Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

BAHASA JEPANG

Evaluasi Hasil Belajar (Teori dan Praktik)

Buku ini menyajikan pembahasan yang sangat menarik tentang bagaimana seorang pendidik menemukan metode evaluasi pembelajaran, khususnya bahasa Jepang, dalam mendapatkan hasil pembelajaran yang didapat oleh seorang peserta didik, dengan mengacu pada kategorisasi taksonomi pembelajaran. Melalui buku ini, seorang pendidik dan pengajar bahasa Jepang akan memahami makna evaluasi dalam pendidikan; pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi; objek-objek evaluasi; jenis-jenis, tujuan dan manfaat, dan alat evaluasi. Tidak hanya itu, setelah mempelajari buku ini, seorang tenaga pendidik dan pengajar bahasa Jepang juga dijamin akan memahami tiga hal yang berhubungan erat dengan kegiatan evaluasi; istilah penilaian, pengukuran dan evaluasi sendiri.

Buku ini menyajikan pembahasan yang sangat menarik tentang bagaimana seorang pendidik menemukan metode evaluasi pembelajaran, khususnya bahasa Jepang, dalam mendapatkan hasil pembelajaran yang didapat oleh seorang peserta didik, dengan ...

Perencanaan & Evaluasi Kesehatan

Kegagalan pencapaian suatu tujuan program pada umumnya, dan khususnya di sektor pelayanan kesehatan yang terjadi disebabkan karena kegagalan penyusunan perencanaan dan evaluasi di bidang kesehatan. Oleh karena itu, Buku Perencanaan & Evaluasi Kesehatan ini disusun untuk memfasilitasi mahasiswa calon sarjana kesehatan dan para praktisi di bidang kesehatan agar dapat memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam penyusunan program di bidang kesehatan. Ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dibahas dalam buku ini sesuai kebutuhan perencanaan kesehatan, yakni pada bagian awal diberikan penguatan terhadap penguasaan teori dasar penyusunan perencanaan dan evaluasi, model pendekatan sistem dalam program kesehatan, bagaimana mengidentifikasi masalah dan metodenya, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan perencanaan yang didukung data dan informasi serta teknik penjadwalan operasionalisasi dan teknik evaluasi serta kriteria keberhasilan. Buku ini juga dilengkapi dengan pengetahuan analisis jaringan kerja dan evaluasi program dan teknik review untuk mengetahui sejauh mana program dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengembangan strategi penyusunan proposal juga sangat penting untuk dipelajari, karena persetujuan suatu proyek ketika pembaca tertarik dengan isi proposal yang diajukan. Intinya, bagaimana menyusun rencana strategi, rencana SDM dan fasilitas kesehatan yang konkrit dan realistis, bagaimana perencanaan profit dan bisnis pada fasilitas pelayanan kesehatan Badan Layanan Umum atau Perjan. Selanjutnya, di bagian akhir diberikan teknik penyusunan budget di Rumah Sakit dan Puskesmas, serta pengetahuan perencanaan di tingkat Puskesmas dan KIA. Dan pada lampiran diberikan contoh-contoh soal bagi para mahasiswa untuk mengevaluasi pemahaman dan kemampuan dalam menyusun perencanaan kesehatan. “If You Fail To Plan, You Are Planning To Fail” (Kron & Gray 1987).

Oleh karena itu, Buku Perencanaan & Evaluasi Kesehatan ini disusun untuk memfasilitasi mahasiswa calon sarjana kesehatan dan para praktisi di bidang kesehatan agar dapat memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam penyusunan ...

Pengukuran Dan Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes Dan Pengukuran Dalam Olahraga Pendidikan Dan Prestasi)

Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan gambaran kepada para mahasiswa (calon guru), guru, pelatih dan pembina Pendidikan Jasmani dan Olahraga tentang prosedur pengukuran dan evaluasi olahraga. Buku ini berisi konten-konten tentang tes, pengukuran dan evaluasi berbagai komponen kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga dan tes psikologi seorang atlet atau olahragawan. Pengukuran Dan Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes Dan Pengukuran Dalam Olahraga Pendidikan Dan Prestasi) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Pengukuran Dan Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes Dan Pengukuran Dalam Olahraga Pendidikan Dan Prestasi) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Evaluasi Pembelajaran

Perkembangan sistem pendidikan di Tanah Air menuntut penyesuaian dalam segala faktor yang memengaruhi pelaksanaan sistem pendidikan termaksud. Salah satu diantaranya yang langsung mendapat sorotan utama adalah evaluasi. Keberadaan evaluasi dalam pendidikan adalah integral dalam proses belajar dan pembelajaran. Perkembangan evaluasi pengajaran yang terakhir ini adalah bahwa evaluasi pengajaran bukan lagi difokuskan pada penilaian akhir semata dari suatu program pengajaran, tetapi lebih ditekankan pada penilaian proses. Dengan penilaian proses berarti penilaian dilaksanakan sejalan dengan terjadinya proses belajar dan pembelajaran. Di samping hal itu penilaian sangat terkait dengan komponen-komponen kurikulum seperti tujuan, materi, metode pengajaran. Dengan hal itu, maka peranan penilaian dalam proses belajar dan pembelajaran semakin luas dan penting. Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporannya. Di samping itu perlu pula mengetahui landasan teoritis dari hal-hal yang praktis tersebut. Penyusunan buku ini disesuaikan dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) untuk evaluasi pengajaran yang ditetapkan untuk mahasiswa lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Isi buku ini telah disesuaikan juga dengan perkembangan yang terjadi dalam perkembangan kurikulum, dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari ...

Evaluasi Dan Perencanaan Pembangunan Wilayah Dengan Pendekatan Kapabilitas

Bagaimana pembangunan dapat dikatakan berhasil? Apa tolok ukur kesejahteraan masyarakat? Bagaimana kita mengevaluasi keberhasilan sebuah program masyarakat secara spesifik? Pertanyaan-pertanyaan ini selalu menjadi topik pembahasan para ahli dari berbagai disiplin ilmu dan akan terus dicari jawabannya. Berbagai teori seperti Gross Domestic Product hingga Human Development Index rupanya belum mampu menawarkan instrumen pengukuran yang memuaskan. Pada tahun 2000, Amartya Sen mencetuskan gasasan Development as Freedom–pembangunan sebagai pembebas. Amartya Sen sendiri merupakan ekonom yang pernah meraih Nobel Ekonomi pada tahun 1998. Sen menjelaskan bahwa tingkat kebebasan ternyata berkorelasi positif dengan kesejahteraan. Sen menawarkan istilah functioning untuk menggambarkan kebebasan seseorang untuk melakukan atau menjadi sesuatu yang diharapkan. Functioning menurut kamus bahasa Inggris diartikan sebagai ‘berfungsi’. Untuk menggapai functioning, tentunya seseorang harus memiliki kapabilitas atau kemampuan. Meski demikian, masih ada celah dalam teori Sen, yaitu bagaimana mengukur kapabilitas seseorang atau suatu kelompok masyarakat. Buku ini mencoba mengisi celah itu dengan hasil riset intensif di beberapa kecamatan di Kabupaten Magelang yang sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Selain bertujuan untuk menemukan metode pengukuran kesejahteraan, diharapkan riset ini juga dapat membuktikan bahwa pendekatan kapabilitas yang ditawarkan Sen bisa menjadi instrumen evaluasi pembangunan. Evaluasi Dan Perencanaan Pembangunan Wilayah Dengan Pendekatan Kapabilitas ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Evaluasi Dan Perencanaan Pembangunan Wilayah Dengan Pendekatan Kapabilitas ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Evaluasi Pengelolaan Diklat Teknis

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1. Pendahuluan membahas Latar belakang, evaluasi, tujuan evaluasi dan objek evaluasi 2. Evaluasi Program yang membahas tentang evaluasi dan penilaian, konsep evaluasi program, konsep program yang dievaluasi, menganalisis sumber daya dan kemampuan Pendukung Evaluasi., 3. Diklat Teknis membahas tentang pengertian diklat, pendidikan dan pelatihan, Diklat Teknis, 4. Model Evaluasi yang membahas iv tentang Evaluasi Berorientasi Tujuan, Evaluasi Bebas Tujuan, Evaluasi Responsif, Evaluasi Countenance, CIPP, Disccrepancy Model, Connoisseurship, Kirkpatrick 5. Model Evaluasi Kirkpatrick membahas tentang Reaction, Learning, Behaviour, Result., 6. Instrumen membahas tentang instrumen yang digunakan, validasi instrumen, realibilitas, teknik pengumpulan data dan triangulasi data.

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1.

EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA

Buku ini dibagi menjadi sebelas bagian. Bagian pertama membahas mengenai konsep dasar penilaian pembelajaran. Bagian kedua membahas mengenai Standar Penilaian yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Bagian ketiga membahas mengenai apa saja aspek-aspek dalam penilaian. Bagian keempat membahas menganai teknik penilaian pada tes objektif. Bagian kelima membahas mengenai teknik penilaian pada tes uraian. Bagian keenam membahas mengenai teknik penilaian non tes. Bagian ketujuh membahas mengenai penilaian keterampilan. Bagian kedelapan membahas mengenai bagaimana penilaian dilaksanakan. Bagian kesembilan membahas mengenai bagaimana menguiji instrumen penilaian. Bagian kesepuluh mem-bahas mengenai cara menganalisis instrumen penilaian. Bagian terakhir membahas mengenai cara mengolah hasil penilaian.

Buku ini dibagi menjadi sebelas bagian.

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) Matematika dengan Diskusi dan Simulasi (DiSi)

Buku ini berisi tentang Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) dalam pembelajaran matematika yang mengandung kegiatan diskusi dan simulasi. Hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman langsung sehingga lebih mudah dalam mengingat dan memahami setiap pembahasan pada buku ini. Pada buku ini terdapat sekilas penjelasan kemampuan-kemampuan berpikir matematik, seperti kemampuan penalaran matematik, kemampuan pemahaman konsep, dan lainnya. Selain itu, buku ini pun menjelaskan contoh-contoh soal tes maupun non tes yang berhubungan dengan pembelajaran matematika.

Buku ini berisi tentang Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) dalam pembelajaran matematika yang mengandung kegiatan diskusi dan simulasi.

Desain Evaluasi Pembelajaran SD

Evaluasi Pembelajaran SD merupakan suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran SD. Buku ini adalah pedoman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran SD serta memberikan petunjuk praktis agar mendapatkan gambaran secara jelas dalam pemahaman mengevaluasi pembelajaran. Buku Evaluasi Pembelajaran SD ini dapat dijadikan sebagai buku pedoman bagi para calon guru SD. Selain itu, buku ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya.

Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar, serta keefektifan pendidik dalam mengajar.