Sebanyak 672 item atau buku ditemukan

Oase Pendidikan di Indonesia

Aksesbilitas pendidikan di Indonesia belum merata. Berbagai upaya dilakukan oleh mereka yang peduli, seperti menyelenggarakan pendidikan alternatif, meningkatkan kemampuan guru dengan berbagai pelatihan, dan membentuk kelompok atau komunitas guru yang berkomitmen bagi pendidikan berkualitas. Buku ini memotret perjuangan mereka. Perjuangan dan dedikasi guru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Berbagai kisah nyata dituliskan oleh para pendidik, seperti memahami anak didik berkebutuhan khusus, menyiasati sarana sekolah yang serba minim, dan usaha memajukan sekolah yang berada di pelosok adalah perjuangan riil guru yang tak ternilai secara materiil. Nilai semangat kemandirian, kreativitas, dan cinta tulus yang dimiliki guru-guru di dalam kisah buku ini, layak disebarkan sebagai api penyulut pendidikan berkualitas di Indonesia. Tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan berkualitas diawali dengan terciptanya pendidikan berkualitas. The moment you stop learning, your brain becomes cancerous. Continue to improve, continue to learn-never stop learning. Sukanto Tanoto – Founder of Tanoto Foundation Salam CIF

Aksesbilitas pendidikan di Indonesia belum merata. Berbagai upaya dilakukan
oleh mereka yang peduli, seperti menyelenggarakan pendidikan alternatif,
meningkatkan kemampuan guru dengan berbagai pelatihan, dan membentuk ...

Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila, Demokrasi, HAM,dan Masyrakat Madani

Civic Education

Buku ini hadir dengan menawarkan gagasan revitalisasi atas Pancasila di era demokrasi sekarang ini. Sebagai simpul bersama bangsa Indonesia Pancasila harus disegarkan kembali makna dan tafsirnya, dan yang lebih penting lagi ia tidak dibenturkan dengan nilai-nilai demokrasi yang telah menjadi pilihan Indonesia di era Reformasi. Demokrasi sejatinya dapat berjalan secara sinergis dengan nilai dan pandangan Pancasila, sepanjang demokrasi dipraktikkan dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan warga negara Indonesia. Lebih dari itu, demokrasi Indonesia tidak terbatas memuaskan secara prosedural, namun harus diorientasikan untuk menjaga empat konsensus kebangsaan Indonesia: Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggak Ika. Karya yang layak dibaca siapa saja yang peduli dengan masa depan demokrasi dan karakter diri Indonesia. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

... Kewarganegaraan ( Civic Education ) atau Civics memiliki banyak pengertian dan istilah . Tidak jauh berbeda ... Citizenship . Dalam hubungan ini Stanley E. Dimond , seperti dikutip Somantri , menjelaskan rumusan sebagai berikut ...

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi. Buku ini diawali dengan bentuk pembelajaran bahasa asing di Indonesia, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pentingnya evaluasi pembelajaran bahasa asing ini perlu dipaparkan dengan jelas karena terdapat beberapa kesalahan umum para dosen bahasa asing yang ditemui sehingga evaluasi pembelajaran bahasa asing tersebut menjadi kurang tepat. Buku ini akan menyajikan beberapa informasi dan contoh yang berguna untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa serta strategi yang digunakan dalam mengimplementasikannya di kelas pada tingkat pendidikan tinggi. Penulis juga menyediakan beberapa contoh cara penilaian yang dapat digunakan dosen bahasa asing untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi.

Seri panduan belajar dan evaluasi biology untuk smp/mts kelas viii

Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang saling terkait. Materi-
materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar dievaluasi melalui
serangkaian proses yangsaling berhubungan. Jika kegiatan pembelajaran ...

Seri Panduan Belajar Dan Evaluasi Biologi Untuk SMP/MTs Kelas VII

KATA PENGANTAR Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang
saling terkait. Materi-materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar
dievaluasi melalui serangkaian proses yangsaling berhubungan. Jika kegiatan ...

Tafsir Salman

Tafsir Ilmiah Juz ‘Amma

Al-Quran, sebagaimana diketahui, adalah salah satu, kalau bukan satu-satunya, kitab suci yang sangat mendukung ilmu pengetahuan. Tidak kurang dari 750 ayat kauniyah yang berbicara tentang ilmu pengetahuan hampir 5 kali lipat lebih banyak daripada ayat ahkam (seputar fikih). Oleh sebab itu, hampir merupakan suatu konsekuensi logis apabila umat Islam memberikan perhatian dalam porsi besar terhadap ayat-ayat kauniyah. Pada kenyataannya, khazanah tafsir di Dunia Islam amat didominasi dengan pendekatan linguistik, fikih, serta akhlak dan tasawuf, dan amat sedikit sekali yang mengulas ayat-ayat kauniyah dengan pendekatan keilmuan (tafsir ilmi). Menyadari kenyataan itu, Tim Salman ITB berupaya mengisi kelangkaan khazanah tafsir ilmi ini dengan menerbitkan Tafsir Salman, khusus untuk Juz 30. Pertimbangannya, Juz 30 ini dipilih karena mengandung surah-surah yang paling sering dibaca dalam shalat sehari-hari. Setelah membaca tafsir ini, diharapkan para pembaca akan lebih mampu menghayati kebesaran Allah di alam semesta saat melantunkan surah-surah tersebut. Disusun oleh para pakar multidisiplin di bidang sains dan teknologi serta pakar bahasa dan tafsir al-Quran, buku ini merupakan langkah awal bagi Tim Salman ITB untuk menulis serangkaian tafsir ilmi berikutnya secara tematik (bidang lingkungan, manusia, kepemimpinan, sains-teknologi, dsb). [Mizan, Al-Mizan, Kitab, Tafsir, Terjemahan, Salman, ITB, Indonesia]

Menyadari kenyataan itu, Tim Salman ITB berupaya mengisi kelangkaan khazanah tafsir ilmi ini dengan menerbitkan Tafsir Salman, khusus untuk Juz 30.

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya. Buku ajar ini memiliki kelebihan yang lain karena buku ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam penelitian teologi khususnya pendidikan teologi yang meliputi teologi, pendidikan Kristen serta secara holistik dalam gereja dan interaksi sosial. Pemahaman teknik pengumpulan data dan statistika penelitian yang benar dapat membantu mahasiswa untuk menghasilkan metodologi penelitian yang benar pula sehingga hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan. Buku ajar ini adalah buku dasar dalam metodologi penelitian yang sangat membantu mahasiswa untuk memahami definisi dan penerapan metodologi penelitian dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Secara khusus buku ini memberikan contoh struktur penyusunan kajian biblika, struktur skripsi, tesis, disertasi dan struktur penulisan jurnal serta penulisan catatan kaki dan kepustakaan.

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya.

PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN

Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan

Ada banyak atau mungkin terlalu banyak buku tentang metodologi penelitian di Indonesia. Mungkin Indonesia merupakan negara dengan jumlah buku metodologi terbanyak di dunia. Jika demikian keadaannya, mengapa buku ini ditulis? Bukankah hanya menambah jumlah buku dan tidak menjamin bahwa buku ini akan dibaca oleh mahasiswa dan juga tidak menjamin perkembangan penelitian di universitas? Banyaknya buku tersebut tidak otomatis berarti bahwa penelitian akan maju di Indonesia. Buku ini ditulis dengan pendekatan manajemen pengetahuan untuk mahasiswa strata satu sebagai pengantar yang bersifat umum. Tidak banyak buku yang melakukan pendekatan ini. Pengetahuan metode penelitian yang bersifat khusus bidang studi harus diperoleh dari sumber lain. Buku ini juga tidak memuat pengetahuan statistika yang diperlukan untuk proses penelitian. Pengetahuan statistika harus diperoleh dari sumber yang khusus diperuntukkan bagi statistika.

Ada banyak atau mungkin terlalu banyak buku tentang metodologi penelitian di Indonesia.