Sebanyak 38 item atau buku ditemukan

Kepemimpinan Kepala Sekolah : Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam

Seorang pemimpin adalah inspirator perubahan dan visioner, yaitu memiliki visi yang jelas dalam mengelola organisasi atau sekolah yang dipegang. Secara sederhana bahwa pemimpin adalah orang yang memegang kendali terhadap semua persoalan yang tengah dihadapi, sebuah lembaga pendidikan bisa mengukur keberhasilan sangat bergantung dari cara pengelolaan seorang pemimpin. Maka dari itu, untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan kolaborasi dari pemimpin pendidikan atau kepala sekolah dengan guru terutama dalam meningkatkan etos kerja guru, karena proses untuk mencapai tujuan tersebut sangat dibutuhkan kekompakan visi misi, kekompakan pandangan dan kerja sama yang baik anatara kepala sekolah dengan guru. Meilhat dari beberapa rujukan refernsi buku tentang peningkatan etos kerja guru pendidikan agama islam yang kaitan langsung dengan strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat minim ketersediaanya. Maka hadirnya buku ini sebagai salah satu solusi untuk menjawab kekurangan dari ketersediaan buku etos kerja guru pendidikan agama Islam. Buku ini akan mengupas tentang gaya, strategi dan peran kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan fungsinya dalam meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam. Di samping itu, buku ini mengupas tentang tugas dan dan tanggung jawab guru. Buku ini sangat cocok untuk kepala sekolah dan juga guru sebagai konsep dasar dalam mengelola lembaga pendidikannya untuk meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam.

Buku ini akan mengupas tentang gaya, strategi dan peran kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan fungsinya dalam meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam.

Kepemimpinan Kepala Sekolah (Konsep dan Strategis dalam Peningkatan Mutu Pendidikan)

Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin merupakan figur yang diharuskan memiliki kemampuan manajemen sistem dalam mengelola dan mengembakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah harus mampu memberikan petunjuk dan kepengawasan, meningkatkan mutu pendidikan, membuka komunikasi dan mendelegasikan tugas. Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin memiliki kepribadian yang kuat, memahami kondisi anak buah dengan baik, memiliki visi dan memahami misi sekolah, memiliki kemampuan mengambil keputusan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi. Pada dasarnya tugas utama pemimpin adalah membangun budaya kerja yang mendukung mencapai tujuan lembaga sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah sebagai pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan kapasitasnya agar dapat memberdayakan seluruh komponen lembaga sekolah, sehingga tugas kepala sekolah sebagai pemimpin seperti mendorong dan memberikan motivasi kepada seluruh komponen lembaga sekolah untuk mencapai tujuan bukan membatasinya.

Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin merupakan figur yang diharuskan memiliki kemampuan manajemen sistem dalam mengelola dan mengembakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Sedangkan kinerja adalah suatu prestasi yang dicapai oleh seseorang guru dalam melaksanakan tugasnya selama periode waktu tertentu sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditetapkan untuk pekerjaan tersebut. Kedua hal tersebut sangat erat kaitannya, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih maju, kreatif dan inovatif, penulis mencoba untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lingkungan Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru, motivasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK di lingkungan Kota Lhokseumawe. Sampel dalam penelitian adalah 81 guru. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial dan simultan diperoleh pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru, motivasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK di lingkungan Kota Lhokseumawe.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.