Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini menggunakan pembelajaran tematik-integratif. Hal yang membedakan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 adalah adanya buku guru dan buku siswa. Pentingnya buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran tidak diimbangi dengan kualitas materi, misalnya pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan membaca. Materi membaca yang ada pada buku siswa masih kurang dan belum menerapkan pendekatan proses pada kompetensi membaca, khususnya untuk pembelajaran kelas tinggi. Hal ini dikuatkan dari hasil wawancara terhadap beberapa guru kelas IV SD Negeri di UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Wawancara tersebut mengidentifikasi adanya kebutuhan guru terhadap buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Buku ini akan menjabarkan bagaimana cara mengembangkan buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses pada Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Buku teks pelajaran tersebut digunakan sebagai pelengkap buku guru dan buku siswa untuk memperkaya materi kurikulum 2013.
Judul Buku: Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling (Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan) Penulis: 1. Darmawan Harefa, S.Pd., M.Pd. 2. Kaminudin Telaumbanu, S.Pd., M.M. Penerbit: PM Publisher bekerja sama dengan Penerbit Embrio Percetakan: Digital Printing Jogja Tahun Terbit: 23 September 2020 ISBN: 9786236653210 Blurb: Pemahaman teori pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku ini tentang Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan, akan sangat membantu penggiat Akademik untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang digunakan dalam melakasanakan proses pembelajaran maupun penelitian, serta dapat memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi mahasiswa dan guru untuk dijadikan sebagai bahan referensi belajar. Buku ini akan mengajak Anda untuk "berkenalan secara umum mengenai Teori Manajemen dalam Bimbingan Konseling serta kajian-kajian yang behubungan dengan manajemen bimbingan konseling" secara intensif dengan belajar bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan. Sehingga memudahkan bagi akademisi untuk memperoleh bahan rujukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku ini ditulis pada umumnya, untuk memberikan gambaran realita dalam kemampuan belajar dan berpikir secara praktis melalui teori manajemen dalam bimbingan konseling serta aplikasinya dalam pembelajaran lewat kehidupan sehari-hari. Buku ini terbagi atas Lima Bab. Masing-masing isi dalam Bab mengandung berbagai teori secara umum perkembangan belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam perkembangan belajar kearah yang lebih baik dan sederhana.
Analisi sistem, rancangan sistem, dan manajemen member petunjuk dalam mengoperasionalkan pendekatan sistem merupakan tiga unsure pokok yang berusaha mengenal esensi keterpaduan berbagai unsur dalam memecahkan masalah yang sifatnya ...
Padahal kesenian Islami adalah rahmatan lil alamin , seperti lilin yang
menerangi hal ikhwal yang ada di sekitarnya . Oleh karena itu kegiatan ini
diselenggarakan pada sebuah lembaga pendidikan Islam yaitu pesantren .
Pertimbangan ...
This book tells the story of the contacts and conflicts between muslims and christians in Southeast Asia during the Dutch colonial history from 1596 until 1950. The author draws from a great variety of sources to shed light on this period: the letters of the colonial pioneer Jan Pietersz. Coen, the writings of 17th century Dutch theologians, the minutes of the Batavia church council, the contracts of the Dutch East India Company (VOC) with the sultans in the Indies, documents from the files of colonial civil servants from the 19th and 20th centuries, to mention just a few. The colonial situation was not a good starting-point for a religious dialogue. With Dutch power on the increase there was even less understanding for the religion of the muslims . In 1620 J.P. Coen, the strait-laced calvinist, had actually a better understanding and respect for the muslims than the liberal colonial leaders from the early 20th century, convinced as they were of western supremacy.
In his view colonial education , " without encroaching on the domain of religion , ”
should be concerned with “ eradicat [ ing ] superstition and at the same time moderat [ ing ] or stem [ ming the harmful influence of malicious or hostile priests
and ...
Buku Dinamika Politik Indonesia Kontemporer: Politik Identitas Di Era Disrupsi Informasi merupakan hasil dari kompetisi penulisan artikel ilmiah populer yang diselenggarakan FISIP UB dalam rangka DIES NATALIS Ke-16. Buku ini menjadi salah satu upaya dari FISIP UB dalam mendokumentasikan fenomena politik Indonesia kontemporer melalui tulisan-tulisan yang dibuat oleh dosen dan mahasiswa di lingkup Malang Raya. Sebagai sebuah buku bunga rampai tentang politik Indonesia kontemporer buku ini berisi tentang isu-isu kekinian terkait politik identitas, politik di era disrupsi informasi, serta politik multikulturalime. Diharapkan kehadiran buku ini bisa menambah referensi bagi para pemerhati politik Indonesia.
Pendapat Benjamin Valentino mengenai konflik sosial yang terjadi di Indonesia
pada era desentralisasi cukup memadai sebagai instrumen analisis, yaitu
kuatnya kepentingan elit politik dalam suatu konflik (Wilson, Chris: 2008: 16).