Sebanyak 3996 item atau buku ditemukan

Guru Literat, Why Not! (Kumpulan Opini yang Menginspirasi dan Memotivasi Terwujudnya Sekolah Juara Literasi)

Judul: Guru Literat, Why Not! (Kumpulan Opini yang Menginspirasi dan Memotivasi Terwujudnya Sekolah Juara Literasi) Penulis : Dr. Rasto, M. Pd. Ukuran :14,5 x 21 CM Tebal : 164 Halaman No ISBN : 978-623-5314-94-5 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (Qs. Al-‘Alaq Ayat 1-5) Gerakan Literasi Sekolah dikembangkan berdasarkan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti mengganti/mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2015 tentang Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah. Latar belakang penetapan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti adalah setiap sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan inspiratif bagi siswa, guru, dan/atau tenaga kependidikan, pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah adalah cerminan dari nilai-nilai Pancasila dan seharusnya menjadi bagian proses belajar dan budaya setiap sekolah dan pendidikan karakter seharusnya menjadi gerakan bersama yangmelibatkan pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan/atau orangtua. Buku ini berisi tentang kumpulan opini penulis, yang dipublikasikan secara online di portal beritadisdik.com. Buku non fiksi ini juga bisa dijadikan salah satu buku referensi menginspirasi dan memotivasi tentang pentingnya budaya literasi yang digerakan oleh seluruh stakeholder, dalam upaya membiasakan kegiatan literasi di lingkungan sekolah dan out put nya terwujudnya sekolah juara literasi. Buku ini baik dibaca untuk semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, guru dan masyarakat umum. Semoga buku ini menjadi ladang pahala bagi penulisnya, Amin.

... dan menjadi Dosen Pamong di Pusat Kegiatan Belajar Universitas Terbuka (PKB-UT) Indramayu (2015-Sekarang). ... SMA Negeri 1 Terisi Tahun Pelajaran 2014/2015 (2016), 2) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Klasifikasi Manusia Purba.

Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan Pembelajaran, Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran, Model Perencanaan Pembelajaran, Analisis Peserta Didik, Rancangan Kompetensi, Perencanaan Indikator, Program Tahunan Dan Program Semester, Rancangan Pengalamanbelajar, Rancangan Penilaian, Pengembangan Silabus, 11 Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp), Perencanaan Remedial Dan Pengayaan, Pengembangan Media Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar

Perencanaan Pembelajaran, Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran, Model Perencanaan Pembelajaran, Analisis Peserta Didik, Rancangan Kompetensi, Perencanaan Indikator, Program Tahunan Dan Program Semester, Rancangan Pengalamanbelajar, ...

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...

Perencanaan Pembelajaran

Banyak ungkapan yang sering dilontarkan melalu berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini, bukan saja kualitas pendidikan berbagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa, tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurrang berhasil dibentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa. Indikasi ketidakberhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Itu sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi di upayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau Desain intruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima. Di universitas lainperencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk penataran pendidikan keterampilan intruksional yang salah satu misterinyaadalah perencanaan pembelajaran. Buku yang hadir di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang ditinjau didasarkan pada teoti-teori intruksional yang banyak dikembangkan di negara-negara peletak dasar intruksional. yakni di Amerika Serikat. Buku ini di awali dengan pemaparan teoretis tentang pembelajaran, kemudian membicarakan tentang kondisi pembelajarang, strategi pembelajaran, dan hasil pembelajaran, di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.

Itu sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi di upayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau Desain intruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima.

Model Perencanaan Vegetasi Hutan Kota

Buku Vegetasi Hutan Kota ini diharapkan bisa membantu mahasiswa, dosen, atau praktisi untuk memahami perencanaan yang digunakan dalam pengembangan hutan kota agar lebih produktif dalam peranannya sebagai paru-paru kota. Dalam pencapaian tujuantujuan tersebut, penulis mencoba memadukan berbagai pemikiran dari para ahli teori, praktisi, dan peneliti di bidang ilmu lingkungan dan tata kota. Penulis banyak memberikan contoh-contoh kasus hasil penelitian pada pemanfaatan dan pengembangan hutan kota. Tujuan yang kedua adalah membantu mereka para praktisi yang sedang melakukan perencanaan dan pengembangan mengenai hutan kota.

Buku Vegetasi Hutan Kota ini diharapkan bisa membantu mahasiswa, dosen, atau praktisi untuk memahami perencanaan yang digunakan dalam pengembangan hutan kota agar lebih produktif dalam peranannya sebagai paru-paru kota.

Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik

: Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal

Buku sosial yang berjudul Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik : Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal merupakan buku karya Peribadi, Muhammad Arsyad, dan La Ode Monto Bauto. Buku ini bersumber dari beberapa hasil penelitian penulis ini, dapat menjadi kontribusi penting bagi pengembangan pemikiran akademik. Diharapkan buku ini dapat menjadi kontribusi metodologis bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta kalangan NGO yang concern dengan penggunaan paradigma pembangunan partisipatif untuk menanggulangi pemiskinan dan kemiskinan. Buku Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik : Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal ini membahas tentang rangkaian dari beberapa penelitian terdahulu yang telah diterbitkan sebagai buku referensi dan buku ajar menyoal Strategi Community Development dari berbagai basis kajian. Di antaranya adalah: (1) Rekonstruksi Pembangunan Partisipatif Berbasis ESQ Power (Peribadi, 2015); (2) Strategi Community Development Berbasis Spiritual Profetik (Peribadi, 2016); (3) Resolusi Kemiskinan Berbasis ESQ Power (Peribadi, 2017); (4) Konstruksi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Kalosara di wilayah Pemerintahan Kota Kendari (Peribadi, dkk., 2019); (5) Strategi Pembangunan Partisipatif Menuju Desa Masa Depan (Peribadi, dkk., 2021); dan (6) beberapa hasil penelitian terbaru menyoal kajian partisipatif dan konstruksi sosial di berbagai wilayah nusantara yang tertuang dalam artikelnya. Daftar isi buku ini yaitu sebagai berikut : Pertama : Prolog Kedua : Teori Dan Konsep-Konsep yang Digunakan Ketiga : Implementasi Perencanaan Pembangunan Keempat : Konstruksi Dan Refleksi Nilai Profetik Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Sosial Penulis : Peribadi, Muhammad Arsyad, dan La Ode Monto Bauto E-ISBN : 978-623-02-4645-6 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 194 hlm Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : penerbitbukudeepublish.com

Buku sosial yang berjudul Konstruksi Perencanaan Partisipatif Berbasis Profetik : Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktikal merupakan buku karya Peribadi, Muhammad Arsyad, dan La Ode Monto Bauto.

Perencanaan Pembelajaran Kejuruan : Buku Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah

Buku Kerja Mahasiswa (BKM) untuk Perencanaan Pembelajaran Kejuruan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaan (LP3) Universitas Negeri Malang Tahun 2018. Penelitian tersebut dilaksanakan dengan dukungan dana yang dikelola oleh LP3 UM Tahun 2018 dengan partisipasi dan pelibatan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak.

Buku Kerja Mahasiswa (BKM) untuk Perencanaan Pembelajaran Kejuruan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaan (LP3) ...

Perencanaan Pembelajaran (Konsep Dasar Kurikulum Prototipe)

Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN Konsep Dasar Kurikulum Prototipe ini berisi materi dan konsep mengenai panduan perencanaan belajar mengajar yang dapat diimplementasikan oleh guru secara langsung di dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyajikan contoh-contoh konsep kurikulum prototipe yang implementatif. Buku ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam memahami apa saja aspek administrasi yang diperlukan sehingga diharapkan dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar. Buku ini dirancang oleh penulis secara sistematis dan disajikan selengkap mungkin dari mulai Standarisasi Pendidikan, Pendekatan, Strategi dan Model Pembelajaran hingga Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Buku ini juga membahas tuntas mengenai Kurikulum Prototipe dari mulai konsep dasar kurikulum, bentuk kurikulum dari berbagai jenjang, acuan assessment kurikulum dan juga pengembangannya. Materi dan konsep yang disajikan juga merupakan konsep terbaru sehingga bisa langsung disesuaikan oleh guru di kelas.

Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN Konsep Dasar Kurikulum Prototipe ini berisi materi dan konsep mengenai panduan perencanaan belajar mengajar yang dapat diimplementasikan oleh guru secara langsung di dalam kegiatan pembelajaran.

Urban Planning Education

Beginnings, Global Movement and Future Prospects

This book examines planning education provision and approaches globally, through a comparative and longitudinal perspective. It explores the emergence of planning education in the 20th century, with its rich variation and yet a remarkable degree of cross-fertilization. Each of the sections of the book is framed by an overview essay which has been prepared by the editors to provide the reader with a critical exposure to relevant scholarship drawing on the detailed case studies and exploratory essays on key issues in planning education. The first part of this volume focuses on the emergence of planning education programs in the twentieth century as a way to understand the current planning education environment. Then we explore how education in urban, regional and spatial planning has developed in different ways in different countries and continents. The final part of this volume aims to envision how planning can adapt and develop to remain relevant to the development of human environments in the 21st century. Urban planning education has become a pervasive practice throughout the world as urbanization and development pressures have increased over the past half century, and as demand increased for professional trained experts to guide those processes. The approaches vary widely, based in part upon the discipline from which the planning program developed as well as the context-specific challenges within the country or region where the program resides.

Consequently, this period has been labeled as systematic “non-planning era.” From 1995 onward, in the second phase, a stronger planning framework and regulation became apparent (e.g., Estonian Planning and Construction Act, 1995).

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN BERTANYA GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA

Upaya perbaikan dan peningkatan proses belajar-mengajar di dalam kelas dipandang sebagai pusat tumpuan peningkatan relevansi pendidikan dan mutu hasil belajar siswa serta efesiensi pendidikan. Fenomena-fenomena yang terjadi ternyata proses pembelajaran di dalam kelas belum mampu dilaksanakan secara profesional. Indikasiindikasi yang dapat dijadikan acuan terhadap fenomena ini seperti pemahaman siswa masih kurang, siswa kurang memperhatikan pengajaran guru secara serius, di samping itu permasalahan yang muncul dari guru belum terampil menerapkan keterampilan mengajar guru dalam keterampilan menjelaskan pelajaran secara sistematis

Upaya perbaikan dan peningkatan proses belajar-mengajar di dalam kelas dipandang sebagai pusat tumpuan peningkatan relevansi pendidikan dan mutu hasil belajar siswa serta efesiensi pendidikan.