logo

Sistem Informasi Pustaka

Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Home
  • Koleksi
    • Buku
    • Populer
    • Terbaru
    • Fiction
    • Reference
    • Textbook
    • Karya Ilmiah
    • Jurnal Nasional yang terakreditasi
    • Jurnal International
    • Prosiding
    • Disertasi
    • Thesis
    • Skripsi
    • Tugas Akhir
  • Perpustakaan
    • Library of UI BBC
  • Katalog
  • Login

TEKNIK PERANCANGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Buku ini mengulas dan memberikan contoh bagaimana teknik penyusunan Naskah Akademik mulai dari sistematika dan teknik penyusunan naskah akademik, kemudian terkait dengan teknik penyusunan peraturan pe
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Ilmu perundang-undangan dan legal drafting

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Legal Drafting

JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHU
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 GUNUNG JATI CIREBON

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT CIREBON LAUNDRY CUAN BERSAMA

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern. Dimulai denga
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan b
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasik
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi k
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Penggunaan bahan alam untuk pengembangan pembelajaran sains melalui eksperimen percampuran warna di kelompok B RA Al

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Sebanyak 38340 item atau buku ditemukan

Previous12345678910..3195Next

TEKNIK PERANCANGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Buku ini mengulas dan memberikan contoh bagaimana teknik penyusunan Naskah Akademik mulai dari sistematika dan teknik penyusunan naskah akademik, kemudian terkait dengan teknik penyusunan peraturan perundang-undangan, mulai dari kerangka peraturan perundang-undangan, hal-hal khusus yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, dan teknik perumusan sanksi dalam peraturan perundang-undangan.

  • EKA N.A.M. SIHOMBING,   Ali Marwan Hsb,  

Buku ini mengulas dan memberikan contoh bagaimana teknik penyusunan Naskah Akademik mulai dari sistematika dan teknik penyusunan naskah akademik, kemudian terkait dengan teknik penyusunan peraturan perundang-undangan, mulai dari kerangka ...

Ilmu perundang-undangan dan legal drafting

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu hukum sangat diperlukan.

  • dr. Rachmah Ubat Harahap,   M.HKes,  

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu hukum sangat diperlukan.

Legal Drafting

JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHUN TERBIT : Oktober 2023 JENIS BUKU : BUKU HUKUM, NON FIKSI KONDISI BUKU : BUKU BARU / BUKU ORIGINAL ASLI, LANGSUNG DARI PENERBITNYA Sinopsis : Legal drafting adalah kegiatan praktik hukum berupa penyusunan/perancangan Peraturan Perundang-undangan. Buku ini menjelaskan kepada pembaca seputar teori dan dasar-dasar penyusunan peraturan perundang-undangan dan pembentukan peraturan perundang-undangan yang meliputi proses, tata susunan (hierarki), jenis-jenis, fungsi dan materi muatan yang harus dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. Buku ini dapat membantu para mahasiswa, teoritisi, teknisi dan mereka yang berhubungan dengan pembentukan peraturan perundang-undangan agar dapat memahami permasalahan tersebut secara lebih baik. www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

  • Adhe Ismail Ananda,   Annisa Nurul Irviani,   Rifka Wahyuni,   Nelisari,   St.Afini Zasmika.G,   Gadriawati,   Nur Hikmawati,  

JUDUL BUKU : Legal Drafting PENULIS : Adhe Ismail Ananda,Annisa Nurul Irviani, Nelisari,Rifka Wahyuni, St.Afini Zasmika.G, Gadriawati, Nur Hikmawati NO. QRCBN : 62-39-4034-837 PENERBIT : GUEPEDIA TAHUN TERBIT : Oktober 2023 JENIS BUKU : ...

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 GUNUNG JATI CIREBON

  • SRI AGUSTIN,  

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT CIREBON LAUNDRY CUAN BERSAMA

  • JUWERIYAH,  

Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern. Dimulai dengan pembahasan fundamental tentang pengertian, ruang lingkup, dan sejarah perkembangan teknologi pembelajaran, buku ini memberikan landasan kuat bagi pembaca untuk memahami pentingnya teknologi pembelajaran di era digital. Dalam pembahasan selanjutnya, buku ini secara sistematis mengeksplorasi berbagai model dan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, mulai dari Computer-Based Training (CBT), Web-Based Learning (WBL), hingga inovasi terkini seperti Mobile Learning, Virtual Reality, dan Augmented Reality. Setiap bentuk teknologi pembelajaran dibahas secara mendalam mencakup konsep, karakteristik, jenis, pengembangan, dan evaluasinya, memberikan pemahaman yang utuh tentang implementasi teknologi dalam pembelajaran. Pada bagian akhir, buku ini membahas tren dan inovasi teknologi pembelajaran masa depan, termasuk peran Artificial Intelligence (AI), Big Data, Internet of Things (IoT), dan Blockchain dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini juga mengangkat isu-isu kritis seperti tantangan implementasi dan etika penggunaan teknologi pembelajaran, serta memberikan arahan dan rekomendasi untuk pengembangan teknologi pembelajaran di masa depan, menjadikannya sebagai referensi yang sangat relevan bagi para pendidik dan praktisi pendidikan dalam menghadapi transformasi digital di dunia pendidikan.

  • Vera Septi Andrini,  

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern.

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan bentuk evaluasi yang mendidik. Maka istilah evalusi pendidikan dimaknai sebagai proses untuk menentukan tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi bentuk evaluasi yang diberikan kepada siswa harus sesuai prinsip dan prosedur UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya buku ini sedikit banyak akan memaparkan konsep evaluasi pendidikan sesuai kontekstual pendidikan agama Islam masa kini. Ada berbagai tingkat pendidikan yang dikemas dalam buku ini. Harapannya buku ini mampu membuka pemikiran pembaca untuk menciptakan peluang dan solusi menghadapi tantangan evaluasi pendidikan saat ini.

  • Moh. Muslih,   Amma Chorida Adila,   Ana Chonitsa,   Sakhat Maulidah,   Shinta Fatmasari,   Nahdliyatu Rohmah,   Rizki Al Barkah,   Amma Chorida Adila,   Ana Chonitsa,   Sakhat Maulidah,   Shinta Fatmasari,   Nahdliyatu Rohmah,   Rizki Al Barkah,   Amma Chorida Adila,   Ana Chonitsa,   Sakhat Maulidah,   Shinta Fatmasari,   Nahdliyatu Rohmah,   Rizki Al Barkah,   Amma Chorida Adila,   Ana Chonitsa,   Sakhat Maulidah,   Shinta Fatmasari,   Nahdliyatu Rohmah,   Rizki Al Barkah,  

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian.

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan sistem evaluasi yang efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar evaluasi PAI, desain sistem evaluasi, implementasi, dan jenis evaluasi formatif dan sumatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan agama Islam. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses evaluasi PAI dan memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Pentingnya inklusivitas dalam sistem evaluasi PAI juga menjadi sorotan dalam buku ini, dengan penekanan pada bagaimana mengakomodasi beragam gaya belajar dan memahami kebutuhan siswa khusus. Selain membahas evaluasi siswa, buku ini juga mengeksplorasi evaluasi kinerja guru PAI, dengan fokus pada pengembangan guru melalui hasil evaluasi. Dengan panduan praktis, penelitian yang mendalam, dan contoh-contoh kasus, "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" menjadi sumber daya berharga bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui sistem evaluasi yang lebih baik.

  • Hamid Sakti Wibowo,  

... Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran guru PAI melalui platform daring, webinar, atau sumber daya online. 7) Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan guru ...

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas instrumen, serta teknik analisis data yang relevan dengan konteks PAI. Buku ini mengintegrasikan berbagai konsep evaluasi, teori-teori evaluasi, dan pendekatan modern yang mencakup neurosains, teknologi, dan kebijakan pendidikan dalam dunia pendidikan Islam. Dimulai dengan urgensi evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, buku ini menguraikan pentingnya evaluasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Dalam bab-bab selanjutnya, pembaca akan dibimbing untuk memahami konsep dan pendekatan evaluasi yang digunakan dalam PAI, serta perbedaan antara teori-teori evaluasi dari konteks Islam dan Barat. Buku ini juga membahas desain dan pendekatan evaluasi dalam penelitian, serta bagaimana teknik-teknik validasi dan reliabilitas instrumen dapat memastikan keakuratan dan keandalan evaluasi. Pembaca diajak untuk mengeksplorasi analisis data dalam evaluasi PAI, serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi terkait dengan etika dan bias dalam evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini mengkaji model evaluasi berbasis riset, serta penerapan kebijakan evaluasi dan perancangan kebijakan berbasis evaluasi, untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diambil berbasis pada hasil evaluasi yang valid dan objektif.

  • Heni Listiana,  

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

  • Dr. Hj. Umalihayati,   S.ST.,   S.K.M.,   M.Pd,   Abu Sofyan,   S.Pd.,   M.Pd,   Gusnita Efrina,   M.Pd,   Dr. Ease Arent,   M.Pd,   Rina Sardiana Sari,   S.Pd.,   M.Sc,   Dr. Drs. H. Mohzana,   S.Pd.,   M.Pd,   Dr. Herman,   S.Pd.,   M.Pd,   Ir. Ahmad Jubaeli,   M.Pd,   Khasanah,   S.Pd.,   M.Kom.,   M.Pd,   Ir. Wahyu Dwi Kurniawan,   S.Pd.,   M.Pd,  

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.

  • Darodjat,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,  

Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...

Penggunaan bahan alam untuk pengembangan pembelajaran sains melalui eksperimen percampuran warna di kelompok B RA Al

  • AULIYATUN NISA,  

Previous12345678910..3195Next

© 2019 Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. All Rights Reserved.

Jl. Widarasari III, Tuparev, Sutawinangun, Kedawung, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131, Indonesia.
Telp : (0231) 246215 Email : staibbc.cirebon@gmail.com