Sebanyak 41484 item atau buku ditemukan

Solusi Jitu Evaluasi & Kompetensi

Kunci Jawaban Buku Soal Bahasa Indonesia SMA kelas XI SOLUSI JITU
EVALUASI & KOMPETENSI BAHASA INDONESIA SMA & MA. PEMBELAJARAN
III A . MENYIMAK / MENDENGARKAN 1 . E 3 . C 4 . D 5 . D 2 . A BERBICARA 3 .
D 4 .

Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan

asesmen kelas merupakan suatu set teknik asesmen yang dapat digunakan dalam memahami kondisi dan pengusaaan peserta didik dalam materi pelajaran yang sudah diberikan, dan juga merupakan suatupendekatan untuk memahami kekurangan dalam proses pembelajaran berdasarkan informasi asesmen yang dikemukakan peserta didik. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

asesmen kelas merupakan suatu set teknik asesmen yang dapat digunakan dalam memahami kondisi dan pengusaaan peserta didik dalam materi pelajaran yang sudah diberikan, dan juga merupakan suatupendekatan untuk memahami kekurangan dalam proses ...

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Kata “pembelajaran” lebih menekankan pada kegiatan belajar peserta didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional dan sosial, sedangkan kata “pengajaran” lebih cenderung pada kegiatan mengajar dosen di kelas. Dengan demikian, kata “pembelajaran” ruang lingkupnya lebih luas daripada “pengajaran”. Dalam arti luas, pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik, yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (dosen) dengan peserta didik., sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memugkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, naik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri dosen secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

EVALUASI PENDIDIKAN

Evaluasi memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran. Melalui evaluasi yang komprehensif akan dapat diketahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Untuk itu, pengetahuan tentang evaluasi pendidikan menjadi mutlak diperlukan bagi guru, calon guru, dan praktisi pendidikan. Seiring tuntutan kompetensi yang harus dikuasai siswa, diperlukan juga variasi dalam melakukan evaluasi. Buku ini selain menyajikan kajian teoretis tentang evaluasi, penilaian, pengukuran juga membahas berbagai macam bentuk penilaian yang secara aplikatif digunakan dalam proses pembelajaran. Variasi model penilaian, seperti: portofolio, penilaian proyek, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja, dan penilaian diri disajikan tidak hanya secara teoretis tapi juga aplikatif dengan disertai contoh instrumen.

Untuk itu, pengetahuan tentang evaluasi pendidikan menjadi mutlak diperlukan bagi guru, calon guru, dan praktisi pendidikan. Seiring tuntutan kompetensi yang harus dikuasai siswa, diperlukan juga variasi dalam melakukan evaluasi.

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum, oleh karenanya penting bagi seluruh civitas akademika untuk dapat menggunakan buku ini sebagai salah satu referensi diantara buku pokok lainnya. [yessy, nur, endah, sary, evaluasi, pembelajaran]

Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum ...

Evaluasi pembelajaran mata kuliah keterpaduan iptek dan Islam sebagai upaya menyusun dan merumuskan konsep integrasi sains dan agama di IAIN Walisongo

laporan penelitian individu

Evaluation on integrated curriculum of science, technology, and Islam in Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Evaluation on integrated curriculum of science, technology, and Islam in Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.