Secara garis besarnya buku kepemimpinan dan supervise berisi tentang konsep kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Motivasi dalam Kepemimpinan, Kepemimpinan Transformasional, Transaksional dan Visioner dan Supervisi pendidikan. Buku ini dipersembahkan untuk ayahanda Jamaluddin (alm) dan Ibunda tercinta Khodijah yang tidak henti-hentinya memberikan motivasi dan do’a sehingga menjadi dorongan dalam menyelesaikan studi, semoga menjadi amal yang diterima di sisi Allah SWT. Aamin.
Secara garis besarnya buku kepemimpinan dan supervise berisi tentang konsep kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Motivasi dalam Kepemimpinan, Kepemimpinan Transformasional, Transaksional dan Visioner dan Supervisi pendidikan.
Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena berkat Ridlo dan kehendakNyalah penulisan modul ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan. Modul supervisi akademik ini ditulis dari berbagai pengalaman penulis, mulai dari mengikuti kegiatan bimbingan supervisi akademik yang dilaksanakan secara online oleh PPPPTK dan PLB Bandung, Diklat Calon Kepala Sekolah, maupun dari apa yang penulis pelajari dari berbagai literatur, pengalaman penulis dalam melaksanakan supervisi akademik selama menjadi kepala sekolah, dengan tujuan untuk memudahkan para kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan supervisi akademik di sekolah. Tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sesuai Permendikbud No.6 Tahun 2018 tentang penugasan guru menjadi kepala sekolah Bab VI Pasal 15, bahwa Beban Kerja Kepala Sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan. Beban kerja Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertujuan untuk mengembangkan sekolah dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan. Dalam hal ini penulis mencoba membuat modul supervisi akademik untuk membantu para kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi supervisi di sekolah yang dipmpinnya
Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena berkat Ridlo dan kehendakNyalah penulisan modul ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan.
... dewan guru, " workshop" , seminar bacaan terpimpin, konseling kelompok, "
buluten board", karya wisata, "questioner" ... dilakukan apabila ada masalah
khusus yang dihdapai guru tertentu dan meminta bimbingan tersendiri dari
supervisor.
Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis / Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan
Pendidikan Guru masing - masing bertindak sebagai koordinator dan pembina
para Pengawas dalam bidang yang sejenis . Bagian Ketiga Susunan Organisasi
...
LB 2953 T36 BAB I PENDAHULUAN Dalam rangka pembaharuan pendidikan
telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang mempengaruhi arah pembinaan pendidikan secara nasional . Oleh karena itu Pemerintah cq . Departemen Pen ...
Berdasarkan lima dimensi kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah khususnya pada dimensi kompetensi supervisi bahwa Kepala Sekolah/madrasah menjadi keharusan untuk dapat merencanakan program supervisi akademik dan melaksanakan supervisi akademik serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Implementasi dimensi kompetensi supervisi oleh Kepala Sekolah/madrasah pada tataran selanjutnya akan berdampak pada peningkatkan mutu proses pembelajaran dan selanjutnya akan meningkatkan mutu kelulusan atau output sekolah yang dipimpinnya.
Seiring perkembangan zaman problematika peserta didik di sekolah semakin beragam.Jalan pikiran mereka menjadi terbagi dengan masalah diluar sekolah dan di dalam sekolah.Suatu tindak layanan sekolah pada peserta didik dengan bimbingan konseling yang mengarahkan para peserta didik untuk mengetahui bakat dan potensi dalam diri mereka. Bimbingan konseling biasanya berbicara mengenai aspek psikologis, ini akan sangat penting jika ada banyak gangguan psikis pada peserta didik yang biasanya tertekan masalah dan tidak mampu menangkap pelajaran dengan baik. Perlunya bimbingan konseling dapat berfungsi sebagai pemantau masalah-masalah siswa yang berkaitan tentang masalah kelainan tingkah laku dan adaptasi.Sulitnya salah satu siswa untuk bergaul dan cenderung mengasingkan diri dari teman-temannya memiliki akar permasalahan yang biasanya beruntun.
Seiring perkembangan zaman problematika peserta didik di sekolah semakin beragam.Jalan pikiran mereka menjadi terbagi dengan masalah diluar sekolah dan di dalam sekolah.Suatu tindak layanan sekolah pada peserta didik dengan bimbingan ...