Sebanyak 2144 item atau buku ditemukan

Manajemen Logistik

Buku ini menjelaskan secara detil mengenai manajemen logistik. Pembahasan dimulai pada bab 1 dengan pengantar manajemen logistik yang menjelaskan definisi dan aktivitas-aktivitas logistik. Selanjutnya pada bab 2 membahas strategi dan perencanaan logistik. Bab 3 dan 4 masing-masing membahas produk dan pelayanan konsumen dalam perspektif logistik. Pada bab 5 dibahas mengenai pemrosesan pesanan dan sistem informasi logistik. Pada bab 6 dan 7 membahas keputusan yang berhubungan dengan lokasi yaitu penentuan lokasi fasilitas dan perancangan konfigurasi jaringan. Selanjutnya pada bab 8 dan 9 membahas mengenai dasar-dasar dan keputusan-keputusan transportasi. Sedangkan bab 10 dan 11 membahas materi yang terkait dengan konsep dan keputusan - keputusan dalam pergudangan. Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga buku ini bisa diterbitkan dan diedarkan. Kami menyadari bahwa tak ada gading yang tak retak, demikian pula halnya buku ini masih mempunyai banyak kekurangan. Kritik dan saran sangat kami harapkan demi sempurnanya buku ini.

Letter of Credit, atau sering disingkat menjadi L/C, LC, atau LOC, adalah sebuah cara pembayaran internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen ...

Manajemen Perbankan

Perubahan konsumsi masyarakat mengubah keinginan masyarakat dalam menabung sehingga terjadi perubahan kemampuan bank dalam menghimpun dana masyarakat. Demikian juga dengan perubahan keinginan masyarakat dalam berinvestasi, mengubah penyerapan kredit oleh masyarakat, sehingga terjadi perubahan pendapatan bunga bank. Perubahan itu sering terkait dengan perubahan siklus perekonomian. Perubahan lingkungan industri perbankan seperti persaingan antar bank yang semakin ketat, pengelolaan bank yang semakin efisien, permintaan kredit dari masyarakat semakin bervariasi dan mobilisasi dana masyarakat semakin cepat, mengharuskan sebuah bank melakukan penyesuaian dalam mengelola bank menuju yang lebih baik. Pengelolaan bank yang baik dapat dilihat dari penyesuaian komposisi akun aktiva neraca bank yang semakin mampu mengimbangi perubahan lingkungan industri perbankan.

Disamping untuk mengatasi risiko bank menurut Sumartik dan Hariasih (2018), modal bank juga berfungsi untuk: a) Memenuhi keperluan operasional bank Operasional bank memerlukan aktiva tetap dan inventaris yang cukup, yang didanai dari ...

Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 1. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 1 ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia akuntansi dan keuangan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Kewirausahaan dan wirausaha • Peluang usaha produk barang/jasa • Dokumen administrasi usaha • Sumber daya usaha Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills ) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, dan mengasosiasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, esai, tugas proyek, dan lembar kegiatan siswa (LKS). Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang bisnis dan manajemen. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

5) Letter of credit adalah surat yang dikeluarkan bank devisa atas t perintah importir kepada eksportir luar negeri yang merupakan relasi dari importir yang diberikan hak kepada eksportir untuk menarik dana yang disebut dalam L/C. Dari ...

Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK/MAK Kelas XII. Program Keahlian Manajemen Perkantoran. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Edisi Revisi).

Buku yang berjudul Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK/MAK Kelas XII ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Manajemen Perkantoran untuk Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia perkantoran yang mengacu pada Kurikulum 2013 revisi tahun 2017. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Ruang lingkup keprotokolan • Regulasi bidang keprotokolan • Kegiatan keprotokolan • Persiapan penyelenggaraan pertemuan/rapat • Penyelenggaraan pertemuan/rapat • Notula pertemuan/rapat • Pembuatan susunan acara kegiatan • Pelaksanaan kegiatan pembawa acara/MC • Penyusunan perjalanan dinas (itinerary) • Penyimpanan dokumen administrasi humas dan keprotokolan • Mengevaluasi kegiatan administrasi humas dan keprotokolan Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda dan esai. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang perkantoran. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

Buku yang berjudul Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK/MAK Kelas XII ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Manajemen Perkantoran untuk Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan ...

Manajemen Kas pada Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara

Manajemen kas merupakan bagian dari wewenang Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara. Dalam pelaksanaannya, Menteri Keuangan menunjuk Direktorat Pengelolaan Kas Negara (PKN) sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) di tingkat pusat. Pengelolaan kas di Direktorat PKN sebagai bagian dari fungsi treasury Ditjen Perbendaharaan telah mengalami banyak perubahan. Meski telah mengalami banyak peningkatan, disadari masih terdapat beberapa aspek manajemen kas yang belum mencapai tahap yang diharapkan. Penyusunan modul ini dilaksanakan untuk memenuhi dua tujuan utama, yaitu untuk memetakan secara lengkap proses bisnis terkini yang dijalankan Direktorat PKN dalam menjalankan fungsinya sebagai Kuasa BUN Pusat, dan sebagai bagian dari upaya penyempurnaan atas proses bisnis yang telah dilaksanakan untuk kemudian dilakukan sinkronisasi dengan rencana implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang berbasis Oracle Finance. Disadari terdapat beberapa titik lemah pada manajemen kas yang perlu disempurnakan. Dalam proses perbaikan dan penyempurnaannya, ditetapkan strategi yang sistematis, terencana dan menyentuh berbagai aspek dalam manajemen kas serta memperhatikan skala prioritas yang perlu mendapatkan perhatian.

Management of SUs Treasury Account Management of SUs Treasury Account terkait dengan monitoring rekening bendahara pengeluaran pada Satker dan remunerasi yang diperoleh atas saldo rekening tersebut. Proses ini tergambar dalam diagram ...

Ilmu dan Manajemen Ternak Pedaging

Tantangan global new normal sektor peternakan pada saat ini dapat dijadikan momentum untuk membangun kemandirian dan kedaulatan pangan dengan memanfaatkan iptek untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas di bidang bisnis komoditas peternakan. Industri peternakan dituntut untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi karena adanya perubahan perilaku konsumen yang sadar akan nilal-nilai tuntutan kesehatan yang terjamin, higienis, dan terstandardisasi. Industri ternak pedaging merupakan salah satu sektor yang digeluti oleh masyarakat luas dari pengusaha peternakan hingga peternak rakyat. Industri ternak pedaging saat ini membutuhkan sumber daya manusia dalam menjawab tantangan dan peluang dalam pemenuhan produk pangan asal ternak pedaging. Salah satunya adalah mahasiswa Fakultas Peternakan, yang harus memiliki bekal untuk menjadi SDM unggul yang akan menjawab peluang dan tantangan tersebut. Buku “Ilmu dan Manajemen Ternak Pedaging” ini ditulis agar menjadi acuan atau buku ajar dalam menempuh mata kuliah llmu dan Manajemen Ternak Pedaging yang disampaikan di program sarjana Fakultas Peternakan. Materi pembahasan dalam buku ini yaitu peranan ternak pedaging dalam masyarakat, kebijakan pemerintah dan konsep dasar terkait dengan dinamika perkembangan ternak pedaging, bangsa-bangsa ternak pedaging, sistem pemeliharaan, sistem produksi, manajemen rutin (identifikasi ternak, dehorning, dan kastrasi), perkandangan, judging, manajemen pemeliharaan, pertumbuhan dan faktor-faktor yang memengaruhinya, evaluasi karkas, transportasi, serta perundang-undangan dan peraturan yang menyangkut peranan penting dalam penyediaan daging bagi masyarakat. Ilmu dan Manajemen Ternak Pedaging merupakan mata kuliah wajib dalam program studi peternakan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa untuk bekal kompetensi sebagai seorang sarjana peternakan.

... Invoice yaitu dokumen yang dibuat eksportir yang memuat perincian transaksi, seperti sales contract, letter of credit (L/C), purchase order, perincian barang, harga barang, detail pengapalan, dokumen lainnya yang disertakan.

Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan HasilRiset Pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara)

Dalam era globalisasi, tingkat ketergantungan antar bangsa tidak dapat dihindari lagi. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi mendorong terjadinya perdagangan bebas dimana dunia seakan-akan tanpa batas. Hal ini akan menimbulkan sebuah paradigma borderless world, yaitu dunia yang tidak mengenal batas-batas teritorial kedaulatan bangsa dan Negara. Dampak dari globalisasi itu sendiri sudah memasuki hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat di dunia, akibatnya peta kekuatan ekonomi dan iklim dunia bisnis akan diwarnai oleh persaingan yang semakin tinggi sehingga akan menimbulkan ketidakpastian baru yang melampaui kemampuan antisipasi setiap pelaku bisnis. Oleh karena itu setiap pelaku bisnis harus berupaya untuk lebih meningkatkan kemampuan dan ketangguhan mereka dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada agar dapat memenangkan persaingan. Sektor usaha yang semakin berkembang akibat dari adanya globalisasi ini adalah sektor jasa. Hal ini antara lain ditandai oleh adanya perubahan dalam kontribusi sektoral terhadap output nasional sebagai akibat terjadinya pergeseran tenaga kerja nasional dari sektor pertanian ke sektor industri untuk kemudian menuju ke sektor jasa. Sektor jasa sendiri dianggap sebagai tahapan tertinggi dalam proses perkembangan ekonomi di suatu negara dan yang perkembangannya pesat adalah sektor jasa pariwisata. Saat ini setiap negara berupaya untuk mendorong para pelaku bisnis pariwisata untuk menjalankan aktivitas bisnisnya sebaik mungkin. Hal ini berarti sebuah negara berupaya mendukung seoptimal mungkin pada para pelaku bisnis pariwisata untuk menawarkan daya tarik sumber dayanya kepada konsumen global, karena semakin banyak konsumen global masuk pada suatu negara maka pemasukan devisa akan semakin tinggi.

Di antara berbagai konsep dibahas oleh pemasaran dan literatur e-commerce, gagasan "nilai pelanggan" sering ditemukan menjadi prediktor penting dari perilaku pembelian dan pengaruh yang signifikan 75 NILAI PELANGGAN Pengertian Nilai ...