Sebanyak 438 item atau buku ditemukan

RTH 30%! resolusi [kota] hijau

On the needs of greenbelts in the city planning in Indonesia.

Kota - kota pesisir , seperti Jakarta , Semarang , Surabaya , Banjarmasin ,
Samarinda , Makassar , dan Manado , jelas terancam raib dan memicu konflik
sosial dan ekonomi masyarakat yang dahsyat . Peningkatan suhu udara
memunculkan ...

Damai di Bumi Sawerigading: Pengelolaan Konflik Berbasis Komunitas

Menjelang 2000, masyarakat Indonesia diguncang oleh krisis ekonomi dan transisi politik. Masa itu ditandai dengan maraknya konflik sosial yang berkembang menjadi peristiwa kekerasan. Di beberapa tempat, seperti Ambon, Poso, dan Sampit, ketidakpuasan, kekecewaan, dan keputusasaan diselesaikan dengan aksi perusakan, pembakaran, dan penganiayaan. Alih-alih sekadar menggunakan analisis makro dalam memetakan fenomena kekerasan tersebut, Damai di Bumi Sawerigading menyorot fakta bahwa fenomena kekerasan tidak terjadi di semua tempat. Mengapa tempat-tempat tertentu relatif aman dan damai, meski masyarakatnya juga mengalami dampak krisis ekonomi dan transisi politik? Artinya, diperlukan kajian yang bersifat fenomenologis untuk membongkar penyebab konflik dan kekerasan. Apalagi, sebagian besar kasus kekerasan komunal didahului oleh konflik sosial yang bersifat lokal dan regional. Dalam kerangka resolusi konflik dan upaya membangun damai, sumbangsih yang buku ini berikan adalah mekanisme penyelesaian konflik berbasis kultur lokal. Buku yang menguraikan konflik dan kekerasan sosial di Luwu, Sulawesi Selatan ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah, LSM, aparat keamanan, dan masyarakat untuk melestarikan budaya damai, menghentikan konflik kekerasan, dan membangun harmoni dalam keberagaman. Selain itu, buku ini juga memberikan perspektif baru karena memperkenalkan pendekatan fenomenologis dalam studi konflik.

Menjelang 2000, masyarakat Indonesia diguncang oleh krisis ekonomi dan transisi politik.

Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar

"Kemajuan ilmu dan teknologi serta teknologi informasi dan komunikasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis dan berkomunikasi dengan efektif. Untuk itu, diperlukan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa, yang meliputi bahasa ibu (bahasa daerah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia), bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Bahasa ibu berfungsi untuk membangun kepribadian; bahasa Indonesia untuk menguasai ilmu, teknologi, dan seni serta mengukuhkan rasa nasionalisme; sementara bahasa asing berfungsi untuk pergaulan dan akses dunia internasional. Buku ini memberikan wawasan pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai sarana pikir, ekspresi, dan komunikasi yang efektif. Kaidah-kaidah kalimat dipaparkan secara induktif sehingga kaidah-kaidah itu lebih mudah dipahami. Sementara itu, keterampilan berbahasa disajikan dengan menguak permasalahan kalimat dengan memberikan bermacam pilihan pemecahannya secara kontrastif. Pengetahuan bermacam pilihan itu akan memberikan wawasan bagi penguasaan bermacam gaya. Ketepatan memilih gaya mencerminkan keluasan wawasan pengetahuan dan keteraturan berpikir dalam pengungkapan buah pikiran, baik secara lisan maupun secara tertulis secara efektif."

"Kemajuan ilmu dan teknologi serta teknologi informasi dan komunikasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis dan berkomunikasi dengan efektif.

Problematika & Solusi Amandemen UUD 1945

"""Amandemen UUD 1945 sungguh problematik, terutama menyangkut keputusan MPR untuk melakukan Amandemen dan implementasi dari keputusan MPR yang tidak konsisten karena menggunakan pendekatan yang sangat praktis, pragmatis, simplistis, dan parsial dalam memahami dan melakukan perubahan terhadap UUD 1945. Buku ini membahas problematik amandemen UUD 1945 dan solusinya secara lugas. Rekomendasinya adalah melakukan lagi perubahan terhadap hasil amandemen dengan dasar, landasan tujuan yang jelas sesuai jiwa Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan memberlakukan kembali secara utuh seluruh naskah UUD 1945 maupun penjelasannya, sedangkan dinamika dan tuntutan kebutuhan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara disusun dalam bentuk adendum. Semuanya tertuang dalam konsepsi nasional yang utuh sekaligus menyusun tata naskah konstitusi yang baru."""

Bahasa-bahasa itu pun merupakan sebagian dari kebudayaan Indonesia yang
hidup. PERUBAHAN UNDANG-UNDANG D ig BAB ita Pasal lpub lis XVIhin 37 g
/K G - 3 /G C DASAR Telah jelas Catatan: Naskah disalin dari Berita Republik ...

Tentang perempuan Islam

wacana dan gerakan

Position of women, its gender development, and changes in Indonesia from Islamic viewpoint; collection of articles.

Pendirian lembaga pendidikan oleh Rahma el - Yunusiah di Sumatra Barat ,
penerbitan surat kabar perempuan oleh Roehana Koeddoes di wilayah yang
sama , pendirian organisasi - organisasi perempuan dalam organisasi
pergerakan ...

Pokok-pokok filsafat hukum

apa dan bagaimana filsafat hukum Indonesia

Philosophy of law.

Philosophy of law.

Kelas kata dalam bahasa Indonesia

( d ) terjadinya kata majemuk morfologi sintaksis ( leksem tunggal perpaduan leksem kata majemuk ( leksem tunggal Keterangan : : batas antara morfologi dan sintaksis : arah kejadiannya 11100 : input dan output : proses morfologis ...

Tesaurus bahasa Indonesia

Dictionary of Indonesian synonyms.

... kronik ; 2 buletin ; bacaan ; 3 harian , koran , surat kabar ; 4 laporan , memo , nota jurnalis n beritawan ( ark ) ... wartawan jurnalistik n publisistik ljuru n mantri , tukang ; ahli , eksper , empu ( kl ) , pakar , spesialis ...

Strategi Hindari Plagiarisme

Plagiarisme telah menjadi fenomena universal, dan terjadi di berbagai belahan benua. Namun demikian, itu tidak berarti bahwa plagiarisme boleh-boleh saja dilakukan. Plagiarisme adalah tindakan mencuri tulisan orang lain dan mengakuinya sebagai hasil tulisan sendiri. Plagiarisme membuat ilmu pengetahuan stagnan, karena plagiarisme mematikan lahirnya gagasan-gagasan baru. Pemahaman bahwa mengambil tulisan orang lain yang kemudian di copy-paste menjadi tulisannya sendiri sebagai tindakan plagiarisme, harus ditanamkan sejak dari pendidikan dasar. Seperti kita tahu, cara belajar menyalin dan menghafal pada dasarnya kurang mengedepankan kreativitas dan itu membawa akibat seseorang kesulitan menulis dengan kreatif di tingkat pendidikan selanjutnya. Karena itu, tugas mengarang dengan pikiran sendiri, tanpa menyalin dan menghafal, penting diberikan untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan menulis tanpa harus menjadi plagiator. Buku ini memberi pencerahan bagi kita untuk menghindarkan diri dari plagiarisme, khususnya bagi siswa, mahasiswa, dosen, dan juga penulis.

Plagiarisme telah menjadi fenomena universal, dan terjadi di berbagai belahan benua.