Pandangan politik Ahlus Sunnah yang moderat ini lahir sebagai terobosan
terhadap kemacetan politik umat pada awal perkembangan Islam . Kemacetan
ini terjadi akibat pertentangan yang berlarut - larut antara golongan Khawarij
dengan ...
On the need for Islamic renewal towards globalization era in Indonesia; festschrift in honor of Tarmizi Taher, former Indonesian Minister for Religious Affairs.
yang berharap agar Islam moderat tampil dan memberikan andil dalam
meredam gejolak teror berlabel agama . Menteri Senior Singapura Lee Kuan
Yew misalnya , menyerukan agar kelompok Islam moderat di Asia Tenggara
mengambil ...
Di tengah situasi konflik , rakyat membutuhkan pemimpin jalan tengah ,
pemimpin moderat . Pemimpin tanpa banyak musuh dan sedikit kadar konfliknya
. Yang investasi dosa - dosa sosialnya “ nol ” , yang tak pernah menyakiti hati
rakyat .
antara kelompok pembaharu dengan kelompok konservatif dan pemerintah
koalisi ; ( 3 ) interaksi antara kelompok moderat dengan kelompok ekstrim di
dalam kelompok oposisi . Menurut Huntington , ketiga interaksi utama ini
memainkan ...
Islam moderat atau Islam wasathiy atau wasathiyyah al-Islam adalah merupakan sifat lazimah yang melekat pada Islam, bukan sesuatu yang ditempelkan atau terpisah kemudian disambungkan ke Islam. Oleh karena itu, antara Islam dan wasathiyyah (moderat) itu sesuatu yang melekat, tertancap (embedeb), oleh karenanya kita tidak bisa mengambil mafhum mukhalafah (pengertian sebaliknya) dari kalimat ini. Misalnya ada Islam moderat berarti ada Islam yang tak moderat. Karena begitu sifat moderat ini hilang, maka sebenarnya Islam sudah kehilangan jati dirinya sebagai Islam. Wasathiyyah Islam ini seyogyanya mewarnai segala aspek keberislaman. Dimensi keberislaman idealnya selalu menampilkan wajah yang moderat. Yaitu pada aspek akidah, aspek akhlak tasawwufnya, aspek muamalahnya, dan aspek manhajnya (pola pikirnya). Keempat dimensi ini haruslah senantiasa mencerminkan ajaran dan impementasi ajaran yang moderat.
Islam moderat atau Islam wasathiy atau wasathiyyah al-Islam adalah merupakan sifat lazimah yang melekat pada Islam, bukan sesuatu yang ditempelkan atau terpisah kemudian disambungkan ke Islam.
Kajian filsafat ketuhanan dijabarkan buku ini ke dalam 8 bab utama. Pada setiap bab akan memberikan penjelasan mengenai pokok materi yang terkandung dalam filsafat ketuhanan, antara lain yaitu ketuhanan dalam dimensi abad pertengahan, modern, dan post modern, tauhid dan filsafat ketuhanan, mengapa manusia percaya kepada tuhan, mengungkap sakralitas dan profanitas, bahasa agama, islamisasi ilmu pengetahuan, agnostisisme, teologi pembebasan.
Keberadaan organisasi kemasyarakatan merupakan penunjang percepatan pembangunan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Disamping itu, keberadaan ormas berpotensi menciptakan banyak promidial baru yang rentan konflik. Pengaturan tentang organisasi kemasyarakat haruslah benar-benar diperhatikan dalam penegakkannya, sehingga penerapan peraturan tersebut dapat normative dan tidak menimbulkan kesan diktator, refresif dan bersifat politik (like and dislike). Perumusan regulasi tentang organisasi kemasyarakatan harus benar-benar memperhatikan konsensus masyarakat pada aspek filosofis, sosiologis dan yuridis. Dengan begitu, maka akan tercipta kesamaan persepsi serta dapat bersinergi dalam menunjang percepatan pembangunan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.