Tsunami Buoy Indonesia mungkin adalah sebuah mahakarya. Tapi kalau dilihat sejak awal, proses merangkai dan desain alat ini mirip misi Sangkuriang dalam cerita legenda.
Tsunami Buoy Indonesia mungkin adalah sebuah mahakarya. Tapi kalau dilihat sejak awal, proses merangkai dan desain alat ini mirip misi Sangkuriang dalam cerita legenda.
Internet dan media sosial mereka manfaatkan sebagai medium bisnis. Awalnya hanya iseng-iseng, tapi setelah ditekuni secara serius berubah menjadi mesin pencetak uang. Mereka adalah anak-anak muda kreatif dan melek teknologi digital. Mereka adalah generasi milenial, yakni yang lahir antara 1980 dan 2000.
Cadangan minyak Indonesia diperkirakan akan habis sebelum kita siap dengan energi pengganti. Selain kecolongan Rp 1 triliun per tahun lantaran penyelundupan BBM, Pertamina dan PLN pun pintar merugi sampai miliaran dolar AS. SAMPAI berapa lama lagi Indonesia dapat membanggakan minyak bumi hasil alamnya sendiri? Minyak, yang sering dikiaskan sebagai emas hitam itu, telah satu abad mewarnai kehidupan anak negeri ini. Tak aneh bila 13masyarakat berasumsi bahwa minyak bumi akan menopang hidup mereka untuk selama-lamanya. Padahal, sekitar sepuluh tahun lalu, majalah The Economist-dalam salah satu edisinya yang menerbitkan suplemen khusus tentang Indonesia-telah memperkirakan bahwa cadangan minyak kita tersisa paling lama sampai tahun 2010. Berita tak sedap itu kemudian diperkuat oleh pemerintah Orde Baru. Seorang menteri dari tim ekuin Kabinet Pembangunan di awal 1990-an, sudah mewanti-wanti bahwa dalam 10- 20 tahun yang akan datang, Indonesia akan menjadi net importer minyak.
Memamerkan lenggak-lenggok penari ayu, dulu tayub pernah berjaya di telatah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sambil mabuk, para lelaki selalu berebut jadi pengibing, menari bersama si ledek. Begitu ketiban sampur, mereka dengan murah hati merogoh duit buat penari. Segala hajatan, dari sunatan, penikahan, sampai sedekah bumi, selalu diramaikan dengan tayub.
JAKARTA - Sama dengan tahun tahun sebelumnya, pemerintah memperkirakan moda transportasi favorit pemudik pada 2015 adalah angkutan darat. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebutkan jumlah penumpang pengguna angkutan darat, yang mudik mulai H-15 sampai Jumat (H-7), mencapai 2,6 juta orang.