Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

Relationship Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bank

Penekanan buku kedua ini masih pada penerapan strategi pemasaran pada bidang perbankan yang memang digeluti oleh penulis sehari-sehari. Strategi yang diangkat menyangkut relationship marketing yang merupakan bagian penting dari strategi pemasaran secara holistik di era global dengan tujuan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah dan menciptakan keunggulan bersaing bank sehingga dapat memenangkan persaingan pada industri perbankan. Secara umum dapat digambarkan bahwa bentuk penerapan relationship marketing pada bank meliputi kepercayaan, komitmen perusahaan, kompetensi, komunikasi dan penanganan konflik. Dalam prosesnya, bank juga perlu memperkuat penerapan komponen yang dibutuhkan sebagai sebuah perusahaan sehingga relationship marketing dapat diimplementasikan dengan baik, komponen tersebut adalah Manusia (People), Pengetahuan (Knowledge), Proses (Process) dan Teknologi (Technology). Selain itu, pelayanan bank perlu tetap dipertahankan termasuk cara – cara untuk mempertahankan nasabah juga semakin ditingkatkan sehingga jumlah nasabah yang loyal meningkat karena dengan upaya mempertahankan nasabah yang loyal akan lebih efektif untuk dilakukan daripada mencari nasabah baru. Kompetensi karyawanpun harus ditingkatkan baik dari segi pengetahuan maupun kemampuan untuk dapat menangani berbagai macam masalah yang dihadapi nasabah dalam hubungannya dengan bank.

... bank menjadi trend dan boleh dikatakan sebagai prototype dari pola pemasaran secara umum di beberapa perusahaan sehingga suksesnya bisnis sebuah bank merupakan tolok ukur majunya pemasaran secara holistik di era teknologi digital.