Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Bunga Rampai Strategi, Proses, Evaluasi, dan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada Era Pandemi Covid-19

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital dan berbagai metode pembelajaran menyebabkan berbagai problematik dan berpotensi menghambat tercapainya kompetensi dan ketuntasan belajar siswa. Buku bunga rampai ini merupakan salah satu upaya untuk melihat serta menyelesaikan problematik di masyarakat khususnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) melalui gagasan ataupun pengalaman yang sudah diterapkan. Sehingga buku ini diharapkan dapat menjadi inspirasi khususnya untuk insan pendidikan di bidang Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana dengan baik. Pada buku ini juga memberikan gambaran terkait pelaksanaan pembelajaran PJOK yang dilihat dari empat (4) aspek utama yaitu, strategi, proses, evaluasi dan model pembelajaran PJOK utamanya selama masa Pandemi Covid-19. Gagasan dan pengalaman yang dituangkan pada masing-masing aspek sangat menarik dan relevan terhadap kegiatan pembelajaran jarak jauh di Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Sehingga buku ini merupakan wujud nyata kolaborasi dari akademisi dan praktisi untuk memberikan manfaat pada pendidikan di Indonesia

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital dan berbagai metode pembelajaran menyebabkan berbagai problematik dan berpotensi menghambat tercapainya kompetensi dan ketuntasan belajar siswa.

Model pembelajaran pendidikan karakter

panduan operasional untuk pembelajaran online dan dilengkapi contoh implementasi pada mapel PAI & BP

Dalam ajaran Islam, karakter adalah akhlak. Akhlak berasal dari bahasa Arab, yaitu kata al-khuluq. Akhlak dimaknai sebagai tingkah laku, perangai, budi pekerti, atau moral yang indikator baik buruknya berlandaskan pada ajaran agama. Berdasarkan hal tersebut, karakter sebagai akhlak adalah selama penekanan dan landasannya berpusat pada ajaran agama, khususnya ajaran Agama Islam. Sehingga, tujuan pendidikan karakter yaitu berupaya mewujudkan manusia yang berakhlak mulia, berupa akhlak kepada Allāh dan Rasul-Nya, akhlak kepada dirinya sendiri, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter seyogyanya dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif, yaitu bukan hanya fokus pada pendekatan nalar, tetapi juga harus ada pendekatan hati dan latihan atau pembiasaan. Selain itu, pelaksanaan pendidikan karakter juga harus mampu menyesuaikan dengan situasi, kondisi, dan berbagai perkembangan yang mempengaruhi kehidupan manusia.

Aplikasi pembelajaran online merupakan bagian yang menentukan karakteristik dari suatu lingkungan pembelajaran. Setiap aplikasi memiliki dan membentuk karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut akan mempengaruhi bagaimana interaksi ...

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Ekonomi SMA

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, dengan rekan guru yang bertindak sebagai Observer dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA, yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) angket sederhana, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Salah satu contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ditulis Sebagai Salah Satu Persyaratan kenaikan pangkat golongan ruang dari III/C ke III/D jabatan fungsional guru SMA, khususnya Guru Ekonomi atau IPS. Anda bisa manfaatkan dokumen ini untuk menulis Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) anda sendiri. Dokumen/pdf ini bisa di download dan dimanfaatkan oleh anda sepenuhnya diluar Google Play Book (tidak diproteksi) dan bisa di pindahkan (copy paste) kemana saja anda suka Bila anda butuh bimbingan dan lain-lain dalam hal penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) anda sendiri, anda bisa kontak kami, nomor telepon dan lain-lain bisa anda lihat di halaman lampiran dari dokumen ini (halaman terakhir).

Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Model pembelajaran anak usia dini

membentuk generasi cemerlang harapan bangsa

Problems in early childhood education in Indonesia.

Problems in early childhood education in Indonesia.

Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Mengajar Geografi

Harapan saya Buku ini dapat memberikan informasi pengetahuan dan pengalaman kepada para guru, sehingga dapat memperbaiki dalam pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran untuk meningikatkan hasil belajar siswa.

Harapan saya Buku ini dapat memberikan informasi pengetahuan dan pengalaman kepada para guru, sehingga dapat memperbaiki dalam pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran untuk meningikatkan hasil belajar siswa.

Tari kariaan

model pembelajaran tari anak-anak di daerah Subang, Jawa Barat

On kariaan dance from Subang City, West Java Province; a study model and method.

On kariaan dance from Subang City, West Java Province; a study model and method.

Penerapan Model Pembelajaran SOLE di Sekolah Bencana

Buku ini disusun dalam beberapa tema, yaitu: kualitas kerja, komitmen kerja, budaya mutu, kajian penelitian relevan, keterkaitan komitmen, dan budaya mutu terhadap kualitas kerja guru. Tujuannya untuk memberikan penjabaran secara runut dan mendalam tentang cara mewujudkan kinerja guru yang berkualitas. Selain itu disertai juga dengan indikator capaiannya yang dikaitkan dengan faktor komitmen guru dan budaya mutu yang ada di sekolah.

Buku ini disusun dalam beberapa tema, yaitu: kualitas kerja, komitmen kerja, budaya mutu, kajian penelitian relevan, keterkaitan komitmen, dan budaya mutu terhadap kualitas kerja guru.

Model Pembelajaran Inovatif

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai model pembelajaran berbasis inovatif. Buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. Sistematika buku ”Model Pembelajaran Inovatif” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar model pembelajaran berbasis inovatif, diantaranya: Konsep Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran berbasis High Order Thinking Skill (HOTS), Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Penemuan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai model pembelajaran berbasis inovatif.