Penulisan buku ini diperuntukkan bagi para mahasiswa yang mengambil program studi Ilmu Komunikasi, sekaligus ingin mengetahui lebih jauh perbedaan antarteori dan aplikasinya. Komunikasi sebagai salah satu fenomena sosial di masyarakat sering kali mengalami banyak masalah. Komunikasi dikatakan sebagai “budaya tertua” karena sejak manusia hadir di dunia proses komunikasi sudah dilaksanakan. Buku ini mengulas teori komunikasi secara umum, disertai dengan pengaplikasian teori-teori yang dibahasnya. -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Buku ini membahas tentang teori-teori komunikasi pada umumnya yang mudah dipahami dan disampaikan dengan sederhana dan disertai contoh. Bagi para pembaca yang belum mengenal tentang komunikasi serta teori-teorinya, sebaiknya membaca dan memiliki buku ini. Semoga buku ini dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Maju terus dunia ilmu, semoga buku ini bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum. Ketua Komisi Pengembangan Akademik, Senat Akademik Universitas Padjadjaran Buku ini mengajak pembaca untuk memahami komunikasi dan ilmu komunikasi yang merupakan inti fenomena sosial penggerak peradaban. Penggambaran fenomena komunikasi dalam buku ini menjadi semakin menarik karena penulis menggambarkannya dengan dinamis dalam kemasan bahasa yang renyah. Letkol Inf Dr. Harlansyah, M.Si. Perwira Menengah di Kodam III Siliwangi dan Dosen Ilmu Komunikasi/Humas di beberapa universitas di Bandung Buku inilah yang membantu saya untuk lebih mengerti dalam mengaplikasikan bagaimana berkomunikasi antarpribadi atau kelompok yang tepat sasaran. Buku ini ditulis dengan tata kata yang jelas dan mudah dipahami. Membaca buku ini menambah pengetahuan yang saya perlukan dalam pekerjaan saya. Ismail Basari, S.T. South East Asia HSE&S Manager Akzo Nobel Decorative Paints
Proses Komunikasi Kelompok 5. Kepemimpinan dalam Kelompok 6. Teori-Teori Komunikasi ... 29 34 53 54 56 59 BAB III KOMUNIKASI ORGANISASI ............................................ 1. Pengertian dan Pentingnya Komunikasi Organisasi ...
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI Sri Moerdiati Komunikasi selalu ada dan
mempunyai peran yang penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Setiap
saat manusia berpikir, bertindak dan belajar menggunakan komunikasi.
Kegiatan ...
Jika informasi yang diterima sangat tidak jelas, organisasi mungkin akan terlibat di dalam serangkaian perilaku komunikasi dalam usaha untuk mengurangi tingkat ambiguitas. Weick menamai sistem perilaku ini siklus (cycle).
Demi- kian pula seolah - olah ada Katolik Jawa , Katolik Flores , Islam Banten atau Islam Jawa , atau Gereja Kristen Sumba , Gereja Kris- ten Pematangsiantar , dan lain - lain . Padahal pengelompokan pe- meluk itu cuma ...
Tujuan dari tulisan ini adalah membahas peranan dari dua saluran komunikasi
yang berbeda, yakni mass media dan komunikasi antar pribadi. Untuk
membahas masalah tersebut di atas, maka perlu ditinjau: 1. Pelbagai model
penyebaran ...
Di daerah ini dikenalkan Islam Wetu Telu ( Islam Waktu Tiga ) yang jelas bertolak belakang dengan Islam Wetu Lima ( Islam Waktu Lima ) . Di Bayang kiai ditempatkan sebagai perantara utama berkomunikasi dengan Tuhan .
Buku ini diawali dengan deskripsi pengertian komunikasi dan komunikasi kesehatan. Berbagai konteks komunikasi kesehatan ini dijelaskan di bab dua. Difusi informasi dijelaskan dalam bab tiga. Bab empat membahas strategi komunikasi kesehatan yang mengubah tingkah laku. Audit komunikasi kesehatan dijelaskan dalam bab lima. Buku ini ditutup dengan studi kasus komunikasi kesehatan.
Berbagai konteks komunikasi kesehatan ini dijelaskan di bab dua. Difusi informasi dijelaskan dalam bab tiga. Bab empat membahas strategi komunikasi kesehatan yang mengubah tingkah laku. Audit komunikasi kesehatan dijelaskan dalam bab lima.
Thomas W. Arnold , " The Preaching of Islam ” diterjemahkan oleh Drs . H. A. Nawawi Rambe . Sejarah Da'wah Islam . Penerbit Wijaya , Jakarta 1979 - halaman 1 . 2. Prof. Toha Jahja Omar MA . Islam Da'wah , Penerbit Wijaya , Jakarta 1967 ...
Sehingga hasil dari proses komunikasi adalah terjadinya komunikasi antar pribadi - pribadinya yang ditandai oleh adanya tindakan pengungkapan oleh
pihak seseorang atau lebih , pengamatan secara sadar maupun tidak sadar oleh
pihak ...