Sebanyak 1529 item atau buku ditemukan

Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah: Penemuan dan Kaidah Hukum

Buku ini merupakan kelanjutan buku 1 yang telah terbit sebelumya, yaitu Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik. Buku ini disajikan dimulai dengan pembahasan umum tentang bagaimana sistem dan prinsip ekonomi syariat, bentuk-bentuk transaksi ekonomi syariat yang berkembang di masyarakat, jenis-jenis kegiatan ekonomi syariat yang menjadi kewenangan peradilan agama, dan bagaimana penyelesaian sengketa ekonomi syariat, juga menjelaskan sedikit tentang hal-hal yang dimaksud dengan iktikad baik dalam menilai suatu akad/kontrak. Dibahas pula tentang penemuan hukum, bagaimana proses penemuan hukum, apa sumber-sumber dalam melakukan penemuan hukum dan sejauh mana urgensi penemuan hukum serta bagaimana metode penemuan hukum dilakukan. Berikutnya, dibahas tentang yurisprudensi, kaidah hukum dan putusan penting (landmark decision), bagaimana proses suatu putusan menjadi yurisprudensi, dan bagaimana pula kedudukan, serta urgensi yurisprudensi dalam proses penemuan hukum di Indonesia. Selanjutnya, barulah dibahas tentang bagaimana penemuan-penemuan dan kaidah-kaidah hukum dalam putusan-putusan kasasi perkara ekonomi syariat sesuai dengan jenis sengketa yang selalu diajukan ke pengadilan agama, antara lain: wanprestasi, keadaan memaksa (force majeur), perbuatan melawan hukum (PMH), murabahah, musyarakah, mudarabah, dan eksekusi hak tanggungan syariat, dan perlu ditambahkan bahwa eksekusi lainnya tidak dijelaskan dalam buku ini karena sampai saat ini belum ada putusan pada tingkat kasasi yang terkait dengan hal tersebut. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini merupakan kelanjutan buku 1 yang telah terbit sebelumya, yaitu Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik.

Penguatan hubungan ekonomi dan keuangan internasional dalam mendukung pembangunan nasional

On fiscal policy for economic development in Indonesia; collection of articles.

On fiscal policy for economic development in Indonesia; collection of articles.

Ekonomi Internasional

Adapun tujuan disusunnya buku ini adalah untuk membantu para pembaca, memahami bahwa Ilmu Ekonomi dan Perdagangan Internasional merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu ekonomi pembangunan dan perdagangan internasional. Buku ini terdiri dari 12 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Karakteristik Ekonomi Internasional Bab 2 Teori Perdagangan Internasional Klasik Bab 3 Teori Perdagangan Internasional Modern Bab 4 Kebijakan Ekonomi Internasional Tariff Bab 5 Nilai Pertukaran (Term of Trade) Bab 6 Liberalisasi Perdagangan Bab 7 Perusahaan Multinasional Bab 8 Perdagangan Internasional dan Pertumbuhan Ekonomi Bab 9 Pasar Valuta Asing dan Sistem Nilai Tukar Bab 10 Neraca Pembayaran Internasional Bab 11 Kebijakan Moneter dan Fiskal dalam Keseimbangan Internal dan Eksternal Bab 12 Model Ekonomi Terbuka

Buku ini terdiri dari 12 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Karakteristik Ekonomi Internasional Bab 2 Teori Perdagangan Internasional Klasik Bab 3 Teori Perdagangan Internasional Modern Bab 4 Kebijakan Ekonomi Internasional Tariff Bab 5 ...

Bisnis Desain Ekonomi Kreatif

Perspektif Internasional dan Nusantara

Industri kreatif mewakili salah satu bidang terpenting di Indonesia, ekonomi global abad kedua puluh satu, sejak 1990-an, ia telah digembar-gemborkan sebagai salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat, dan sekarang dipandang penting bagi keberhasilan sebagian besar ekonomi berkembang dan maju, itu potensi industri kreatif untuk menangkap pasar nasional. Sedangkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif, kita perlu mengenal kekuatan negara kita sendiri, yaitu negara Indonesia. Indonesia adalah negara yang sangat potensial untuk pengembangan ekonomi kreatif. Sehingga buku ini hadir untuk menyadarkan kita akan hal itu. Hal yang kita perlu ketahui adalah: industri kreatif siapa? Kita perlu menanyakannya, karena banyak diskusi tentang industri kreatif atau ekonomi kreatif (juga disebut sebagai industri budaya). Dalam bidang kebijakan, keilmuan, dan industri mengandalkan jawaban yang sangat terbatas untuk pertanyaan itu. Dengan demikian, jawaban standarnya adalah: industri kreatif memilih sektor spesialis ekonomi; hanya beberapa jenis pekerjaan atau pekerjaan yang dianggap kreatif; tidak banyak negara dapat membanggakan ekonomi kreatif, sebuah anggapan telah menyatakan bahwa industri kreatif mengacu pada industri hak cipta, yang rencana bisnisnya dibuat untuk membuat hasil kreatif dari individu-individu berbakat menjadi properti intelektual, dan kemudian menjualnya.

Industri kreatif mewakili salah satu bidang terpenting di Indonesia, ekonomi global abad kedua puluh satu, sejak 1990-an, ia telah digembar-gemborkan sebagai salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat, dan sekarang dipandang ...

Ilmu ekonomi

untuk konteks Indonesia

Economics; with special reference to Indonesia.

Jika permintaan uang untuk pembayaran internasional harus dipenuhi , harga
emas yang dinyatakan dalam mata uang nasional harus dinaikkan ( berarti ,
devaluasi oleh beberapa negara ) atau beberapa bentuk uang internasional
lainnya ...

Perkembangan dunia usaha, organisasi bisnis, dan ekonomi di Indonesia, 1950-2000

History of business and economic development in Indonesia from 1950 to 2000.

Ijin operasi bagi bank - bank asing di Indonesia dimaksudkan untuk menarik dana luar negeri , membantu membuka pintu bagi investasi asing dan memberikan pengalaman serta teknologi perbankan modern bagi Indonesia .

Aplikasi Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi

Dalam bisnis global dan lingkungan ekonomi saat ini, siapapun dapat mengakses sejumlah besar informasi atau data statistik untuk pengambilan keputusan secara efektif. Ilmu statistik pada dasarnya merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan menyimpulkan data atau fakta. Data yang diolah dapat memberikan informasi yang berguna dalam membantu pengambilan keputusan baik untuk bisnis maupun nonbisnis. Statistik dapat juga digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel yang dapat diukur secara kuantitatif (quantitative variable) dan kualitatif (qualitative variable), secara kuantitatif misalnya jumlah barang yang dihasilkan, jumlah barang yang dijual, biaya promosi dan lain-lainnya. Sedangkan secara kualitatif misalnya selera konsumen, sikap konsumen, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan lain-lainnya. Statistik dapat digolongkan menjadi 2 bagian yaitu, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif menggambarkan dan menganalisis data yang sudah ada dalam bentuk tabel, grafik dan ukuran-ukuran gejala pusat seperti rata-rata hitung, median, modus, simpangan baku dan angka indeks harga. Sedangkan statistik inferensial membahas tentang probabilitas, distribusi normal, distribusi sampling, estimasi/pendugaan, pengujian hipotesis, regresi dan korelasi. Buku yang sederhana ini adalah sebagai penuntun dan dilengkapi dengan soal-soal latihan serta jawabannya. Buku ini diharapkan juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan baik dalam bidang bisnis maupun nonbisnis.

Dalam bisnis global dan lingkungan ekonomi saat ini, siapapun dapat mengakses sejumlah besar informasi atau data statistik untuk pengambilan keputusan secara efektif.