Sebanyak 242 item atau buku ditemukan

Percikan Pemikiran: Kepemimpinan dan Pendidikan

Buku ini mengupas pengalaman beberapa praktisi bisnis berbasis knowledge yang sempat diangkat dalam konferensi PBLS-SAS (Premier Busines Leadership Series) di Singapura, Agustus 2009 dan menjadi topik diskusi di beberapa millist berbasis alumni IPB. Selain itu, buku ini juga mengupas keteladanan dan pemikiran outliers Prof. Andi Hakim Nasoetion (alm) peletak fondasi pendidikan statistika di Indonesia dan tokoh statistisi kelas dunia dari India Prof. CR Rao.

Pendidikan adalah upaya sistematis agar manusia memahami hubungan antar
manusia dan juga dengan makhluk hidup lainnya, termasuk dengan alam
lingkungan. Maka dari itu, pendidikan bisa dikatakan dasar dari proses
pembangunan ...

Modernisasi Pesantren: Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren

Kehadiran buku ini seolah ingin membantah anggapan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan agama yang konservatif, tradisional, dan terbelakang, dibandingkan dengan lembaga pendidikan non-pesantren. Kenapa? Karena apa yang sebenarnya terjadi dan berlangsung diam-diam dan pelan tapi pasti dalam kurun dua dekade terakhir ini, pesantren telah mulai melakukan pembenahan-pembenahan. Semua itu berjalan sukses, dan salah satu faktornya adalah kepemimpinan yang terus bertransformasi di pesantren. Kiai sebagai komponen terpenting pesantren dalam hal ini memain¬kan peranan sangat menentukan dalam proses ini. Sebab pada kiai-lah semua keputusan tentang pesantren dijalankan, termasuk reformasi kependidikannya.

Pada masa Kiai Abdul Majid, Pesantren Banyuanyar mengalami kemajuan yang
sangat pesat dalam bidang sarana dan prasarana serta dalam jumlah santri.
Prestasi pondok pada ... Pesantren Banyuanyar di bidang pendidikan.
Tujuannya ...

Manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam

Management and leadership in Islamic education in Indonesia.

Management and leadership in Islamic education in Indonesia.

Kepemimpinan Stratejik

Pelajaran dari Yunani Kuno hingga Bangladesh

"Kepemimpinan Stratejik" adalah hasil proses hubungan timbalbalik antara pemimpin dan mereka yang dipimpin, yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan organisasi secara berkelanjutan. Buku ini berisi beberapa cuplikan terpilih tentang "Kepemimpinan Stratejik" dalam peristiwa, waktu, dan tempat tertentu, yang benar-benar terjadi di waktu lalu, dimulai dari Xenophon pada zaman Yunani Kuno hingga Muhammad Yunus pada zaman modern ini di Bangladesh. Penuturan "Kepemimpinan Stratejik" tokoh-tokoh terpilih tersebut dimaksudkan agar para pembaca dapat mengidentifkasi sendiri ciri-ciri universal apa yang ada pada tokoh-tokoh terpilih tersebut, yang dapat dijadikan masukan untuk berspekulasi tentang pola “Kepemimpinan Stratejik” yang relevan di abad XXI ini. Salah satu konsep yang menonjol, yang tampaknya akan berkelanjutan dampaknya di abad XXI ini adalah "Kepemimpinan Pelayan", yaitu kepemimpinan yang muncul dari orang yang menempatkan diri pada posisi pelayan terhadap orang lain, yang berakhir dengan penerimaan dan pengakuan terhadap dirinya sebagai pemimpin. Pertanyaan yang akhirnya dihadapkan kepada pembaca untuk dijawabnya sendiri ialah: "Apakah saya seorang Pemimpin-Pelayan?"

"Kepemimpinan Stratejik" adalah hasil proses hubungan timbalbalik antara pemimpin dan mereka yang dipimpin, yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan organisasi secara berkelanjutan.

Kepemimpinan Pendidikan

Konsep Dan Aplikasi

Concept and application of educational leadership in Indonesia.

Concept and application of educational leadership in Indonesia.

Kepemimpinan kharismatis

tinjauan teologis-etis atas kepemimpinan kharismatis Sukarno

Theological perspective on charismatic leadership of Soekarno, 1901-1970, first President of Indonesia.

Ketiga , faktor pendidikan ikut berperan . Sebagaimana telah ditunjukkan , arete
memiliki aspek intelektual dan etis dalam pandangan Yunani . Agaknya
Aristoteles mengajarkan hal ini kepada Alexander Agung . Jadi , unsur
pendidikan ...

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa PENULIS: Dudih Sutrisman, S.Pd. ISBN: 978-602-443-670-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 140 halaman Sinopsis: Sebagai salah satu wahana untuk memberikan pemahaman politik kepada masyarakat dengan tujuan masyarakat dapat memiliki tingkat kesadaran politik dan partisipasi yang tinggi dalam kehidupan politik, pendidikan politik tidak dapat dipandang sebelah mata. Persepsi merupakan proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuknya suatu tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan segala sesuatu yang sedang terjadi pada lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Hasil dari persepsi bisa berupa tanggapan atau penilaian yang berbeda dari setiap individu. Kepemimpinan memiliki beberapa fungsi yang berhubungan dengan situasi atau keadaan sosial dalam kelompok atau organisasi. Rivai dan Mulyadi (2013, hlm. 34) menyatakan bahwa fungsi kepemimpinan memiliki dua dimensi seperti: (a) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat kemampuan mengarahkan (direction) dalam tindakan atau aktivitas pemimpin, dan (b) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan (support) atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksanakan tugas-tugas pokok kelompok/organisasi. Mahasiswa dikatakan sebagai Agent of Change, artinya mahasiswa sebagai agen perubahan dimana mereka banyak melakukan perubahan dalam berbagai bidang yang digelutinya terutama untuk perubahan bangsa dan negara yang lebih baik, atau perubahan yang dilakukan melalui organisasi yang diikutinya. Selain itu, mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat untuk berbicara kepada pemerintah. Sejarah telah membuktikan setiap perubahan tidak terlepas dari peran aktivis mahasiswa. Hal ini menjadi sebuah tuntutan untuk mahasiswa masa kini agar meraih prestasi melebihi pendahulunya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa PENULIS: Dudih Sutrisman, S.Pd. ISBN: 978-602-443-670-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 140 halaman Sinopsis: Sebagai salah satu wahana untuk memberikan ...

Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan

(Formal, Non Formal, dan Informal)

Diskursus pendidikan merupakan satu masalah yang senantiasa aktual untuk diangkat ke permukaan. Hal ini disebabkan oleh biasnya kegiatan pendidikan dan pembelajaran di lapangan dari target-target yang telah ditetapkan dalam tujuan pendidikan. Antara bagaimana yang terjadi (das sein) dan seharusnya terjadi (das sollen) saat ini jaraknya masih terlalu lebar, jauh dari harapan, jauh panggang dari apinya. Kegiatan berpendidikan yang dilakukan hingga sekarang masih belum mengena pada target yang diinginkan, bahkan tampak menjauh dari harapan dan cita-cita, belum sinkron antara konsep awal dengan tujuan akhir. Padahal berbagai kajian keilmuan telah dilakukan agar kegiatan mendidik anak manusia ini tidak salah arah dan tidak terkesan mubazir. Hal ini menjadi preseden buruk, karena besaran energi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang diinginkan, yaitu pelaksanaan kegiatan pendidikan yang bertujuan menjadikan objek dan subjeknya menjadi lebih cerdas dan beradab masih jauh dari kenyataan.

Buku Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan (Formal, Non Formal, dan Informal) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam: Gontor, Kemodernan, dan Pembelajaran Bahasa

Gontor menjadi salah satu nama yang menjadi lambang dikenalnya Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Justru nama lokasi pondok lah yang kemudian mayshur dibandingkan nama resminya sendiri. Sebagai pelopor pendidikan Islam modern di Indonesia, Gontor memiliki tempat spesial bagi dunia pesantren. Pola yang dikembangkan dalam proses pendidikan Gontor menginspirasi lembaga pendidikan lain dalam melakukan percontohan. Pendidikan Islam modern yang dikenal saat ini dalam khazanah Indonesia tidak lepas dari Gontor yang memulai istilah dan model awal dan justru kini berkembang, serta menjadi suatu corak tersendiri bagi madrasah Indonesia. Baik pengembangan yang berlangsung secara kelembagaan dari Gontor sendiri, maupun jaringan alumni yang mendirikan pesantren dengan mengadopsi model Gontor dalam manajemen pesantren. Sampai saat ini, Gontor sudah menjangkau sampai ke wilayah Aceh, dan jaringan pesantren alumni tersebar sampai ke timur Indonesia.

... (2) Pengajaran bahasa Arab dan Inggris dilaksanakan dengan metode langsung (direct method) tanpa terjemah ke dalam bahasa daerah atau Indonesia; (3) Menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran dan ...