Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Pendidikan Agama Islam

Adapun menurut istilah adalah menyampaikan ajaran yang benar sesuai
dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Tablig juga merupakan salah satu sifat
dari ... menyampaikan ilmu tersebut. Selain itu, di dalam Al-Qur'an terdapat ayat-
ayat ...

Epistemologi pendidikan Islam

dari metode rasional hingga metode kritik

Epistemologi Islam n kibat epistemologi Barat yang mengistimewakan peranan
manusia dalam memecahkan “ segala sesuatu ” , dan dalam waktu bersamaan
menentang dimensi spiritual yang kemudian menjadi sumber utama krisis ...

Pendidikan Agama Islam

Sesuai Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016

Buku ini membahas 8 materi pokok Pendidikan Agama Islam sebagaimana yang direkomendasikan dalam Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016. Didesain layaknya modul perkuliahan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa, untuk perkuliahan daring maupun luring.

Buku ini membahas 8 materi pokok Pendidikan Agama Islam sebagaimana yang direkomendasikan dalam Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016.

Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia

Dari awal persentuhan dengan Bumi Nusantara beberapa abad yang lalu, Islam menyebar dalam damai, nyaris tanpa pertumpahan darah, hingga kemudian meresap dan menjadi bagian dari kultur bangsa ini. Kedamaian tersebut tidak bisa lepas dari cara penyebaran Islam yang lebih menitik-beratan pada ajaran Islam itu sendiri, yaitu toleran pada budaya dan kearifan lokal. Bahkan dalam perkembangannya, budaya dan kearifan lokal tersebut sering kali digunakan untuk menyampaikan pesan Islam ke seluruh lapisan masyarakat. Persentuhan yang bersifat mutualis tersebut menjadikan pendidikan Islam berkembang dalam berbagai bentuk mulai dari pengajian informasi di surau, pengajaran semi formal oleh para kiai besar, hingga ke bentuk formal berupa pembentukan dan pendirian pondok pesantren dengan aktivitas ajar mengajar yang lebih berstruktur. Dan, fleksibilitas tersebut kembali ditunjukkan dunia pendidikan Islam ketika bersentuhan sistem pendidikan modern pasca-kemerdekaan dengan bermetamorfosis menjadi bentuk baru. Contohnya, madrasah yang merupakan penggabungan nilai pesantren tradisional dan sekolah modern; demikian pula dengan pesantren yang saat ini lebih membuka diri terhadap pelbagai perkembangan ilmu pendidikan modern dalam proses ajar mengajar. Dengan demikian, perannya sebagai agen perubahan bagi masyarakat sekitar masih terus terpelihara sampai kini. Rangkaian potret perjalanan sejarah tersebut yang kemudian menjadi tema utama buku ini. Ditambah dengan analisis kritis berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pendidikan Islam di Indonesia seperti: profesionalisme guru madrasah, tantangan perguruan tinggi Indonesia, inovasi pendidikan Islam, serta kontribusi pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa. Buku ini menjadi referensi yang sangat berharga bagi mereka yang tertarik kepada bidang pendidikan Islam sekaligus bagi para pendidik yang sudah bergelut di dalamnya. --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Ketika itu telah menjadi bagian dari pribadinya maka ia telah berbentuk karakter. Saat sekarang di Tanah Air kita ini sedang marak sekali perbincangan mengenai pendidikan karakter, hal ini tentu karena dirasakan sekali di masyarakat ...

Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Buku ini diberi judul: Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Digunakan kata pemberdayaan dengan maksud agar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di sekolah semakin efektif dan mencapai tujuan yang diharapakan. Dengan demikian, isi pokok buku ini adalah menyajikan apa saja upaya yang dilakukan agar Pendidikan Agama Islam di sekolah membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dipandang dari berbagai aspek. Tidak dapat dimungkiri bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) mengalami berbagai problema. Problema-problema itu ada yang berasal dari pendidik, peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, manajemen, pendekatan yang dilakukan, dan lain sebagainya. Berdasarkan problema yang dihadapi itulah sebagai landasan untuk dicarikan solusinya. Diharapkan buku ini akan menjadi bacaan bagi para guru agama, yang kepada merekalah tujuan utama ditulis buku ini, begitu juga buku ini dapat digunakan oleh calon guru agama yang sedang berkuliah di Fakultas Tarbiyah atau Program Studi Tarbiyah pada tingkat strata 1 dan Program Studi Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam pada program strata 2 dan 3, juga buku ini dapat digunakan oleh pemerhati dan pencinta pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini diberi judul: Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Digunakan kata pemberdayaan dengan maksud agar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di sekolah semakin efektif dan mencapai tujuan yang diharapakan.

Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang. Konsep yang berkembang nampaknya belum sepenuhnya terambil dari al-Qur’an dan hadits. Yang berkembang di buku-buku pendidikan Islam cenderung konsep yang matang dan banyak peneliti yang tidak mengembangkannya lagi. Maka karya ini adalah upaya untuk mengembangkan konsep pendidikan Islam yang penulis uraikan dari penafsiran sebagian ayat-ayat al-Qur’an dan dikomparasikan dengan pengetahuan Hadits. Maka dalam hal ini penulis memakai tafsir maudhu’I yaitu mengkaji ayat-ayat yang berhubungan dengan prinsip dan tahapan pendidikan Islam, terutama ayat yang menunjukkan tahapan pendidikan anak dan bagaimana mendidik anak dalam al-Qur’an melalui penafsiran kisah-kisah yang tersurat dalam al-Qur’an.

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang.

Pendidikan Islam

Cara Mendidik Anak Saleh, Smart dan Pekerja Keras

Pendidikan berkualitas bagi anak muslim sejak dini adalah kunci keberhasilan pendidikan anak muslim dan jaminan menuju generasi muda bangsa yang berkualitas, agamis, sehat, cerdas dan pekerja keras. Kegagalan dalam pendidikan anak muslim sejak dini adalah musibah bagi anak didik itu sendiri, orang tua, lingkungan, agama dan bangsa. Kesuksesan orang tua terletak pada kesuksesannya dalam mendidik anak dan mengantarnya menyongsong masa depan yang cerah penuh harapan. Dan itu tidak mudah. Perlu perencanaan yang terstruktur dan matang serta melaksanakannya dengan penuh disiplin. Buku ini memberi gambaran cara mendidik anak secara terencana itu. Daftar Isi Pengantar Pengasuh ....................... 6 Pengantar Penulis .......................... 7 Daftar Isi ....................................... 13 BAB I : Pendidikan Balita Memilih Pasangan ......................... 17 Pendidikan Islam Anak Usia 1 Tahun 22 Pendidikan Pranatal........................ 27 Pendidikan Islam Anak Usia 2 Tahun 33 Pendidikan Islam Anak Usia 3 Tahun 37 Pendidikan Islam Anak Usia 4 Tahun 41 Pendidikan Islam Anak Usia 5 Tahun 47 BAB II : Pendidikan Usia SD dan Remaja Pendidikan Islam Anak Usia 6 Tahun 53 Pendidikan Islam Anak Usia 7 Tahun 57 Pendidikan Islam Anak Usia 8 Tahun 63 Pendidikan Islam Anak Usia 9 Tahun 68 Pendidikan Islam Anak Usia 10 Tahun 72 Pendidikan Islam Anak Usia 11 Tahun 76 Pendidikan Islam Anak Usia 12 Tahun 81 Pendidikan bagi Remaja.................. 86 BAB III : Kunci Sukses Mendidik Anak Pendisiplinan Anak......................... 91 Penghargaan Pada Anak ................. 96 Penghargaan dan Sanksi ................. 100 Keteladanan Orang Tua .................. 104 Keteladanan Lingkungan ............... 109 Keteladanan Tontonan ................... 114 Belajar Mendidik Anak dari China . 119 Kapan Anak Boleh Punya HP? ....... 124 Kapan Anak Boleh Punya Motor? .. 128 BAB IV : Membangun Kepribadian Metode Pendidikan Islam ............... 133 Membangun Karakter Kepemimpinan Anak.............................................. 137 Membangun Kecerdasan Anak ....... 141 Mendidik Anak Gemar Membaca ... 146 TV dan Pendidikan ........................ 150 Mencegah Perilaku Feodalistik Anak 154 BAB V : Pendidikan Islam Filsafat Pendidikan Islam ............... 161 Kronika Sistem Pendidikan Islam ... 170 Pendidikan di Era Keemasan Islam . 178 Kemunduran Pendidikan Islam ....... 189 Menuju Kebangkitan Islam dengan Pendidikan dan Gemar Membaca.... 199 Pesantren dan Pendidikan Anti-Korupsi 209 Ulama Ahli Hadits Perempuan ....... 221 Pesantren Dan Pendidikan Anti Teror 229 Tentang Penulis ......................................... 241

Daftar Isi Pengantar Pengasuh ....................... 6 Pengantar Penulis .......................... 7 Daftar Isi ....................................... 13 BAB I : Pendidikan Balita Memilih Pasangan ......................... 17 Pendidikan ...

Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi

Buku ajar PAI yang dikembangkan dengan pendekatan interdisipliner merupakan alternatif bahan ajar untuk memperbaiki pembelajaran PAI di pergurauan tinggi. Dikatakan demikian karena implementasi PAI dengan pendekatan interdisipliner merupakan respons terhadap tantangan dan perkembangan zaman. Yakni PAI yang pandangan-pandangan dan analisis-analisisnya memanfaatkan dan mengaitkan antar berbagai disiplin ilmu maupun diskursus kontemporer. Dengan demikian, diharapkan mampu mengantarkan lahirnya output yang kritis, analitis, berwawasan luas, dan berjiwa terbuka. Sehingga, target dan cita-cita yang ingin dicapai oleh PAI itu sendiri sesuai dengan harapan masyarakat, yakni mencetak ilmuwan dan profesional yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan.

Buku ajar PAI yang dikembangkan dengan pendekatan interdisipliner merupakan alternatif bahan ajar untuk memperbaiki pembelajaran PAI di pergurauan tinggi.