Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengembangan Keprofesian Guru Berbasis Produk Karya Tulis Ilmiah

Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Hal ini dikarenakan guru merupakan tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan sangat penting dalam mencapai visi pendidikan nasional. Terkait dengan amanat undang-undang tersebut guru yang profesional wajib melakukan kegiatan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan

A. Konsep Produk Riset Guru Kualitas Kinerja Guru dalam tugas penelitian dikutip dari Arif Rachman (1997) bahwa penelitian yang berkualitas memenuhi syarat dari beberapa aspek penelitian, yakni: Permasalahan dengan latar belakangnya, ...

Bahasa Indonesia Reseacrh Kaidah, Strategi, dan Teknik Menulis Karya Ilmiah

Penulis mengawali pembahasan dengan materi konsep dasar bahasa. Kita akan mengetahui secara komprehensif terkait hakikat bahasa, sejarah perkembangan bahasa, sejarah linguistik terapan, dan objek linguistik terapan. Sebagai kajian pelengkap, penulis menambahkan pembahasan tentang hubungan linguistik dengan pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui, bahasa terdiri dari kumpulan kata yang masing-masing mempunyai makna. Kumpulan kata ini telah disusun secara alfabetis oleh ahli bahasa, kemudian dibukukan menjadi kamus beserta penjelasan artinya. Kamus ini pada akhirnya menjadi pegangan saat kita akan mengungkapkan gagasan dalam bentuk bahasa. Berhubungan dengan hal di atas, gagasan yang diungkapkan melalui bahasa harus disusun dengan aturan yang tepat. Kita harus memilih dan menyusun kata-kata sesuai dengan aturan bahasa. Seperangkat aturan bahasa inilah yang kemudian dikenal dengan tata bahasa. Dalam buku ini, kita akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kebahasaan, terutama penggunaan bahasa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Melalui buku ini, pembaca diharapkan menjadi mahir dalam penulisan karya ilmiah, khususnya dalam menulis laporan tugas akhir akademik seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Semoga buku ini menjadi inspirasi pembaca dalam meningkatkan produktivitasnya menulis karya tulis ilmiah.

Penulis mengawali pembahasan dengan materi konsep dasar bahasa.

Pemenang ke ... Sayembara Karya Tulis Mahasiswa IAIN se Indonesia

Kita sudah ketahui bahwa masyarakat kebanyakan gemar membaca, apakah itu bacaan yang berupa buku-buku ilmiah buku-buku hiburan, jajalah komik dan sebagainya. Dengan buku itulah kita pergunakan peluang dan kesempatan yang baik, ...

Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI. Dalam pengajaran komponen bahasa kosa kata (mufradat) maupun tata bahasa (qawaid) kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana karakteristik siswa yang akan kita ajar, dan materi yang akan diajarkan haruslah menarik. Dalam pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing pertama yang diperkenalkan kepada siswa, guru adalah model yang ditiru siswa dalam menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, keterampilan bahasa lisan dan keterampilan tulisan dalam pembelajaran bahasa arab harus diajarkan untuk menghindari salah pengertian dan juga untuk memberi kesempatan seluasluasnya kepada siswa untuk mengunakan bahasa arab.

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI.

Media Pembelajaran Bahasa Arab

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman. Sama halnya dunia pendidikan, seorang guru harus extra menguras otaknya guna memilah strategi atau metode yang cocok dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan maka dalam hal ini media sangat berperan penting untuk menghidupkan suasana kelas. Pada awalnya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru yang berupa visual saja. Namun, seiring berjalannya waktu media kini semakin berkembang dan canggih mengikuti kemajuan zaman menjadi alat penyalur pesan yang menunjang PBM. Yang dulu hanya berupa visual, sekarang bisa ditemui media audio visual seperti film, televisi dan lain-lain.

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman.

Buku Kosakata Bahasa Prancis

Pendekatan Berbasis Topik

Buku kosakata ini berisi lebih dari 3000 kata dan frasa bahasa Prancis yang dikelompokkan berdasarkan topik untuk memudahkan Anda memilih hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Selain itu, bagian kedua buku ini berisi dua bagian indeks yang dapat digunakan sebagai kamus dasar untuk mencari kata dalam salah satu dari dua bahasa. Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Prancis ini? Tidak yakin harus memulai dari mana? Kami sarankan Anda untuk memulai dengan bab kata kerja, kata sifat, dan frasa di bagian satu buku ini. Anda akan mendapatkan landasan yang kokoh guna belajar lebih lanjut dan memiliki cukup kosakata bahasa Prancis untuk komunikasi dasar. Kamus di paruh kedua buku ini dapat digunakan kapan saja untuk mencari kata-kata yang Anda dengar di jalan, kata-kata bahasa Prancis yang ingin Anda ketahui terjemahannya, atau sekadar untuk mempelajari beberapa kata baru sesuai urutan abjad. Kesimpulan: Buku kosakata telah ada selama berabad-abad dan, dengan banyaknya hal yang terjadi hingga era modern ini, buku kosakata mungkin dianggap ketinggalan zaman dan membosankan, tetapi sebenarnya sangat berguna. Dilengkapi kamus bahasa Prancis dasar, buku kosakata bahasa Prancis ini merupakan sumber daya yang bagus untuk mendukung Anda sepanjang proses pembelajaran dan sangat berguna pada saat internet tidak tersedia untuk mencari kata-kata dan frasa.

Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Prancis ini? Tidak yakin harus memulai dari mana?

KAMUS DASAR BAHASA JEPANG - INDONESIA

Dilengkapai dengan contoh penggunaannya

Dari sisi linguistik [kebahasaan], bahasa apa pun yang masih survive di dunia ini, sesungguhnya memerlukan sebuah kamus sebagai referensi utamanya. Tegasnya, kamus merupakan akses utama bagi seorang pengguna dan pencinta bahasa untuk menemukan sebuah entri, lema, atau istilah yang sulit didapat. Ia juga menjadi alat untuk mempermudah —sekaligus mempercepat— pengguna bahasa guna menemukan lema atau entri yang dikehendakinya. Pun, menjadi sebuah jatidiri bagi kemandirian sebuah etnis, baik secara politis maupun ekonomis. Penyusunan sebuah kamus tidaklah semudah menyusun sebuah buku ilmiah biasa karena, bagaimanapun, pencarian entri, lema, kata, dan istilah memerlukan prasyarat yang tidak ringan. Oleh karena itu, dapatlah dikatakan bahwa penyusunan kamus merupakan pekerjaan yang menuntut kreativitas dan kedinamisan yang sangat tinggi. Dikatakan demikian karena pencarian entri, lema, dan istilah akan terus berlangsung seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamus Dasar Bahasa Jepang-Indonesia ini memiliki kekhasan dibandingkan dengan kamus berbahasa Jepang lainnya, yakni pencatuman huruf hiragana-katakana, untuk menjelaskan sebuah kata, berikut contoh pemakaian dalam sebuah kalimat. Tentu saja, cara ini semakin mempermudah pengguna kamus dalam mencari sebuah entri. Itulah antara lain kelebihan kamus ini.

Kamus Dasar Bahasa Jepang-Indonesia ini memiliki kekhasan dibandingkan dengan kamus berbahasa Jepang lainnya, yakni pencatuman huruf hiragana-katakana, untuk menjelaskan sebuah kata, berikut contoh pemakaian dalam sebuah kalimat.

Buku Kosakata Bahasa Tagalog

Pendekatan Berbasis Topik

Buku kosakata ini berisi lebih dari 3000 kata dan frasa bahasa Tagalog yang dikelompokkan berdasarkan topik untuk memudahkan Anda memilih hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Selain itu, bagian kedua buku ini berisi dua bagian indeks yang dapat digunakan sebagai kamus dasar untuk mencari kata dalam salah satu dari dua bahasa. Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Tagalog ini? Tidak yakin harus memulai dari mana? Kami sarankan Anda untuk memulai dengan bab kata kerja, kata sifat, dan frasa di bagian satu buku ini. Anda akan mendapatkan landasan yang kokoh guna belajar lebih lanjut dan memiliki cukup kosakata bahasa Tagalog untuk komunikasi dasar. Kamus di paruh kedua buku ini dapat digunakan kapan saja untuk mencari kata-kata yang Anda dengar di jalan, kata-kata bahasa Tagalog yang ingin Anda ketahui terjemahannya, atau sekadar untuk mempelajari beberapa kata baru sesuai urutan abjad. Kesimpulan: Buku kosakata telah ada selama berabad-abad dan, dengan banyaknya hal yang terjadi hingga era modern ini, buku kosakata mungkin dianggap ketinggalan zaman dan membosankan, tetapi sebenarnya sangat berguna. Dilengkapi kamus bahasa Tagalog dasar, buku kosakata bahasa Tagalog ini merupakan sumber daya yang bagus untuk mendukung Anda sepanjang proses pembelajaran dan sangat berguna pada saat internet tidak tersedia untuk mencari kata-kata dan frasa.

Ketiga bagian tersebut menjadikan buku ini sumber daya yang sangat bermanfaat bagi pembelajar dari semua tingkat. Bagaimana cara menggunakan buku kosakata bahasa Tagalog ini? Tidak yakin harus memulai dari mana?