Sebanyak 1141 item atau buku ditemukan

Kewirausahaan

Nilai-nilai dan pengetahuan tentang kewirausahaan ini bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha MIKRO. Mereka diharapkan dapat mempelajari dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang selama ini dihadapi. Dengan menerapkan konsep produk dan mengutamakan pelanggan diharapkan mereka dapat menemukan ide, kreativitas, dan inovasi untuk produk atau jasa yang mereka hasilkan. Karena di era globalisasi persaingan diantara sesama pengusaha sangat ketat, baik persaingan di skala lokal, regional, nasional maupun internasional. Perusahaan yang memenangi persaingan adalah yang dapat melakukan kreativitas dan inovasi dalam penciptaan produk atau jasa baru yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan mempunyai performance lebih serta harga bersaing.

Nilai-nilai dan pengetahuan tentang kewirausahaan ini bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha MIKRO.

Media Pembelajaran berbasis Wayang

Konsep dan Aplikasi

Sebelum penulis lahir, dan karena penulis juga salah satu di antara jutaan orang yang menjadi penggemar Metallica, pada 1986, ada lagu menarik yang sempat menggemparkan dunia. Judul lagu itu adalah “Master of Puppets”, kalau dalam Bahasa Indonesia, kita bisa menyebutnya dalang. Lagu “Master of Puppets” ini, merupakan lagu kedua dalam album Metallica Master of Puppets. Lagu ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar lagu heavy metal terbaik sepanjang masa oleh VH1. Lalu, apa hubungannya dengan media wayang? Jika Metallica pernah mengusung tema “dalang”, begitu juga dengan strategi dakwah Walisongo yang juga menggunakan wayang dan dalang, maka guru sebagai dalang di kelas harus bisa menerapkan media wayang. Sebelum menerapkan, tentu guru harus membaca konsepnya, apa saja karakter, manfaat, cara merancang dan sekaligus bagaimana hubungannya dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan pemerintah. Tentu, hal itu selaras dengan kondisi sekaranga yang hampir semua bidang terkena sindrom “disruption”. Apa itu? Disrupsi, menjadi kajian serius saat ini, sebab, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah lewat. Sekarang, fokus akademisi dan pakar kita ada pada era ketercerabutan, era disrupsi, karena hampir perilaku dan juga gaya hidup manusia abad modern ini sudah tercerabut dari akarnya. Maka wayang sebagai salah satu khazanah Nusantara, harus dilestarikan. Apa cukup lewat seminar dan workshop yang hanya sekadar menggugurkan proyek? Tentu tidak. Dalam buku ini jelas, bahwa wayang sudah didesain rapi menjadi sebuah media pembelajaran. Anda tentu pernah mendengar, bahwa media lebih penting dari materi. Tentu, media di sini adalah media pembelajaran. Media dalam kajian dan juga telaah metodologi pembelajaran menjadi penting untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Maka dalam hal ini guru dituntut untuk berinovasi, berijtihad dan juga mengembangkan metode sesuai dengan karakter siswa, terutama dalam pembelajaran di sekolah di semua jenjang. Maka dari itu, mengembangkan dan berinovasi pada suatu media yang mampu menjawab tantangan zaman semakin dibutuhkan dan urgensinya seratus persen. Mengapa? Banyak media yang berorientasi pada pemenuhan aspek kognitif peserta didik, namun aspek afektif dan psikomotorik tidak diperhatikan. Semakin tercerabutnya kearifan lokal dan karakter konservasi juga menjadi perhatian serius yang harus diteliti dan diwujudkan secara riil dalam bentuk media untuk pembelajaran di sekolah. Dalam kerja pengembangan media, guru atau siapa saja memang bisa melihat dari aspek kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap pengembangan wayang. Dalam buku ini, penulis lebih spesifik mengkaji media wayang dan itu berbasis wayang tumbuhan dan hewan. Tidak hanya itu, wayang itu juga bermuatan konservasi pada pembelajaran menulis naskah drama kreatif dapat dilihat dari aspek kemasan, isi, karakter, keterampilan menulis, materi, buku pedoman, dan RPP. Peserta didik dan juga pendidik, khususnya di jenjang SD/MI bahkan juga SMP/MA dan SMA/SMK/MA sesuai hasil penelitian yang dituangkan dalam buku yang Anda baca ini sangat membutuhkan media wayang tumbuhan dan hewan dalam rangka untuk membantu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis naskah drama. Kelebihan media wayang tumbuhan dan hewan di sini memiliki karakter nilai yang sudah dituangkan dalam sistem pendidikan nasional. Di sini, media wayang tumbuhan dan hewan merupakan salah satu media yang memiliki muatan nilai-nilai konservasi yang cocok untuk menjawab tantangan zaman dan juga mampu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Wayang yang didesain untuk media pembelajaran yang memiliki karakter tertentu tentu berbeda dengan media wayang biasa. Nilai-nilai atau karakter-karakter tersebut yaitu terdiri atas religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, lalu cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, lalu gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, juga tanggung jawab, dan konservasi. Pemanfaatan media wayang tumbuhan dan hewan dalam pembelajaran menulis naskah drama kreatif melalui wayang tumbuhan dan hewan di sini, bisa dilaksanakan secara berkelompok dengan satu kelompok terdiri atas 2-3 orang. Di sini lah ada kelebihan dibandingkan dengan media yang lain, karena peserta didik secara empirik memerankan peran/drama melalui wayang buatan dari guru. Di kelas, guru hanya memberi contoh sekali dan selanjutnya, anak-anak belajar sesuai dengan tema yang diberikan sesuai kelompoknya dengan media wayang tersebut. Jadi media wayang sangat efektif dan efesien yang bisa digunakan di jenjang SD/MI dan umumnya di semua jenjang sekolah, yaitu SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Dalam konteks bahasa, di sini keefektifan media wayang tumbuhan dan hewan dapat diukur dari hasil karya siswa dalam menulis naskah drama kreatif, namun materi lain bisa menyesuaikan sesuai dengan SK dan KD. Hasil penelitian yang dituangkan di buku ini, menunjukkan nilai rata-rata siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, juga memperlihatkan peserta didik merasa dimudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Pendidik dalam konteks ini juga merasa terbantu dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu, di sini bisa untuk disimpulkan bahwa media ini efektif dalam pembelajaran. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan penulis pada kurun waktu satu tahun saat menempuh studi. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia untuk membantu menyempurnakan buku ini. Pada Bab I, buku membahas konsep media pembelajaran, yang berisi tentang konsep media pembelajaran, macam-macam media pembelajaran, karakteristik pemilihan Media pembelajaran, lalu juga tujuan, fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran. Kemudian pada Bab II tentang merancang media pembelajaran wayang yang berisi rancangan media wayang, media wayang tumbuhan dan hewan, media wayang bermuatan konservasi. Sementara itu, pada Bab III tentang desain media pembelajaran wayang, beritisi tentang Garis Besar Isi Media dan Jabaran Materi (GBIM dan JM) media wayang, lalu nilai-nilai karakter media wayang, pengembangan media wayang, desain media wayang berkarakter, manfaat dan kelebihan media wayang dan juga urgensi media berbasis konservasi di abad 21. Semoga hadirnya buku ini menjadi salah satu sumbangsih terhadap perjalanan dunia pendidikan di Nusantara. Khusus untuk guru, semoga memiliki jiwa untuk menjadi “Master of Puppets” di dalam kelas dan lebih luas di luar kelas. Selamat membaca! (*)

Sementara itu, pada Bab III tentang desain media pembelajaran wayang, beritisi tentang Garis Besar Isi Media dan Jabaran Materi (GBIM dan JM) media wayang, lalu nilai-nilai karakter media wayang, pengembangan media wayang, desain media ...

Media & Teknologi Dalam Pembelajaran

Buku ini akan membahas tentang ragam media dan teknologi secara komprehensif yang dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran. Ragam media dan teknologi tersebut mencakup: (1) media cetak/text; (2) media pameran/display; (3) media audio; (4) gambar bergerak/motion pictures; (5) multimedia; (6) media berbasis web atau internet. Pemanfaatan ragam media yang sesuai dengan atribut-nya dan dirancang dengan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang relevan akan dapat membantu guru dalam menciptakan program pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik. Buku ini akan dapat menambah wawasan pengetahuan pembaca tentang ragam media dan penggunaannya untuk meningkatkan kualitas program pembelajaran. Selain itu, buku Media dan Teknolosi dalam Pembelajaran dapat dijadikan sebagai bahan rujukan atau referensi dalam penulisan artikel dan karya tulis ilmiah. Mahasiswa, guru, dosen, instruktur, praktisi perancang program pembelajaran (instructional desisner), dan akademisi dalam bidang teknologi pendidikan perlu membaca dan mengkaji isi buku ini Media dan Teknolosi dalam Pembelajaran. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini akan membahas tentang ragam media dan teknologi secara komprehensif yang dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran.

Media Pembelajaran

Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik

Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi yang melibatkan guru sebagai sumber informasi, dan siswa sebagai penerima pesan. Media pembelajaran adalah alat komunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru dan siswa. Artinya, media komunikasi pembelajaran diperuntukkan penerima pesan agar dapat menangkap secara benar dan utuh segala informasi yang disampaikan saat proses pembelajaran. Buku ini berupaya untuk mengupas segala yang berhubungan dengan pengembangan komunikasi media pembelajaran sesuai dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi. Hal-hal yang dibahas di dalam buku ini meliputi hakekat alat peraga, jenis-jenis media pembelajaran, klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran, sampai e-learning. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat untuk semua pihak yang merasa peduli dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Media pembelajaran adalah alat komunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru dan siswa.

Your Passport to Gifted Education

This book is a guide to help teachers, parents, guidance counselors and other stakeholders understand the importance of intervention for gifted children and to become an advocate for those individuals who are developmentally advanced. The reader becomes engaged in the analogy of a three part airplane journey to the world of gifted education: ‘Embarking on a Journey;’ ‘Preparing for Departure’ and ‘Planning for Arrival.’ The author offers insightful case studies followed by strategies for both teachers and parents gained from personal experiences and research to identify and work with different types of children who present unique challenges due to their special needs of high potential. By presenting a historical overview in gifted education from a global perspective, Your Passport to Gifted Education provides current internationally-researched information to clarify what is meant by ‘giftedness’ according to various cultures. The book encourages the development of a growth mindset in the reader to seek to identify various characteristics of high ability in all children. Four international high ability identification models are introduced, including one relatively new to North America, the High Performance Learning Framework (HPL), currently used throughout China, Europe, the Middle East and South East Asia. Dispelling the myth that gifted children do not need our help, the reader gains insight into the uniquely different types of gifted individuals. The book concludes by awarding the reader with a ‘Landing Card’ to serve as a bookmarker that underpins the best teaching practices in gifted education. A directory list of websites for international gifted organizations is also included to offer additional resources for those who want to continue their journey as advocates and learn how other countries support gifted children around the world.

This book is a guide to help teachers, parents, guidance counselors and other stakeholders understand the importance of intervention for gifted children and to become an advocate for those individuals who are developmentally advanced.

FOTOGRAFI

Belajar Fotografi

Buku Edisi Pertama Ini Free. Buku ini boleh disebarluaskan tanpa izin kepada penulis dan penerbit. Penulis berharap dengan buku ini dapat membantu para pembaca khususnya siapa saja yang ingin belajar dan memahami bagaimana mempelajari fotografi dan memberikan peluang bagi siapa saja untuk mandiri menerima jasa fotografi minimal memahami tentang dunia fotografi dengan berbekal kemampuan tersebut sehingga terpicu untuk membuka usaha fotografi.

Jenis-jenis fotografi diantaranya Fotografi Manusia, Fotografi Nature, Fotografi
Arsitektur, Fotografi Still Life, Fotografi Jurnalistik, Fotografi Aerial, Fotografi
Bawah Air, Fotografi Seni Rupa, Fotografi Makro, Fotografi Mikro. 1. Fotografi
Manusia ...

Auditing & Asurans Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional

Bagian pertama dari buku ini memuat topik Audit Eksternal, yang meliputi pembahasan tentang konsep dasar pengauditan dan jasa asurans; standar audit dan laporan auditor independen; kode etik profesi akuntan publik; tujuan pengauditan dan asersi manajemen; tanggung jawab manajemen dan auditor; pendekatan siklus dalam mensegmentasi audit; bukti dan dokumentasi audit; perencanaan audit dan prosedur analitis; audit pengendalian internal; materialitas dan risiko audit; risiko kecurangan; strategi audit menyeluruh dan program audit; serta sampling audit untuk pengujian pengendalian dan pengujian substantif transaksi. Sedangkan pada bagian ke dua dari buku ini memuat topik mengenai Audit Internal. Buku ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para mahasiswa S1 maupun S2 akuntansi, khususnya yang sedang mengambil mata kuliah Auditing. Buku ini diharapkan dapat membantu para pembaca dalam memahami aspek-aspek dasar pemeriksaan akuntansi yang dilakukan oleh para akuntan publik, serta memperoleh pemahaman tentang peran yang dijalankan oleh para auditor internal selaku konsultan strategis.

Di Indonesia, penyelenggaraan ujian untuk menjadi seorang auditor forensik
yang bersertifikat difasilitasi oleh LSP-AF ... LSP-AF lahir dari keprihatinan dan
kesamaan pandangan, sekaligus tekad bahwa korupsi merupakan musuh
bersama ...

BELITAN EMOSI

Harlequin Comics

Kehidupan Fen bisa dikatakan tenang dan biasa saja, bekerja sebagai seorang pramusaji di Pub Mitre, sampai ia harus menghadapi begundal berpisau yang membuatnya bertemu dengan Joe, seorang penjual asuransi. Kehidupannya juga kian berubah tajam saat ia menjadi penyanyi populer Pub Mitre, hanya karena menggantikan sang penyanyi yang saat itu tidak masuk karena sakit! Sayangnya, keluarga Fen bersiasat untuk membuat Fen kehilangan pekerjaannya. Kini Fen pun kabur dari rumah dan jatuh cinta pada Joe. Tapi sejauh apa pun Fen kabur, dia tahu persis mereka akan menemukannya kembali. Akankah Fen menemukan pekerjaan dan kehidupan baru bersama Joe, atau akankah masa lalunya datang menghantui Fen?

Kehidupan Fen bisa dikatakan tenang dan biasa saja, bekerja sebagai seorang pramusaji di Pub Mitre, sampai ia harus menghadapi begundal berpisau yang membuatnya bertemu dengan Joe, seorang penjual asuransi.