Sebanyak 821 item atau buku ditemukan

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas instrumen, serta teknik analisis data yang relevan dengan konteks PAI. Buku ini mengintegrasikan berbagai konsep evaluasi, teori-teori evaluasi, dan pendekatan modern yang mencakup neurosains, teknologi, dan kebijakan pendidikan dalam dunia pendidikan Islam. Dimulai dengan urgensi evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, buku ini menguraikan pentingnya evaluasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Dalam bab-bab selanjutnya, pembaca akan dibimbing untuk memahami konsep dan pendekatan evaluasi yang digunakan dalam PAI, serta perbedaan antara teori-teori evaluasi dari konteks Islam dan Barat. Buku ini juga membahas desain dan pendekatan evaluasi dalam penelitian, serta bagaimana teknik-teknik validasi dan reliabilitas instrumen dapat memastikan keakuratan dan keandalan evaluasi. Pembaca diajak untuk mengeksplorasi analisis data dalam evaluasi PAI, serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi terkait dengan etika dan bias dalam evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini mengkaji model evaluasi berbasis riset, serta penerapan kebijakan evaluasi dan perancangan kebijakan berbasis evaluasi, untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diambil berbasis pada hasil evaluasi yang valid dan objektif.

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas ...

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...