Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Sejarah pendidikan swasta di Indonesia: Lembaga Pendidikan Maʾarif N.U. v

Tujuan utama didalam pendidikan ialah kesalehan . Bukan akal melainkan
kemauan yang merupakan fungsi utama secara psikologis di dalam manusia .
Tiga kebajikan yang selalu diperhatikan di dalam pendidikan ialah : Cinta
kepada ...

Dari pojok sejarah

Psikologi " tuan ” yang mungkin secara tak sadar kita terapkan , sebenarnya
sedang mencetak mereka menjadi tuan juga . ... Tapi memang sering kita kurang
menyadari bahwa setidaknya sebagian dari pola - pola pendidikan yang ...

Sejarah perjuangan dan pergerakan dakwah Islamiyah Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli di Pulau Lombok

Dalam kehidupan masyarakat lokal , wilayah kekuasaan ulama ' biasanya dibatasi pada lembaga - lembaga Islam macam masjid , dan madrasah , di mana mereka mengabdi sebagai fungsionaris agama . Namun , dalam sejarah peradaban Islam di ...

Sejarah Sosial Media

Media mengaburkan fakta karena berbagai alasan : pendidikan , ekonomi dan
budaya , tapi ini bukanlah satu - satunya ... Begitu juga sekat - sekat antar disiplin
- sejarah , sosiologi , antropologi , psikologi , ekonomi , sebagai contoh — dan ...

Sejarah kesehatan TNI Angkatan Laut

hospital merupakan dasar yang pokok bagi penyelenggaraan pendidikan yang
kemudian meningkat pada riset ... ia merencanakan penerimaan berbagai
tenaga ahli ( termasuk para psikolog ) serta merencanakan pendidikan lanjutan
bagi ...

Sejarah untuk SMA/MA keleas X

... memperhitungkan kejadian yang pernah dialami manusia pada masa lalu
yang berkait dengan psikologi masyarakat ... Kemungkinan lain adanya
dukungan dari ilmu humaniora , misalnya tentang rendahnya pendidikan
masyarakat pada ...

Metodologi Penelitian Pendidikan

: Teori Dan Implementasi

Ilmu pengetahuan berawal dari kekaguman manusia akan alam yang dihadapi baik besar (macro cosmos) maupun alam kecil (micro cosmos). Manusia dibekali dengan hasrat ingin tahu. Sifat ingin tahu manusia telah dapat disaksikan sejak manusia itu masih kanak-kanak (Suryabrata, 2003: 2). Hasrat ingin tahu manusia terpuaskan kalau dia memperoleh pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakan. Pengetahuan yang diinginkan adalah pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inhern dapat dicapai manusia baik melalui pendekatan ilmiah maupun non ilmiah (akal sehat/common sense, prasangka, intuisi, penemuan kebetulan dan coba-coba, pendapat otoritas dan pikiran kritis)

Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inhern dapat dicapai manusia baik melalui pendekatan ilmiah maupun non ilmiah (akal sehat/common sense, prasangka, intuisi, penemuan kebetulan dan coba-coba, pendapat otoritas dan pikiran ...

Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method )

Buku ini terdiri dari 5 (lima) bab, yaitu pendahuluan, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian kombinasi, dan proposal penelitian. Penelitian kuantitatif membahas tentang pengertian, studi pustaka, kerangka berpikir, hipotesis, metode-metode, proses penelitian, populasi dan sampel, teknik sampling, instrumen dan skala pengukuran, dan analisis data. Penelitian kualitatif membahas tentang pengertian, landasan teori, rumusan masalah, tujuan penelitian, ciri-ciri, karakteristik, kerangka berpikir, metode-metode, populasi dan sampel, instrumen dan teknik penelitian, teknik analisis data, dan validitas dan reliabilitas. Penelitian kombinasi membahas tentang konsep dasar dan model-model penelitian kombinasi. Proposal penelitian membahas tentang pengertian, unsur-unsur penting, proposal penelitian kuantitatif, proposal penelitian kualitatif, dan proposal skripsi.

lebih komprehensif daripada hanya menggunakan metode penelitian kuantitatif saja atau metode penelitian kualitatif saja. Sebagai metode penelitian yang menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif, metode penelitian kombinasi ...

Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa

Salah satu tahap yang paling menentukan sekaligus paling menantang dalam penelitian adalah menentukan topik. Sebenarnya, topik bisa diperoleh dengan relatif mudah jika kita mengetahui beberapa jalan yang membuka ke arah ide-ide untuk topik. Tiga hal yang membuka jalan ini adalah pengalaman, keingintahuan, dan kajian terhadap penelitian-penelitian sebelumnya. Pengalaman . Pengalaman sehari-hari dengan dunia nyata di luar kampus atau sekolah bisa menginspirasi kita tentang sebuah topik penelitian. Pengalaman umumnya sarat dengan masalah, seperti misalnya anak-anak jalanan usia sekolah, kemampuan berbahasa asing yang rendah di beberapa kalangan sekolah, kemampuan membaca yang minim, dan lain sebagainya. Supaya pengalaman itu segera menjadisebuah pertanyaan penelitian harus ada kepekaan dalam menangkap masalah. Ini memerlukan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, baik benda hidup maupun benda mati. Coba Anda renungkan pengalaman Anda selama ini, kemudian tulislah beberapa hal yang selama ini Anda atau orang-orang lain sebagai masalah. Catatan Anda itu nanti bisa menggiring pada penentuan topik penelitian.

Catatan Anda itu nanti bisa menggiring pada penentuan topik penelitian. Buku Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.