Sebanyak 43 item atau buku ditemukan

Manajemen Peserta Didik

(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan harus dimulai dengan meningkatkan kualitas peserta didik dan kualitas lulusan. Kedua hal tersebut dapat tercapai apabila sebuah lembaga pendidikan dapat melaksanakan pengelolaan (manajemen) dengan baik dan tepat. Oleh karena itu, buku ini hadir dengan berbagai pembahasan terkait manajemen peserta didik, diantaranya mencakup konsep, tujuan dan fungsi, prinsip dan pendekatan, serta ruang lingkup manajemen peserta didik, mulai dari perencanaan, penerimaan peserta didik, sampai dengan evaluasi pembelajaran, termasuk pengaturan mutasi peserta didik, serta bagaimana proses peningkatan kualitas lulusan dari sebuah lembaga pendidikan. Hadirnya buku ini, penulis berharap dapat memberikan pencerahan kepada pendidik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya, sehingga dapat menjalankan proses pengelolaan pendidikan dengan tepat sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

... peserta didik; (3) Rekreatif yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, menggembirakan dan. 194 Ibid. 195 Sudirman Anwar, Management Of Student Development (Riau: Yayasan Indragiri, 2015), h. 45. 196 Philip ...

Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi

Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri

Buku ini cocok untuk peneliti pemula, khususnya mahasiswa sarjana (undergraduate) dan pascasarjana (postgraduate). Umumnya mahasiswa mengalami kendala dalam menulis proyek penelitian mereka yakni skripsi, tesis dan disertasi. Kendala tersebut terletak pada kemampuan untuk menginterpretasikan pengetahuan yang diperoleh selama pembelajaran metodologi penelitian ke dalam praktik penulisan proposal dan laporan penelitian. Buku ini menjawab kendala tersebut. Ciri khas buku ini, selain memberikan pengetahuan konseptual tentang penelitian, juga memaparkan teknik-teknik menyusun proposal dan laporan penelitian. Teknik-teknik yang diberikan cukup praktis, dimulai dari mengidentifikasi masalah dan merumuskan judul penelitian, membuat proposal sampai kepada penyusunan laporan penelitian. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik-teknik mengolah dan menganalisis data dengan bantuan software statistik SPSS. Statistik yang disajikan adalah statistik deskriptif, parametrik dan nonparametrik, termasuk validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi menggunakan variabel intervening (jalur/path analysis) dan variabel moderator (moderated regression). Teknik-teknik yang ada disetting sedemikian rupa agar dapat dipelajari secara mandiri tanpa bantuan dosen maupun instruktur.

Buku ini cocok untuk peneliti pemula, khususnya mahasiswa sarjana (undergraduate) dan pascasarjana (postgraduate).

Mendesain & Mengelola Blog untuk Media Pembelajaran

Keberhasilan seorang pendidik seperti dosen dalam proses transfer knowledge dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan pengetahuan kepada sasaran pembelajaran yakni mahasiswa. Media pembelajaran di era teknologi informasi saat ini cukup berkembang, salah satunya adalah dengan menggunakan blog. Blog merupakan website siap pakai yang bersifat bebas biaya dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembelajaran di perguruan tinggi. Penggunaan blog yang berbasis internet sebagai media pembelajaran dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam belajar. Hal tersebut disebabkan internet mampu menyediakan berbagai atribut menarik sehingga dapat memotivasi mahasiswa dalam pembelajaran. Motivasi yang tinggi pada gilirannya akan pula mempengaruhi prestasi belajar mereka. Buku Mendesain Blog untuk Media Pembelajaran ini mampu menjawab tantangan tersebut. Di dalam buku ini para dosen akan sangat mudah untuk mendesain blog dengan tahapan-tahapan yang jelas dan sistematis. Diharapkan dengan buku ini para dosen akan lebih mampu berkreasi dalam pembelajaran sehingga menunjang kinerjanya sebagai seorang pendidik profesional.

Keberhasilan seorang pendidik seperti dosen dalam proses transfer knowledge dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah media pembelajaran.