Sebanyak 2140 item atau buku ditemukan

Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013

Dalam dunia akademik kita bergelut dengan istilah strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Namun dikarenakan kurang akrab dengan istilah-istilah tersebut, sering sekali kemudian kita terjebak dengan pengucapan yang keliru. Mengabaikan kebakuan istilah-istilah tersebut mengakibatkan kerancuan atau gagal paham sehingga jangan heran kemudian muncul lulusan perguruan tinggi ketika ditanya perbedaan dari beberapa istilah di atas akan menjawab sekenanya saja. Sebagai contoh cooperative learning. Tidak jarang ada yang menduga cooperative learning adalah strategi pembelajaran, padahal cooperative learning adalah model dan atau pendekatan dalam sebuah pembelajaran. Contoh lain, inkuiri. Sebagian kita juga menyangka inkuiri adalah model pembelajaran, padahal lebih tepatnya inkuiri itu disebut metode pembelajaran. Pada kesempatan yang lain pula ada seorang guru menyampaikan atau menuliskan dalam silabus pembelajaran beberapa metode pembelajaran akan tetapi yang ia tulis bukan metode melainkan teknik pembelajaran. Adapun teknik pembelajaran yang sering diduga sebagai metode seperti Teknik Penugasan, Teknik Diskusi, Teknik Tanya Jawab, Teknik Ceramah dan lain sebagainya. Dalam buku Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini, penulis tidak akan meluas kan pembahasan sampai kepada strategi, pendekatan, dan teknik pembelajaran. Untuk edisi lengkap akan penulis sampaikan pada buku terbitan selanjutnya. Oleh karena itu, sesuai dengan judul buku ini Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka pembaca akan disuguhi penjelasan secara gamblang tentang model dan metode pembelajaran sebab dua istilah ini seringkali dipertukarkan. Dan pembaca akan mendapati bagaimana aplikasi dari metode pembelajaran tersebut yang tentunya telah penulis sesuaikan dengan konteks Kurikulum 2013.

Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.”.

Mengembangkan Kerjasama : Melalui Proses Belajar, Kommunikasi, Partisipasi Antar Budaya Di Dalam Dua Programme Pendidikan Alternatif Bagi Anak-Anak Di Ciberon, Indonesia (Januari - Augustus 1992)

I knew that Islam was an important part of many of the children's lives and that as
a pendamping both for the street children and children of SD Pulasaren, it was
important for me to learn about Islam and what it meant to them. Through the ...

Islamic Studies Book1 For Teenagers

This book provided by Islamkotob.com as public domain book to share Islamic knowledge.If you have benefited from the book please donate to the publisher using Bitcoin 1KabbwfAuLBCRYD8xGQkEvUkXCbpzBgvdR If you have any comments on published book contact info [at] islamkotob.com

Islamic Studies for Class-1 (Goodword)

This course has been designed to present the young students comprehensive Islamic education, comprising general Islamic knowledge based on the Quran and Hadith. Instead of teaching moral principles directly, they are taught through themes chosen from the Quran and other Islamic sources. A major portion of the course comprises the text of the Quran, which is followd by exercises to test the depth of understanding of the students. Though basically intended for use as a school text book, it is also an ideal tool for home schooling involving both the parents and the children. In this way children will nt only learn the ethical values conveyed by the message of Islam but will also be stimulated to want to know more about Islamic teachings when they grow up.