Energi Kreatif Meraih Sukses untuk Memenangkan Persaingan
Tantangan besar yang dihadapi pemasar adalah perubahan lanskap pasar terutama terkait dengan kecenderungan globalisasi dan perubahan karakter pasar. Iklim kompetisi cenderung semakin ketat dengan kompetitor yang semakin banyak dan ‘kuat’, sementara konsumen juga semakin kritis dan ‘cerdas’ dengan ekspektasi tuntutan layanan yang semakin tinggi. Dalam kondisi demikian ini maka seorang pemasar dituntut untuk mampu menjadi ‘visionary marketer’, yang mampu berpikir dan bertindak strategis holistik. Tidak cukup lagi seorang pemasar tanpa visi, yang hanya mempertimbangkan keuntungan jangka pendek tanpa memikirkan masa depan perkembangan perusahaan. Wajar bila ada yang mengatakan, musuh utama seorang pemasar sebenarnya bukan kompetitornya tetapi adalah perubahan. Mengapa? Karena kemampuan menyikapi perubahan akan menentukan keberhasilan seorang pemasar dalam proses pemasarannya. Banyak pengalaman membuktikan, para pemasar sukses adalah mereka yang mampu membaca dengan tepat arah perubahan kemudian mampu meramu resep tepat untuk menggarap pasar yang sedang berubah. Buku merupakan potret dan catatan kritis dalam menyikapi denyut perubahan dunia pemasaran. Penulis mencoba mendokumentasikan gerak dinamis kegiatan pemasaran dalam bentuk tulisan ringan, bersandar pada referensi pendapat para pakar pemasaran, sekaligus pengalaman panjang penulis sebagai pemasar.
Dampak dari pandemi Covid-19 tidak hanya pada kesejahteraan masyarakat tetapi juga pada perekonomian Indonesia karena perusahaan akan menghentikan setiap kegiatannya, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu yang terpengaruh oleh pandemi ini adalah saham di perusahaan di Bursa Efek Indonesia dan kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan di Bursa Efek Indonesia mengalami penurunan salah satunya indeks LQ45. Indeks LQ45 merupakan hasil perhitungan dari 45 saham yang dipilih melalui beberapa kriteria penyeleksian dimana harus memiliki nilai likuiditas yang tinggi, juga mempertimbangkan kapitalisasi pasarnya, indeks LQ45 berisi 45 saham yang disesuaikan setiap enam bulan yaitu Fabruari dan Agustus dengan demikian saham yang terdapat dalam indeks LQ45 akan selalu berubah.
Dampak dari pandemi Covid-19 tidak hanya pada kesejahteraan masyarakat tetapi juga pada perekonomian Indonesia karena perusahaan akan menghentikan setiap kegiatannya, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.