Sebanyak 2132 item atau buku ditemukan

Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia

Dari awal persentuhan dengan Bumi Nusantara beberapa abad yang lalu, Islam menyebar dalam damai, nyaris tanpa pertumpahan darah, hingga kemudian meresap dan menjadi bagian dari kultur bangsa ini. Kedamaian tersebut tidak bisa lepas dari cara penyebaran Islam yang lebih menitik-beratan pada ajaran Islam itu sendiri, yaitu toleran pada budaya dan kearifan lokal. Bahkan dalam perkembangannya, budaya dan kearifan lokal tersebut sering kali digunakan untuk menyampaikan pesan Islam ke seluruh lapisan masyarakat. Persentuhan yang bersifat mutualis tersebut menjadikan pendidikan Islam berkembang dalam berbagai bentuk mulai dari pengajian informasi di surau, pengajaran semi formal oleh para kiai besar, hingga ke bentuk formal berupa pembentukan dan pendirian pondok pesantren dengan aktivitas ajar mengajar yang lebih berstruktur. Dan, fleksibilitas tersebut kembali ditunjukkan dunia pendidikan Islam ketika bersentuhan sistem pendidikan modern pasca-kemerdekaan dengan bermetamorfosis menjadi bentuk baru. Contohnya, madrasah yang merupakan penggabungan nilai pesantren tradisional dan sekolah modern; demikian pula dengan pesantren yang saat ini lebih membuka diri terhadap pelbagai perkembangan ilmu pendidikan modern dalam proses ajar mengajar. Dengan demikian, perannya sebagai agen perubahan bagi masyarakat sekitar masih terus terpelihara sampai kini. Rangkaian potret perjalanan sejarah tersebut yang kemudian menjadi tema utama buku ini. Ditambah dengan analisis kritis berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pendidikan Islam di Indonesia seperti: profesionalisme guru madrasah, tantangan perguruan tinggi Indonesia, inovasi pendidikan Islam, serta kontribusi pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa. Buku ini menjadi referensi yang sangat berharga bagi mereka yang tertarik kepada bidang pendidikan Islam sekaligus bagi para pendidik yang sudah bergelut di dalamnya. --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Ketika itu telah menjadi bagian dari pribadinya maka ia telah berbentuk karakter. Saat sekarang di Tanah Air kita ini sedang marak sekali perbincangan mengenai pendidikan karakter, hal ini tentu karena dirasakan sekali di masyarakat ...

Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia

Buku ini mengkritik persepsi kalangan sarjana terutama kaum islamis yang memandang madrasah sebagai lembaga monolitik. Misalnya, madrasah Islam di Pakistan dipersepsikan sebagai lembaga pendidikan yang sama dengan madrasah di Thailand dan Indonesia. Persepsi demikian menyebabkan generalisasi yang menyesatkan, bila dikaitkan dengan opini bahwa madrasah sebagai tempat di mana nilai-nilai radikalisme dan terorisme disemaikan. Sebagai satu kajian ilmiah, buku ini sangat penting bagi para akademisis, mahasiswa studi Islam maupun umum, para pendidik saerta pemerhati sosial-politik dan keagamaan. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Misalnya, madrasah Islam di Pakistan dipersepsikan sebagai lembaga pendidikan yang sama dengan madrasah di Thailand dan Indonesia.

Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia

Buku ini merupakan hasil pengembangan dari hasil penelitian penulis saat menempuh pendidikan tinggi. Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan metode penelitian kebijakan (policy research). Penelitian kebijakan terdiri dari, yaitu: penelitian untuk kebijakan, dan penelitian tentang kebijakan. Penelitian tersebut menggunakan penelitian tentang kebijakan (research of policy) yang memfokuskan pada penelitian rumusan kebijakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis isi (content analysis). Teknik analisis isinya adalah dengan membandingkan isi/rumusan PP RI No. 55 Tahun 2007 mengenai pendidikan keagamaan Islam dengan teori kebijakan publik. Buku ini dibagi menjadi beberapa pokok bahasan. Bab I merupakan bagian pendahuluan yang berisi tentang problematika kebijakan pendidikan Islam di Indonesia. Bab II membahas tentang perkembangan kebijakan pendidikan keagamaan Islam di Indonesia sejak masa kolonial hingga masa reformasi. Bab III membahas tentang teori kebijakan publik. Bab IV membahas tentang pendidikan keagamaan Islam dalam PP RI No. 55 Tahun 2007. Bab V membahas tentang PP RI No. 55 Tahun 2007 dalam perspektif kebijakan publik.

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat ...

Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia

Sebagai buku ajar, buku Sejarah Pendidikan Islam ini memberikan suatu pemahaman mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pembaruan pendidikan Islam di Indonesia, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk menyelidiki dan mengetahui sejauh mana kemajuan yang telah dicapai, serta menggali dan meninjau kembali faktor-faktor pendorong atau penghambat kemajuan pendidikan Islam di masa lampau untuk kemudian diterapkan di masa sekarang. Melalui buku ini, pembaca juga akan mengetahui bahwa pendidikan Islam memiliki peran besar terhadap sejarah bangsa dan tanah air.

Sebagai buku ajar, buku Sejarah Pendidikan Islam ini memberikan suatu pemahaman mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pembaruan pendidikan Islam di Indonesia, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Rising Islamic Conservatism in Indonesia

Islamic Groups and Identity Politics

This edited volume argues that the rise of Islamic conservatism poses challenges to Indonesia's continued existence as a secular state, with far-reaching implications for the social, cultural and political fortunes of the country. It contributes a model of analysis in the field of Indonesian and Islamic studies on the logic of Islamic conservative activism in Indonesia. This volume presents informative case studies of discourses and expressions of Islamic conservatism expressed by leading mainstream and upcoming Indonesian Islamic groups and interpret them in a nuanced perspective. All volume contributors are Indonesian-based Islamic Studies scholars with in-depth expertise on the Islamic groups they have studied closely for years, if not decades. This book is an up-to-date study addressing contemporary Indonesian politics that should be read by Islamic Studies, Indonesian Studies, and more broadly Southeast Asian Studies specialists. It is also a useful reference for those studying Religion and Politics, and Comparative Politics.

This edited volume argues that the rise of Islamic conservatism poses challenges to Indonesia's continued existence as a secular state, with far-reaching implications for the social, cultural and political fortunes of the country.

Politik ekonomi Islam di Indonesia

studi kebijakan regulasi perbankan Syariah di era Orde Baru

On Islamic banking during the New Order era in Indonesia.

Ekonomi Islam, kelembagaan, dan konteks keindonesiaan

dari politik makro ekonomi hingga realisasi mikro

On macro-economics from Islamic perspective in Indonesia.

On system of economics and macroeconomics from Islamic perspective in Indonesia.

Membumikan ekonomi Islam di Indonesia

Islamic economic system in Indonesia; collected articles.

Islamic economic system in Indonesia; collected articles.

Hukum ekonomi Islam (ekonomi syariah) di Indonesia

aplikasi & prospektifnya

Application and prospect of Islamic law in Indonesian economic system.

Application and prospect of Islamic law in Indonesian economic system.