu pesat dalam dunia pendidikan, media pembelajaran dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar secara efektif dan efisien untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar akan meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru. Berbagai macam penelitian telah dilakukan, dan penerapan di setiap sekolah terus dilakukan, apalagi di seluruh dunia sedang mengalami kondisi pandemic covid-19, sehingga pembaca memiliki wawasan terkait banyak hal yang didapatkan dalam media pembelajaran berbasis ICT di dunia pendidikan, antara lain di sekolah dasar. ICT dapat memproses dan menyampaikan informasi, sehingga memudahkan guru dan siswa dalam memahami materi ajar. Perkembangan media pembelajaran berbasis ICT begitu pesat dalam dunia pendidikan, media pembelajaran dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar secara efektif dan efisien untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar akan meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru. Berbagai macam penelitian telah dilakukan, dan penerapan di setiap sekolah terus dilakukan, apalagi di seluruh dunia sedang mengalami kondisi pandemic Covid-19, sehingga pembaca memiliki wawasan terkait banyak hal yang didapatkan dalam media pembelajaran berbasis ICT di dunia pendidikan, antara lain di sekolah dasar. ICT dapat memproses dan menyampaikan informasi, sehingga memudahkan guru dan siswa dalam memahami materi ajar. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Media Pembelajaran Berbasis ICT Penulis : Dyah Afifah Andari, S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5525-95-2 Terbit : September 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Perkembangan media pembelajaran berbasis ICT begitu pesat dalam dunia ...

Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Buku ini merupakan wujud dari kepedulian penulis untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kualitas pembelajaran di abad 21 atau dikenal dengan era smart society 5.0 saat ini. Pembelajaran yang berkualitas memerlukan perencanaan, penciptaan kondisi pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat dan matang, sehingga pembelajaranlebih bermakna dan mencapai tujuan. “kita dapat menceritakan sesuatu kepada peserta didik dengan cepat. Namun peserta didik akan melupakan apa yang kita ceritakan itu dengan lebih cepat”. Mengajarkan bukan persoalan menceritakan! Akan tetapi mengajarkan itu harus memberikan pengalaman baru kepada peserta didik untuk mudah dipahami. Sehingga materi yang sulit diajarkan oleh pendidik dan sulit dipahami oleh peserta didik akan menjadi mudah dengan menggunakan media pembelajaran sebagai jembatan untuk berpikir peserta didik. Penulisan buku ini dilakukan secara kolaborasi yang ditulis selama 16 hari sejak tanggal 10 sampai 25 Januari 2021. Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas pengajarannya, penggunaan media sesuai fungsi dan manfaatnya, serta memberikan wacana baru terkait perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi.

Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas ...

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP PENULIS: Sakila, S.Pd. Tebal : 154 halaman ISBN : 978-623-7477-88-4 www.guepedia.com Sinopsis: Pada saat awal pembelajaran, guru sebelumnya harus memilih media apa yang tepat. Memilih media yang tepat untuk materi tentunya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah bagi guru. Guru harus mempertimbangkan banyak faktor seperti tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, metode pembelajaran, serta ketersediaan dari media itu sendiri. Adapun tujuan dari guru memilih media yang tepat dalam pembelajaran agar terjadi interaksi antara siswa, guru dan media yang dipergunakan. Dapat kita bayangkan apabila guru menggunakan media yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran tentunya akan sia-sia, menghabiskan waktu dan tenaga serta pikiran yang tidak sedikit. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dipahami oleh siswa yaitu berbicara, menyimak, menulis dan membaca. Guru sebagai aktor utama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal hendaknya dapat memilih dan memanfaatkan media yang tepat dalam proses belajar mengajar yang efektif. Penggunaan media pembelajaran yang baik sangat bermanfaat bagi guru untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil akhir yang dicapai adalah peserta didik mudah memahami materi yang diajarkan dan tujuan pokok dalam pendidikan akan dapat dicapai dengan optimal. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP PENULIS: Sakila, S.Pd. Tebal : 154 halaman ISBN : 978-623-7477-88-4 www.guepedia.com Sinopsis: Pada saat awal pembelajaran, guru sebelumnya harus memilih media apa yang tepat.

Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)

Buku ini yang berjudul “Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)” merupakan produk dari hasil penelitian yang didanai oleh hibah internal Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Tahun Anggaran 2021. Hasil penelitian yang dituangkan dalam bentuk buku ini adalah produk dari kolaborasi antara Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar dengan guru sebagai mitra di bawah Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto. Buku ini membahas mengenai: - Pengertian Media Pembelajaran, Bermain dan Belajar, Bahasa sebagai Salah Satu Media Pembelajaran - Media Permainan Bahasan: Hakikat Permainan Bahasa; Faktor Penentu Keberhasilan Permainan Bahasa, Kelebihan dan Kekurangan Permainan Bahasa - Jenis-jenis Permainan Bahasa: Jenis-Jenis Permainan Bahasa; Klasifikasi Permainan Bahasa - Implementasi Permainan Bahasa dalam Pembelajaran: Langkah-Langkah Pembelajaran ; Implementasi Perminanan Bahasa dalam Pembelajaran Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku ini yang berjudul “Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)” merupakan produk dari hasil penelitian yang didanai oleh hibah internal Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan ...