Sebanyak 250 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam

Judul : Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam Penulis : Suparjo Adi Suwarno, S.Pd.I, M.Pd‎ Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 192 Halaman ISBN : 978-623-68728-4-0 Lembaga pendidikan merupakan organisasi yang komplek dan unik. Komplek akrena dalam orpersionalnya melibatkan berbagai macam ide, pemikiran dan saran. Unik, karena lembaga pendidikan islam meruapak organisasi yang khas yang mampu emnyelenggarakan proses perubahan tingkah laku serta pembudayan tingkah laku baik spriritual, intekektual maupun emosional. Karena kompleks dan unik tersebut dibutuhkan pengelolaan dan pengaturan yang merujuk pada teori - teori dan penelitian serta pengalaman - pengalaman para ahli untuk kemudian diterapkan pada pengelolaan pendidkan Islam. Pengelolaan pendidian yang profesional akan mewujudkan cita - cita besar Bangsa Indoesia yakni terciptanya manusia yang relegius, sehat, produktif, kreatif dan berwawasan global. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang merujuk pada manajemen pendidikan Islam (MPI). Manajemen sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk memperbaiki kondisi lembaga pendidikan islam mauli dari kurikulum, pembelajaran, sarana prasarana, pendidik dan sumber daya manusia serta kepemimipinan pembelajaran. Manajemen juga berfungsi untuk membudayakan kerja yang teratur dan prosedural sehingga nantinya diharapkan semua yang terlibat dalam organisasi pendidikan akan mampu membudayakannya dalam melaksnakan semua beban dan tanggungjawbanya. Dalam kerangka mewujudkan manajemen pendidikan Islam inilah buku ini ditulis. Diawali dengan konsep MPI, manajemen kurikulum, manajemen SDM, manajemen pembiayaan pendidikan, supervisi akademik dan kepemimpinan pembelajaran.

Judul : Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam Penulis : Suparjo Adi Suwarno, S.Pd.I, M.Pd‎ Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 192 Halaman ISBN : 978-623-68728-4-0 Lembaga pendidikan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN (Good Governance dalam Lembaga Pendidikan) Teori, Strategi, dan Riset Implementasi

Buku ini disusun berdasarkan riset fenomenologi agar mempermudah mahasiswa mendapatkan deskripsi mengenai implementasi manajemen pendidikan di suatu lembaga pendidikan. Secara khusus kami juga menggambarkan implementasi kepemimpinan, standar operasional, transparansi, dan partisipasi sebagai value dalam manajerial lembaga pendidikan. Keempat poin itulah yang memberikan citarasa berbeda dalam buku ini dibandingkan dengan buku manajemen pendidikan yang sudah ada. Di samping itu, buku ini juga dilengkapi dengan model penulisan ilmiah dan riset sehingga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang ingin melakukan riset di bidang manajemen pendidikan. Kami menyadari bahwa buku mengenai manajemen pendidikan sudah banyak beredar di ruang-ruang akademik, perpustakaan, dan berbagai gerai toko buku. Namun sebagai tanggungjawab jawab akademis kami merasa wajib untuk menghadirkan referensi yang aplikatif bagi para mahasiswa, khususnya di program studi kependidikan.

Buku ini disusun berdasarkan riset fenomenologi agar mempermudah mahasiswa mendapatkan deskripsi mengenai implementasi manajemen pendidikan di suatu lembaga pendidikan.

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku dengan judul “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini” ini ditulis sebagai bentuk respon terhadap perkembangan lembaga PAUD yang semakin pesat. Lembaga pendidikan tidak cukup hanya sebatas didirikan saja, akan tetapi adanya sistem pengelolaam yang berkualitas sangat dibutuhkan agar lembaga pendididikan dapat berjalan dengan baik. Buku ini menjelaskan bentuk pengelolaan PAUD dimulai dari proses pendirian hingga menghasilkan output.

Buku dengan judul “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini” ini ditulis sebagai bentuk respon terhadap perkembangan lembaga PAUD yang semakin pesat.

Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan kelimpahan sumber daya alam, tetapi keunggulan sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak hal yang telah berubah atau berkembang dengan cara yang awalnya tidak terpikirkan. Kita telah berada di era digital yang dikenal sebagai era 4.0. Perubahan dengan cepat terjadi diberbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus segera berbenah atau melakukan persiapan dalam menghadapi tantangan baru di era digital saat ini.

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia.

Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar

Penulis membuka pemikiran saya bahwa pemisahan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus menjadikan diskriminasi terhadap mereka tumbuh di tengah masyarakat. Benar jalan terbaik menjawab tantangan ini adalah sekolah inklusif di mana anak-anak berkebutuhan khusus ikut dalam pembelajaran di sekolah reguler tetapi memperhatikan kebutuhan mereka. Dasar pemikiran dan hukum pendidikan inklusif baik secara global maupun nasional bisa kita dapatkan dalam buku ini. Di dalam buku ini juga membahas prinsip dasar pendidikan inklusif. Bahkan, penulis juga telah membahas hal-hal perinci dan praktis yang perlu disiapkan dalam pendidikan inklusif. Dapat dikatakan buku ini adalah paket komplet bagaimana menyelenggarakan pendidikan inklusif di sekolah kita. Mari kita jadikan dunia ini lebih baik untuk semua orang. —Widi Purwanto, S.Si. (Ketua Yayasan YPK Penabur Kebumen) Buku ini menjelaskan sangat gamblang mengenai pandangan masyarakat umumnya terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), masalah yang terjadi di dalam pendidikan inklusif juga terkait manajemen pendidikan inklusif itu sendiri, sarana dan prasarana, serta juga bagaimana sekolah sebagai tempat terjadinya proses belajar dan mengajar bisa menyiapkan dirinya membantu pemerintah merealisasikan Nawa Cita pemerataan pendidikan untuk seluruh warga negara Indonesia. Dengan dijelaskannya beberapa hal di atas oleh penulis, saya yakin hal ini menjadi inspirasi pemerintah sebagai pembuat kebijakan, universitas sebagai lembaga penghasil tenaga pendidik atau guru, sekolah sebagai satuan pendidikan tempat untuk setiap anak belajar agar bisa mempersiapkan kurikulum dan melatih para guru untuk membuat program khusus, orangtua sebagai lingkungan utama dan pertama di dalam proses awal pendidikan, serta masyarakat sebagai lingkungan sosial tempat setiap anak-anak bertumbuh dan berkembang. —Lius Iman Santoso Ciputera, S.E., M.Pd. ( Director of Operations Kanaan Global School Jambi) Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Penulis membuka pemikiran saya bahwa pemisahan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus menjadikan diskriminasi terhadap mereka tumbuh di tengah masyarakat.

Manajemen Pendidikan

Penerapan manajemen pendidikan agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka proses manajemen pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang di dalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik, sekolah tanpa didukung proses manajemen yang baik, boleh jadi hanya akan menghasilkan kesemerautan lajunya organisasi, yang pada gilirannya tujuan pendidikan pun tidak akan pernah tercapai secara semestinya. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Bab 2 Manajemen Kurikulum Bab 3 Biaya Pendidikan Bab 4 Manajemen Kurikulum Bab 5 Evaluasi Bab 6 Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan Bab 7 Pengembangan Kompetensi Bab 8 Pengembangan Kurikulum Bab 9 Pemasaran Manajemen Pendidikan Bab 10 Manajemen Pendidikan Di Era Digital

Penerapan manajemen pendidikan agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka proses manajemen pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang di ...